PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN, DISIPLIN KERJA SERTA MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR

Authors

  • fitriansyah - universitas terbuka
  • R Biroum B
  • Holten Sion

DOI:

https://doi.org/10.33084/pencerah.v8i2.2415

Keywords:

Pendidikan dan Pelatihan, Disiplin Kerja, Motivasi Kerja dan Kinerja Pegawai

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi dan menganalisis pengaruh pendidikan dan pelatihan, disiplin kerja, motivasi kerja baik secara parsial maupun simultan terhadap kinerja pegawai di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan sampel sebanyak 36 orang pegawai yang ada di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner / angket dengan cara memberikan seperangkat pertanyaan kepada responden, analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil uji secara parsial variabel Pendidikan dan Pelatihan (X1) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,771 > 0,05 dan nilai thitung 0,293 < ttabel  2,036, dengan demikian Pendidikan dan Pelatihan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, variabel Disiplin Kerja (X2) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 dan nilai thitung 3,457 > ttabel 2,036, dengan demikian disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, variabel Motivasi Kerja (X3) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,122 > 0,05 dan nilai thitung 1,590  < ttabel 2,036,  dengan demikian motivasi kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Hasil uji secara simultan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung 11,999 > Ftabel 2,90, dengan demikian Pendidikan dan Pelatihan, Disiplin Kerja, dan Motivasi Kerja secara simultan (bersama-sama) berpengaruh siginikan terhadap Kinerja Pegawai dengan kontribusi sebesar 52,9% sedangkan sisanya sebear 47,1% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang tidak diteliti.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AA. Anwar Prabu Mangkunegara. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

A.H. Maslow, Frederick Herzberg, dan David McClelland. 2005. Job Satisfaction Theory.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Edy Sutrisno. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke-8. Jakarta : Prenada Media Group

Malayu S.P Hasibuan. 2017. Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah, Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara

Nadler, Leonard. 1983. Designing Training Programs : The Critical Events Model. USA : Addison – Wesley Publishing Company

Rivai, Veithzal. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktik.Jakarta: Raja Grafindo Persada

Silalahi, Bennett. 2000. Perencanaan Pembinaan Tenaga Kerja Perusahaan, Lembaga Pendidikan dan Pembinaan Manajemen. Jakarta : Pustaka Binaman Pressindo.

Victor. H. Vroom. 1964. Work and Motivation. New York : John Wiley & Sons.

Wibowo. 2011. Manajemen Kinerja. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Downloads

Published

2021-10-01

How to Cite

-, fitriansyah, Biroum B, R., & Sion, H. (2021). PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN, DISIPLIN KERJA SERTA MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR. Pencerah Publik, 8(2), 1–7. https://doi.org/10.33084/pencerah.v8i2.2415