Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Papan Pintar Pancasila Peserta Didik Kelas 1 SDN 2 Kasongan Baru

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18iSpecial-1.7802

Keywords:

Model Pembelajaran Picture and Picture, Aktivitas, Hasil Belajar PPKn

Abstract

         Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui aktivitas belajar peserta didik dan aktivitas guru dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas 1 SDN-2 Kasongan Baru, (2) mengetahui adanya peningkatan hasil belajar dengan model pembelajaran picture and picture dengan penggunaan media papan pintar pancasila.

        Metode dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Lokasi penelitian yaitu SDN-2 Kasongan Baru dengan subjek penelitian adalah 12 orang siswa kelas 1. Pengumpulan data dilakukan dengan metode Observasi dan Tes. Analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif.

  Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru dan siswa setelah hasil observasi pada siklus 1 menunjukkan bahwa rata-rata skor aktivitas guru dan siswa berada pada rentang skala 3,4 dan 3,2 dengan kategori baik sedangkan pada siklus II hasil observasi guru dan siswa mengalami peningkatan yaitu berada pada rentang 3,5 dan 3,8 dengan kategori baik. Maka penerapan menerapkan model pembelajaran picture and picture berbantuan media papan pintar pancasila menyebebkan  aktivitas belajar siswa menjadi lebih baik karena siswa lebih aktif, antusias mendengarkan penjelasan guru serta lebih semangat dalam mengikuti proses pembelajaran. (2) ada peningkatan hasil belajar siswa kelas 1 SDN-2 Kasongan Baru setelah menggunakan model pembelajaran picture and picture berbantuan media papan pintar pancasila pada materi simbol-simbol Pancasila. Hal ini di tunjukkan dengan hasil belajar yang dilihat melalui rata-rata nilai kelas pada saat tes awal (Pre test) adalah 44 dengan ketuntuasan Klasikal sebesar 0% sedangkan pada siklus 1 mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata 54 dengan ketuntasan klasikal sebesar 33 % dan pada siklus II juga mengalami peningkatan yaitu rata-rata 74 dengan ketunutasan klasikal sebesar 91 %.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dora, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Rusniah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Asep Saepudin, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Nurul Hikmah Kartini, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Ady Ferdian Noor, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Chandra Anugrah Putra, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Riko Saputra, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Hadi Kusno, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Ika Dwi Lestari, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Arna Purtina, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Pratiwi, N., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3697-3703.

Lulu, R. A., Kisyani, L., & Wahyu, S. (2016). Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Menulis Naratif Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Gayungan Surabaya. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 2(2), 166–174.

Huda Muftahul. 2015. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Mariyaninigsih Nining dan Mistina Hidayah. 2018. Bukan Kelas Biasa. Surakarta. CV Ketaka Group.

Suhartingsih. (2012). Meningkatkan Kemampuan Mengapresiasi Bacaan Cerita Siswa Kelas IV Sekolah Dasar melalui Pendekatan Area Isi. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 131–142.

Kamaladini, K., Gani, A. A., & Sari, N. (2021). Pengembangan Media Papan Edukasi Pintar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Paedagoria 2023 (Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis IT untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila), 1, 93–100.

Daryanto. (2014). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Downloads

Published

2023-06-25

How to Cite

Dora, Rusniah, Saepudin, A. ., Kartini, N. H., Noor, A. F., Putra, C. A., Saputra, R., Kusno, H., Lestari, I. D., & Purtina, A. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Papan Pintar Pancasila Peserta Didik Kelas 1 SDN 2 Kasongan Baru. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(Special-1), 39–47. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18iSpecial-1.7802