Pentingnya Menumbuhkan Minat Berwirausaha Di Kalangan Mahasiswa Menggunakan Teknologi Digital di Era Industri 4.0 The Importance Of Growing Interest In Entrepreneurship Among Students Using Digital Technology In The Industry 4.0 Era
Main Article Content
Abstract
Revolusi Industri 4.0 yang ditandai dengan inovasi teknologi informasi “Internet of Things” telah memberikan dampak yang luas bagi perekonomian di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Partisipasi dalam pendidikan tinggi dapat diwujudkan dengan melaksanakan pendidikan kewirausahaan menggunakan teknologi digital karena pendidikan tinggi merupakan wahana perubahan yang mempersiapkan mahasiswa menjadi individu yang unggul, tangguh dan cakap di masyarakat. Tujuan artikel ini adalah untuk memberikan gambaran tentang pendidikan kewirausahaan yang diselenggarakan di perguruan tinggi agar mahasiswa siap menghadapi dunia kerja dengan teknologi digital. Metode yang digunakan dalam penyusunan artikel ini adalah deskriptif, dengan menggunakan studi pustaka untuk menjelaskan kepada mahasiswa pentingnya pendidikan kewirausahaan dengan menggunakan teknologi digital berupa gagasan teoritis. Hasil penelitian ini bertujuan untuk menyampaikan Entrepreneurship Building 4.0 kepada mahasiswa yang terdiri dari kecerdasan, kehandalan dan kreativitas, meliputi upaya peningkatan aspek 5C (creative, cognitive, collaborative, competence, cohesiveness) dan kemampuan untuk menciptakan generasi wirausaha digital.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Arif, M. (2022). Profil Internet Indonesia 2022 APJII.
Bhagaskara, A. E., Firdausi, A. K., & Syaifuddin, M. (2021). Penerapan Media Webquest Berbasis Google Sites dalam Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 di MI Bilingual Roudlotul Jannah Sidoarjo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 5(2), 104–119. https://doi.org/10.21067/jbpd.v5i2.5541
Hamer, W., Azmi Rohimajaya, N., Hamer, W., & Metro Lampung, I. (2022). Meningkatkan Semangat Berwirausaha Melalui Pemanfaatan Digital Marketing Pada Produksi Kopi Ratu Luwak Liwa Lampung Barat. JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT, 7(2), 433–443. https://doi.org/10.30653/002.202272.101
Hasan, M., Santoso, I., Syahfitri, D., & Karoma, S. (2021). Literasi Kewirausahaan dan Literasi Bisnis Digital Pada Generasi Milenial Pelaku Usaha: Perspektif Kirzerian Entrepreneur. In Journal of Business Management Education | (Vol. 6, Issue 1).
Iskandar. (2021). Penerapan Model Discovery LearningBerbantukan Media Google SitesUntuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 1, 309–318.
Jaenudin, A., Puji Astuti, D., Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang, J., & Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung, P. (2021). Menumbuhkan Minat Berwirausaha Melalui Teknologi Digital Pada Pembelajaran Kewirausahaan Mahasiswa Di Era Industri 4.0.
Jailani, M., Putra, C. A., & Supriyadi, A. (2019). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Sikap Berwirausaha Siswa SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya Melalui Minat Berwirausaha Sebagai Mediator. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(2), 71–77. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i2.1043
Maksum, A., & Fitria, H. (2021). Transformasi Dan Digitalisasi Pendidikan Dimasa Pandemi. Prosidingseminarnasionalpendidikanprogrampascasarjanauniversitaspgripalembang15-16JANUARI2021, 121–127.
Maliki, B. I., Fatoni, M., Kusuma, J. W., Keguruan, F., Pendidikan, I., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2020). Peran Pendidikan Dalam Menyiapkan Bisnis Tradisional Memasuki Era Digital. Edusaintek: Jurnal Pendidikan Sains Dan Teknologi , 7(1), 39–53.
Muhammad, M. (2022). Pengaruh Kontrol Diri Dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Unesa 2018. NERACA JurnalPendidikan Ekonomi , 7(2), 61–70. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php
Netrawati, I. G. A. O. (2022). Pengenalan Bisnis Digital Bagi Generasi Muda Dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Pada Siswa Ma Ishlahul Athfal Rumak (Introduction Digital Business For Growing Entrepreneurship To Ma Ishlahul Athfal Rumak Students). Hospitality, 11(1), 229–236. http://stp-mataram.e-journal.id/JHI
Rusmana, D., Murtini, W., & Harini. (2020). Pengaruh Keterampilan Digital Abad 21 Pada Pendidikan Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Kompetensi Kewirausahaan Peserta Didik Smk. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(1), 17. https://doi.org/10.26740/jepk.v8n1.p17-32
Santoso, T. N. B. (2021). Pengenalan Kewirausahaan Digital Dimasa Pandemi Melalui Kegiatan Fotografi. Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 26(2), 147. https://doi.org/10.20961/jkb.v26i2.54500
Sartono, S. (2021). Kewirausahaan Digital. JURNAL BENEFIT , 8(2), 105–113.