Penerapan Model Cooperative Tipe Script Dengan Menggunakan Media Papan Bulletin Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Mata Pelajaran PKN SDN 3 Palangka Tahun Pelajaran 2016/2017.
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v13i1.721Keywords:
Hasil Belajar, PKN, Model Cooperative tipe Script dengan menggunakan media papan bulletinAbstract
Penerapan Model Cooperative tipe Script dengan menggunakan Media Papan Bulletin untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V mata pelajaran PKN SDN 3 Palangka Pada Tahun Pelajaran 2016-2017. Skripsi.Program Studi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.Dosen pembimbing Dr.Chandra Anugrah Putra,M.I.Kom Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui aktivitas belajar PKn peserta didik kelas V SDN 3 Palangka dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative tipe Script dengan menggunakan media papan bulletin. (2) Mengetahui ada atau tidaknya peningkatkan hasil belajar PKn peserta didik kelas V SDN 3 Palangka dengan menggunakan model pembelajaranCooperative tipe Script dengan menggunakan media papan bulletin. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berusaha memecahkan atau menjawab permasalahan dalam pembelajaran.Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 3 Palangka yang berjumlah 29 orang.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Aktivitas belajar peserta didik kelas V SDN 3 Palangka dengan model pembelajaran Cooperative tipe Script dengan menggunakan media ppan bulletin lebih aktif dengan kriteria baik. (2) Terdapat peningkatan hasil belajar PKn dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative tipe Script dengan menggunakan media papan bulletin pada peserta didik kelas V SDN 3 Palangka. Hasil belajar data awal mencapai nilai rata-rata 62 mengalami peningkatan pada siklus I rata-rata 90 sedangkan persentase ketuntasan data awal 41,38 % mengalami peningkatan pada siklus I mencapai 100%.
Downloads
References
Dimyati, J. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta : Kencana Prenadamedia Group
Nova Lanzha Rusdiana. (2014). Penggunaan Media Papan Bulletin dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV A Sekolah Dasar. Surabaya:Universitas Negri
Sagala, S. (2014).Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License