Analisis Kesulitan Guru dalam Mengajarkan Literasi Membaca dan Numerasi pada Persiapan AKMI di MIN 3 Kota Palangka Raya

Authors

  • Fairuz Andhira Binadari Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v10i1.9588

Keywords:

Kesulitan, Literasi, Membaca, AKMI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kesulitan yang dialami ketika mengajarkan literasi membaca dan numerasi pada persiapan AKMI di kelas V MIN 3 Kota Palangka Raya, 2) mengetahui solusi yang harus dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan mengajarkan literasi membaca dan numerasi pada persiapan AKMI di kelas V MIN 3 Kota Palangka Raya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini diperoleh dari data primer melalui observasi pembelajaran dan data sekunder melalui wawancara guru kelas V, peserta didik dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kesulitan dalam mengajarkan literasi membaca dan numerasi di kelas V seperti minat membaca peserta didik yang masih kurang dan guru kesulitan menjelaskan soal-soal HOTS literasi membaca dan numerasi. Pada hasil observasi dan wawancara terkait kesulitan tersebut, peneliti juga menemukan solusi yang bisa dilakukan oleh guru dalam mengajarkan literasi membaca dan numerasi yaitu menumbuhkan minat membaca peserta didik dengan memanfaatkan sarana yang ada, berlatih soal-soal HOTS AKMI, pengelompokkan belajar peserta didik di kelas, melakukan tambahan waktu  pelajaran literasi membaca dan numerasi untuk mendalami materi, pemberian media pembelajaran yang menarik atau bervariasi dan adanya kolaborasi antara guru dan orang tua.

Downloads

Author Biography

Fairuz Andhira Binadari, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Cetakan Pertama. Makassar: CV. Syakir Media Press.

Cynthia P. R., Ratu W., Yessi F. (2024). Pemanfaatan Perpustakaan untuk Menumbuhkan Minat Membaca Siswa di SMK Negeri 1 Muara Telang. Jurnal Pembelajaran Bahasa Indonesia, Volume 14 No. 1, hal.40

Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Group.

Herlina, Marliani. 2023. “Analisa Model Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Masa Antroposen.” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi 1(2):144–54. doi: 10.34306/mentari.v1i2.251.

Innayah Wulandari. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda, Volume 4 No 1, hal. 18.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2023, 7 April). AKMI dan Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Madrasah. Diakses 2 Juni 2024. https://kemenag.go.id/kolom/akmi-dan-upaya-peningkatan-kualitas-pembelajaran-di-madrasah-qcRNc

Murniviyanti. L. (2015). Menumbuhkan Kebiasaan Membaca Siswa melalui Perpustakaan. Universitas PGRI Palembang.

Nugrahani, Farida. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books.

Ratnasari. P. (2011). Asyiknya Membaca. Jakarta: Prestasi Pustaka Anak.

Salsabila A. S., Tri S. & Meidawati S. (2024). Peran Guru dalam Mendiagnosis Kesulitan Literasi Numerasi di Sekolah Dasar Negeri Pondok 01. Jurnal Ideguru, Volume 9 No. 2, hal. 1087.

Sari, N & Wakijo. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dan Minat Baca Siswa Terhadap Hasil Belajar Ips Terpadu Siswa Kelas Vii Semester Genap Smp Negeri 2 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Promosi, Volume 5 No.1, hal. 117–130.

Sri Handayani. (2022). Kesiapan Madrasah Dalam Menghadapi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) di MI Darul Maarif 1 Serut. Jurnal Proseding The 3rd Annual Conference on Madrasah Teachers (ACoMT), Volume 05, hal. 19.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitattif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitattif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Suratinah & Ika, T. (2019). Implementasi Gerakan Literasi di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Volume 3 No.4, hal. 497-503.

Syahwana, A. (2020). Kendala Guru Dalam Mengajarkan Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VIII MTS Swasta T-Taufiqurrahman Labuhanbatu Utara. Jurnal Pendis. Volume 1 No. 1.

Tiara N. P. M & Wiryanto. (2023). Analisis Kesulitan Guru dalam Mengajarkan Numerasi Pada Persiapan Akm di Sekolah Dasar. Jurnal JPGSD. Volume 11 No. 6, hal. 1284-1294.

Tri Astari. (2023). Penguatan Konsep Literasi Numerasi Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Melalui Bimbingan Teknis Tindak Lanjut Hasil Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA. Volume 7 No.1, hal. 143-148.

Winarni, Endang. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindakan kelas (PTK) Reseacrh And Development (R&D). Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-11-19

How to Cite

Binadari, F. A. (2024). Analisis Kesulitan Guru dalam Mengajarkan Literasi Membaca dan Numerasi pada Persiapan AKMI di MIN 3 Kota Palangka Raya. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 123–136. https://doi.org/10.33084/neraca.v10i1.9588