Pengaruh Penggunaan Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI SMA Muhammadiyah Kasongan
The Effect of Using the Wordwall Application on Economic Learning Outcomes for Class XI SMA Muhammadiyah Kasongan
DOI:
https://doi.org/10.33084/neraca.v8i1.4365Keywords:
Aplikasi Wordwall, Hasl BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh aplikasi wordwall terhadap hasil belajar ekonomi di kelas X IPA maupun IPS. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Mei Tahun 2022 yang beralokasi di SMA Muhammadiyah Kasongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuatitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 14 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dan analisis data dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket). Perhitungan pengujian hipotesis menggunakan bantuan SPSS versi 16. Pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh aplikasi wordwall terhadap hasil belajar ekonomi. Berdasarkan interpretasi koefisien korelasi (t hitung 2,145), nilai t tabel sebesar 1,761 termasuk memiliki tingkat hubungan yang kuat antara kedua variabel, maka persentase pengaruh aplikasi wordwall terhadap hasil belajar ekonomi sebesar 65,7%.
Downloads
References
A’isyah, Siti. (2019), Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Kelas III MIS Nurul Huda Mantuil Banjarmasin. Skripsi, Banjarmasin: UIN Antasari Banjarmasin.
Adam, S. (2015). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi siswa kelas X SMA Ananda Batam. Computer Based Information System Journal, 3(2).
Arimbawa, I. G. P. A. (2021). Penerapan word wall game quis berpadukan classroom untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 324- 332.
Fanny M,P (2020), Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall Dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika Pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1 Di MIN 2 Kota Tangerang Selatan.Jakarta:UIN Syarif Hidayatullah
Jasmine, J., & Schiesl, P. (2009). The effects of word walls and word wall activities on the reading fluency of first grade students. Reading Horizons: A Journal of Literacy and Language Arts, 49(4),
Paseleng, M. C., & Arfiyani, R. (2015). Pengimplementasian media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 131-149.
Rahmawati. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Wordwall Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Muhamadiyah Salaka, Kabupaten Takalar.Skripsi,Makasar: Universitas Hasanuddin
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15-32.
Satrianawati. 2018. Media Dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish
Sijabat, O. P. (2021). Cara belajar, Kreativitas belajar, dan Prestasi Belajar. Jawa Tengah: CV Pena Persada.
Sugiyono.(2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D,Bandung:Alfabeta.
Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sutiah. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Tiar Retno (2016). Studi Penggunaan Media Pembelajaran Ekonomi Pada Materi Uang dan Bank Kelas X SMA Negeri 1 Magetan. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3).
Turohmah, F., Mayori, E., & Sari, R. Y. (2020). Media pembelajaran Word Wall dalam meningkatkan kemampuan mengingat kosa kata bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 14(1), 13-19.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mukarramah, Agung Riadin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.