Motivasi Orang Tua: Faktor Utama dalam Meningkatkan Kesiapan Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.33084/neraca.v10i2.7603Keywords:
Motivasi Orang Tua, Kesiapan Belajar Siswa, Pendidikan Dasar, Keterlibatan Orang TuaAbstract
Motivasi orang tua memainkan peran penting dalam meningkatkan kesiapan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi orang tua serta dampaknya terhadap kesiapan belajar siswa di sekolah dasar. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei yang melibatkan 150 orang tua siswa dari berbagai sekolah dasar di Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi orang tua yang tinggi berbanding lurus dengan peningkatan kesiapan belajar siswa, terutama dalam aspek kedisiplinan, minat belajar, dan keterlibatan aktif dalam kegiatan sekolah. Kesimpulannya, intervensi yang melibatkan orang tua dalam proses pendidikan dapat meningkatkan kesiapan belajar siswa secara signifikan. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi para pendidik dan pembuat kebijakan pendidikan untuk lebih memperhatikan peran orang tua dalam mendukung keberhasilan akademik siswa.
Downloads
References
Bronfenbrenner, U. (1979). The Ecology of Human Development: Experiments by Nature and Design. Harvard University Press.
Chen, Q., Kong, Y., Gao, W., & Mo, L. (2018). Effects of socioeconomic status, parent-child relationship, and learning motivation on reading ability. Frontiers in Psychology, 9(JUL), 1–12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.01297
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2022). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=Pr2VEAAAQBAJ
Dwi Cahyani. (2014). HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN KESIAPAN BELAJAR SISWA KELAS V SDN DI GUGUS II KECAMATAN GALUR KULON PROGO. 1–23.
Hayati, N. (2017). Hubungan Motivasi Belajar Dan Kesiapan Belajar Dengan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sdn Gugus Pucang Harapan Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. http://lib.unnes.ac.id/31436/1/1401413449.pdf
Magwa, S., & Mugari, S. (2017). Factors affecting parental involvement in the schooling of children. International Journal of Academic Research and Reflection, 5(1), 74–81. www.idpublications.org
Murphy, K., Giordano, K., & Deloach, T. (2024). Pre-K and Kindergarten Teacher Perception of School Readiness During the COVID-19 Pandemic. Early Childhood Education Journal, 52(3), 551–561. https://doi.org/10.1007/s10643-023-01462-2
Niu, L. (2016). Parental Motivational Practice, Parent Involvement, and Students’ Choice of Study Field in College. World Journal of Education, 6(5). https://doi.org/10.5430/wje.v6n5p36
Nur Afifah, T. M., & Nugroho, O. F. (2022). Pengaruh Motivasi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Masa Pandemi. Jurnal Perseda : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 159–168. https://doi.org/10.37150/perseda.v4i3.1468
Rahmawati, R. N., Marmoah, S., & Hadiyah, H. (2023). Peran orang tua dalam kesiapan belajar peserta didik kelas I selama pembelajaran daring. Didaktika Dwija Indria, 11(1), 2–7. https://doi.org/10.20961/ddi.v11i1.67408
Ren, X., Cai, Y., Wang, J., & Chen, O. (2024). A systematic review of parental burnout and related factors among parents. BMC Public Health, 24(1), 1–17. https://doi.org/10.1186/s12889-024-17829-y
Saunders, M. N. K., Lewis, P., & Thornhill, A. (2023). Research Methods for Business Students. Pearson Education. https://books.google.co.id/books?id=zoy1EAAAQBAJ
Sucandra, I. K. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kesiapan Belajar Peserta Didik. Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan, 3(1), 84–104. https://doi.org/10.23960/jiip.v3i1.22940
Susilawati, M. (2023). Modul Analisis Wacana. 1–181.
https://sa.lamsama.or.id/storage/pengajuan_files_243/645d70c983c4e_Modul Analisis Regresi.pdf
Yang, C., & Xu, D. (2023). Predicting student and instructor e-readiness and promoting e-learning success in online EFL class during the COVID-19 pandemic: A case from China. PLoS ONE, 18(5 MAY), 1–19. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0284334
Yilmaz Bodur, Z., & Aktan, S. (2021). A Research on the Relationship between Parental Attitudes, Students’ Academic Motivation and Personal Responsibility. International Journal on Social and Education Sciences, 3(4), 636–655. https://doi.org/10.46328/ijonses.187
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sucipto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.