Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Menggunakan Metode Picture And Picture Kelas III SDN-1 Kasongan Lama Tahun Pelajaran 2016/2017

Authors

  • Nova Karlina Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Chandra Anugrah Putra Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v13i2.864

Keywords:

IPS, Metode picture and picture

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS pada materi jenis – jenis pekerjaan dengan menggunaka metode picture and picture di kelas III SDN-1 Kasongan Lama.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas III yang berjumlah 20 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif didasarkan pada hasil siklus pada tiap proses pembelajaran.

      Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Aktivitas peserta didik pada saat proses pembelajaran IPS dengan menggunakan metode picture and picture pada kelas III SDN – 1 Kasongan Lama lebih aktif. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata – rata aktivitas peserta didik pada siklus I yaitu 3.3 yang termasuk kategori (baik) dan hasil rata – rata  aktivitas guru pada siklus I diperoleh nilai 3,4 yang termasuk kategori (baik); (2) ada peningkatan hasil belajar IPS peserta didik setelah proses pembelajaran  dengan menggunakan metode picture and picture pada peserta didik di kelas III SDN-1 Kasongan Lama. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar peserta didik  pada siklus I diperoleh nilai  rata – rata yaitu 80 dengan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal mencapai 90%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nova Karlina, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Chandra Anugrah Putra, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Arikunto, Suharsimi dkk.2006 Peneliti Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hasbullah.2005.Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: PT Rineka cipta.
Kunandar.2012 langkah Mudah Penelitian Tindakan Sebagai Pengembangan Profesi Guru.Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2018-10-12

How to Cite

Karlina, N., & Putra, C. A. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Menggunakan Metode Picture And Picture Kelas III SDN-1 Kasongan Lama Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 13(2), 18–22. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v13i2.864