Strategi Pemasaran Terpadu @ruang_youthforia dalam Meningkatkan Jumlah Follower Integrated Marketing Strategy of @ruang_youthforia in Increasing the Number of Followers

Main Article Content

Mukhlish Muhammad Maududi
Vina Aulia Syaharani
Hanifah Mardiah
Arif Widodo Nugroho

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui dan memperoleh gambaran strategi yang dibuat oleh ruang_youthforia untuk meningkatkan jumlah follower yang menjadi segmentasi atau target pasar yang akan menjadi pengguna jasa atau produk dari ruang_youthforia. Jenis penelitian ini yaitu jenis penelitian studi kasus, menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivisme untuk memperoleh hasil yang mendalam berdasarkan pada kondisi dan situasi yang senyatanya dari apa yang ada dilapangan. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian melakukan analisis data dengan menelaah data-data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data, peneliti melakukan dengan cara membandingkan, menyatukan, dan menggabungkan seluruh data yang telah diperoleh Hasil dari Penelitian ini, rumusan apakah ruang_youthforia telah melakukan strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah followernya yang akan dianalisa menggunakan Strategi komunikasi pemasaran terpadu (Integrated Marketing communication) yang meliputi Promotion (promosi), Public Relations (Humas), Advertising, Direct Marketing, Personal selling, Publicity, Event, Interactive Marketing untuk mengkomunikasikan visi dan misi-nya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Maududi, M. M., Syaharani , V. A. ., Mardiah, H., & Nugroho, A. W. (2024). Strategi Pemasaran Terpadu @ruang_youthforia dalam Meningkatkan Jumlah Follower: Integrated Marketing Strategy of @ruang_youthforia in Increasing the Number of Followers. Pencerah Publik, 11(2), 73–78. https://doi.org/10.33084/pencerah.v11i2.11163
Section
Articles

References

Amelia, R. R., & Yuwono, D. T. (2024). Supporting learning information system through knowledge management optimization using long short-term memory method. KnE Social Sciences, 361–371.

Afrilia, A. M. (2018). Personal Branding Remaja di Era Digital. Mediator: Jurnal Komunikasi, 11(1), 20–30. https://doi.org/10.29313/mediator.v11i1.3626

Asih, W. M., Muchtar, K., & Abidin, Y. Z. (2020). Pengelolaan Digital PR Dalam Mengemas Konten Dakwah Di Instragram @masjidtrans. JURKOM: Jurnal Riset Komunikasi, 3(4), 108–119.

Aunillah, R. (2020). Determinisme Teknologi: Perayaan Idul fitri di Saat Pandemi. SAHAFA Journal of Islamic Comunication, 3(1), 1–12.

Bakhri, S., & Futiah, V. (2020). Pendampingan dan Pengembangan Manajemen Pemasaran Produk UMKM Melalui Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 2(2), 59. https://doi.org/10.32493/jls.v2i2.p59-70

Hamid, F. (2013). Pendekatan Fenomenalogi (Suatu Ranah Penelitian Kualitatif). Penelitian Fakultas Saintek UIN Sunan Kalijogo Yogjakarta, 1(1), 1–15.

Herlina, N., & Lubis, E. E. (2017). Efektivitas komunikasi Akun Instagram @sumber_rancak Sebagai Media Informasi Online Pariwisata Sumatera Barat. Jom FISIP, 4(2), 1–12. repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/47147/4/Chapter II.pdf

Hariyanti, A., & Rahayu, T. P. (2024). Implementation of Good Governance in Improving Public Service Performance at BNNP Central Borneo. Journal of Public Administration Science: Policy Dynamics Public Services and Bureaucracy Transformation, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.70074/jaspdt.v1i1.2

Herlina, N., & Lubis, E. E. (2017). Efektivitas komunikasi Akun Instagram @sumber_rancak Sebagai Media Informasi Online Pariwisata Sumatera Barat. Jom FISIP, 4(2), 1–12. repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/47147/4/Chapter II.pdf

Heryati, I., & Fitriawati, D. (2020). Analisis Strategi Marketing Public Relations Pizza Hut Cimahi Di Tengah Pandemi Covid-19. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 4(2), 97. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v4i2.7941

Kurnianti, A. W. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Sebagai Penggerak Desa Wisata Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah. JURKOM: Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 180–190.

Mukarom, Z. (2020). Teori-Teori Komunikasi (A. I. Setiawan (ed.); Pertama). urusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. https://books.google.com.my/books?id=1uQsJ_jIEFEC&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false

Pertiwi, M. A. (2021). Implementasi Direct Selling Bidang Usaha Otomotif. Jurnal Utilitas, 7(2), 44–49.

Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha UMKM Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361

Safitri, A., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila sebagai Pedoman Generasi Milenial dalam Bersikap di Media Sosial. EduPsyCouns Jurnal: Jurnal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 88–94.

Suryadi, E., M.H.Ginanjar., M. P. (2018). Penggunaan Sosial Media Whatsapp Dan Pengaruhnya Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 07(1), 23–46. https://doi.org/10.30868/EI.V7

Susanti, S., Koswara, I., & Rachmaniar. (2020). Komunikasi Pemasaran Kerajinan Bambu di Selaawi, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 4(2), 39–55.

Yuwono, D. T., Hariyanti, A., & Yunanri, W. (2024). Applying Clustering and Recommendation System for Effective Supervision in Central Kalimantan Inspectorate. Jurnal Informatika Teknologi dan Sains (Jinteks), 6(2), 367–374.

Watajdid, N. I., Lathifah, A., Andini, D. S., & Fitroh, F. (2021). Systematic Literature Review: Peran Media Sosial Instagram Terhadap Perkembangan Digital Marketing. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 20(2), 163–179. https://doi.org/10.14710/jspi.v20i2.163-179

Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550