Mewujudkan Peserta Didik SMP Negeri 1 Dusun Selatan Berprestasi dan Berkarakter Melalui Program Kemitraan
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penulisan best practices ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi program kemitraan yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Dusun Selatan Tahun Pelajaran 2022/2023 dan mendeskripsikan dampak program kemitraan yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Dusun Selatan Tahun Pelajaran 2022/2023. Implementasi program kemitraan di SMP Negeri 1 Dusun Selatan diawali dengan perencanaan yang meliputi analisis kekurangan dan kelebihan SMP Negeri 1 Dusun Selatan, diperoleh kesimpulan pada tahun sebelumnya belum ada kemitraan. Setelah dilakukan tindakan dengan mengimplementasikan kemitraan dengan orang tua diperoleh hasil yang sangat signifikan, dimana banyak peserta didik yang memiliki prestasi di bidang akademik dan non akademik.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2011. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Edisi : 2. Jakarta : PT Indeks.
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner. In The Action Research Planner. Springer Science+Business Media Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-4560-67-2
Astuti, A. W. (2009). Motivasi Berprestasi Ditinjau Dari Persepsi TerhadapKompetensi Guru Pada Siswa Kelas XI dan XII Program RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) di SMA Negeri 1 Purworejo. Skripsi, 43, 82-83.
Hidayat, S. (2008). Hubungan minat terhadap profesi guru dan motivasi berprestasi dengan keterampilan mengajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 140.
Mulyasa. (2011). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wirawan. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia (Teori, Aplikasi, dan Penelitian). Jakarta: Salemba Empat.
Widatiningsih. 2012. Upaya Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Pohon Hitung Pada Anak TK ABA Socokangsi II Gadungan Kecamatan Jatinom Klaten. Skripsi. UMS