Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Mapel Ekonomi Kelas X di SMAN 2 Sijunjung
DOI:
https://doi.org/10.33084/neraca.v9i2.7264Keywords:
Problem Based Learning, Hasil Belajar, EkonomiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh dari siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning lebih tinggi hasil belajar mata pelajaran ekonomi dibandingkan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional kelas X di SMAN 2 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan dua kelas penelitian yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Jumlah sampel penelitian dari kedua kelas adalah 66 orang siswa. Teknik pengumpulan untuk hasil belajar berupa tes dalam bentuk pilihan berganda yang diberikan diakhir pembelajaran. Teknik analisis data dilakukan uji persyaratan analisis data dan hipotesis dengan Anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas X SMAN 2 Sijunjung. hasil uji menunjukkan bahwa nilai thitung 5,453 dan nilai probabilitas 0,000. Sehingga nilai probabilitas 0,000<0,05 maka H0 ditolak. Hal ini berarti bahwa hasil belajar ekonomi siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning secara signifikan lebih tinggi dari pada hasil belajar ekonomi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada taraf signifikansi 0,05.
Downloads
References
Ali, dan Aritonang. 2008. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Amir, Taufik, 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta. Kencana Prenada. Media Group
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar evaluasi pendidikan (edisi revisi). Jakarta. Bumi Aksara
Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.
Djamarah, S, B dan Zain, A. 2006. Strategi belajar mengajar. Jakarta : Rhineka Cipta
Eggen, Paul dan Kauchak. 2012 Strategi dan model pembelajaran. “Mengajarkan konten dan ketrampilan berfikir”. Jakarta.:Indeks.
Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Fafthurrahman Pupuh, Sorby Sutikno. 2007. Stratgi belajar mengajar. Bandung. Pt Refika Aditama.
Fitriana, Laila. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation (GI) Dan STAD Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. prosiding, ISBN : 978 – 979 – 16353 – 6 – 3.
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara
Harahap, Nasrun. 2002. Teknik Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. 2014. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Irianto, Agus. 2009. Statistik konsep dasar dan aplikasinya. Jakarta: kencana.
Kurniasih, Imas, dan Berlin. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Merta, I Dewa Gede. 2008. “Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap disiplin belajar dan prestasi belajar matematika siwa SMAN 1 Denpasar”. JIPP, 1043-1053
Muslich, Masnur. (2007). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, S. 2008. Berbagi Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Panen Paulina 2001. Kontruktivisme dalam pembelajaran. Jakarta:PAU-PPAI. Universitas Terbuka.
Resti Ardianti. Problem Based Learning, Apa dan Bagaimana. 2021 DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics 3(1) 27-35
Revita Yuni. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di SMAN 3 Solok. UNP. Tesis
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran: mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta. Rajawali Pers.
Ronis, Diane. 2000. Problem Based Learning for math and science: integrating inquiry and the internet. Illlionis :skylight professional development
Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative learning (teori aplikasi PAIKEM) Yogyakarta: pustaka pelajar.
Sudjana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2014. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kauntitatif, kualitatif, dan R & D). Bandung : Alfabeta
Trianto. 2007. Model-model pembelajaaram inovatif berorientasi konstrutivistik. Jakarta. Prestasi pustaka.
Triono Djonomiarjo Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. 2019. Jurnal Aksara. 5.(1). 39-46
Wardan Suyanto, Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. 2014. Jurnal pendidikan vokasi 4(1) 125-143
Wina sanjaya. 2010. Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarata. Kencana prenada media group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Juli Supriyanti, Vivi Hendrita, Andi Alatas, Fildza Arief Syuhada
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.