Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Menggunakan Metode Picture And Picture Kelas III SDN-1 Kasongan Lama Tahun Pelajaran 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v13i2.864Keywords:
IPS, Metode picture and pictureAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS pada materi jenis – jenis pekerjaan dengan menggunaka metode picture and picture di kelas III SDN-1 Kasongan Lama.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas III yang berjumlah 20 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif didasarkan pada hasil siklus pada tiap proses pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Aktivitas peserta didik pada saat proses pembelajaran IPS dengan menggunakan metode picture and picture pada kelas III SDN – 1 Kasongan Lama lebih aktif. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata – rata aktivitas peserta didik pada siklus I yaitu 3.3 yang termasuk kategori (baik) dan hasil rata – rata aktivitas guru pada siklus I diperoleh nilai 3,4 yang termasuk kategori (baik); (2) ada peningkatan hasil belajar IPS peserta didik setelah proses pembelajaran dengan menggunakan metode picture and picture pada peserta didik di kelas III SDN-1 Kasongan Lama. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh nilai rata – rata yaitu 80 dengan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal mencapai 90%.
Downloads
References
Hasbullah.2005.Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: PT Rineka cipta.
Kunandar.2012 langkah Mudah Penelitian Tindakan Sebagai Pengembangan Profesi Guru.Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License