Pentingnya Menumbuhkan Minat Berwirausaha Di Kalangan Mahasiswa Menggunakan Teknologi Digital di Era Industri 4.0

The Importance Of Growing Interest In Entrepreneurship Among Students Using Digital Technology In The Industry 4.0 Era

Authors

  • Siti Juhairiah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Doddy Teguh Yuwono Xsolusi Media Cendekia

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v8i1.4361

Keywords:

Kewirausahaan, Teknologi Digital, revolusi industry 4.0

Abstract

Revolusi Industri 4.0 yang ditandai dengan inovasi teknologi informasi “Internet of Things” telah memberikan dampak yang luas bagi perekonomian di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Partisipasi dalam pendidikan tinggi dapat diwujudkan dengan melaksanakan pendidikan kewirausahaan menggunakan teknologi digital karena pendidikan tinggi merupakan wahana perubahan yang mempersiapkan mahasiswa menjadi individu yang unggul, tangguh dan cakap di masyarakat. Tujuan artikel ini adalah untuk memberikan gambaran tentang pendidikan kewirausahaan yang diselenggarakan di perguruan tinggi agar mahasiswa siap menghadapi dunia kerja dengan teknologi digital. Metode yang digunakan dalam penyusunan artikel ini adalah deskriptif, dengan menggunakan studi pustaka untuk menjelaskan kepada mahasiswa pentingnya pendidikan kewirausahaan dengan menggunakan teknologi digital berupa gagasan teoritis. Hasil penelitian ini bertujuan untuk menyampaikan Entrepreneurship Building 4.0 kepada mahasiswa yang terdiri dari kecerdasan, kehandalan dan kreativitas, meliputi upaya peningkatan aspek 5C (creative, cognitive, collaborative, competence, cohesiveness) dan kemampuan untuk menciptakan generasi wirausaha digital.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Siti Juhairiah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Doddy Teguh Yuwono, Xsolusi Media Cendekia

References

Arif, M. (2022). Profil Internet Indonesia 2022 APJII.

Bhagaskara, A. E., Firdausi, A. K., & Syaifuddin, M. (2021). Penerapan Media Webquest Berbasis Google Sites dalam Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 di MI Bilingual Roudlotul Jannah Sidoarjo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 5(2), 104–119. https://doi.org/10.21067/jbpd.v5i2.5541

Hamer, W., Azmi Rohimajaya, N., Hamer, W., & Metro Lampung, I. (2022). Meningkatkan Semangat Berwirausaha Melalui Pemanfaatan Digital Marketing Pada Produksi Kopi Ratu Luwak Liwa Lampung Barat. JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT, 7(2), 433–443. https://doi.org/10.30653/002.202272.101

Hasan, M., Santoso, I., Syahfitri, D., & Karoma, S. (2021). Literasi Kewirausahaan dan Literasi Bisnis Digital Pada Generasi Milenial Pelaku Usaha: Perspektif Kirzerian Entrepreneur. In Journal of Business Management Education | (Vol. 6, Issue 1).

Iskandar. (2021). Penerapan Model Discovery LearningBerbantukan Media Google SitesUntuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 1, 309–318.

Jaenudin, A., Puji Astuti, D., Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang, J., & Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung, P. (2021). Menumbuhkan Minat Berwirausaha Melalui Teknologi Digital Pada Pembelajaran Kewirausahaan Mahasiswa Di Era Industri 4.0.

Jailani, M., Putra, C. A., & Supriyadi, A. (2019). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Sikap Berwirausaha Siswa SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya Melalui Minat Berwirausaha Sebagai Mediator. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(2), 71–77. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i2.1043

Maksum, A., & Fitria, H. (2021). Transformasi Dan Digitalisasi Pendidikan Dimasa Pandemi. Prosidingseminarnasionalpendidikanprogrampascasarjanauniversitaspgripalembang15-16JANUARI2021, 121–127.

Maliki, B. I., Fatoni, M., Kusuma, J. W., Keguruan, F., Pendidikan, I., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2020). Peran Pendidikan Dalam Menyiapkan Bisnis Tradisional Memasuki Era Digital. Edusaintek: Jurnal Pendidikan Sains Dan Teknologi , 7(1), 39–53.

Muhammad, M. (2022). Pengaruh Kontrol Diri Dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Unesa 2018. NERACA JurnalPendidikan Ekonomi , 7(2), 61–70. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php

Netrawati, I. G. A. O. (2022). Pengenalan Bisnis Digital Bagi Generasi Muda Dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Pada Siswa Ma Ishlahul Athfal Rumak (Introduction Digital Business For Growing Entrepreneurship To Ma Ishlahul Athfal Rumak Students). Hospitality, 11(1), 229–236. http://stp-mataram.e-journal.id/JHI

Rusmana, D., Murtini, W., & Harini. (2020). Pengaruh Keterampilan Digital Abad 21 Pada Pendidikan Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Kompetensi Kewirausahaan Peserta Didik Smk. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(1), 17. https://doi.org/10.26740/jepk.v8n1.p17-32

Santoso, T. N. B. (2021). Pengenalan Kewirausahaan Digital Dimasa Pandemi Melalui Kegiatan Fotografi. Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 26(2), 147. https://doi.org/10.20961/jkb.v26i2.54500

Sartono, S. (2021). Kewirausahaan Digital. JURNAL BENEFIT , 8(2), 105–113.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Juhairiah, S., & Yuwono, D. T. (2022). Pentingnya Menumbuhkan Minat Berwirausaha Di Kalangan Mahasiswa Menggunakan Teknologi Digital di Era Industri 4.0: The Importance Of Growing Interest In Entrepreneurship Among Students Using Digital Technology In The Industry 4.0 Era. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(1), 38–43. https://doi.org/10.33084/neraca.v8i1.4361