Kualitas Pelayanan Publik Pada Bidang Kesehatan Di Puskesmas Pauh Kota Padang

The Quality of Public Services in the Health Sector at Pauh Community Health Center, Padang City

Authors

  • Natasha Aksa Universitas Andalas

DOI:

https://doi.org/10.33084/pencerah.v11i1.5312

Keywords:

Pelayanan Publik, Puskesmas

Abstract

Pelayanan merupakan usaha pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. salah satu pelayanan tersebut adalah pelayanan kesehatan untuk menjaga dan merehabilitas kesehatan masyarakat. Pemerintah mengadakan pelayanan kesehatan yang tempatnya terjangkau oleh masyarakat di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang berada di setiap Kecamatan. Pusat kesehatan Masyarakat (Puskesmas) merupakan lembaga layanan publik bidang kesehatan yang diselenggarakan oleh Negara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelayanan yang diberikan Puskesmas Pauh Kota Padang. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan koesioner. Secara hasil, bahwa pelayanan yang diberikan Puskesmas Pauh masih belum mencapai standar pelayanan maksimal. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa indicator, yaitu : kurangnya sumber daya, sarana dan prasarana di Puskesmas Pauh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwiyanto, Agus. 2005. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Hal. 141

Erlianti, Dila. 2019. Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Administrasi Publik & Bisnis, Vol. 1, No. 1.

Mujiraharjo, Febri Nugroho, Mahmud Basuki. 2019. Analisis Indeks Kepuasaan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Bidang Kesehatan. Jurnal Desiminasi Teknologi, Vol. 7, No. 2.

Pundenswari, Pupung. 2017. Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Bidang Kesehatan Terhadap Kepuasan Masyarakat. Jurnal Publik, Vol. 11, No. 1.

Putra, Arjuna, dkk. 2017. Inovasi Pelayanan Publik Bidang Kesehatan Berbasis Home care di Kota Makassar. Jurnal Administrasi Publik, Vol. 3, No. 3.

Thoha, Miftah. 1991. Perspektif perilaku birokrasi, Jakarta: LP3ES. Hal. 41

Yanuar, Reza Mochammad. 2019. Inovasi Pelayanan Publik (Studi Kasus : Public Safety Center (PSC) 119 Kabupaten Bantul Sebagai Layanan Kesehatan dan Kegawatdaruratan). Jurnal Ilmu Pemerintahan, Vol. 4, No. 1.

Yati, Rahmi. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Bidang Kesehatan Terhadap Kepuasaan Pasien di Puskesmas Kecamatan Sape Kabupaten Bima. Skripsi Program Studi Administrasi Publik, Fisip, Universitas Muhammadiyah Mataram.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Aksa, N. (2024). Kualitas Pelayanan Publik Pada Bidang Kesehatan Di Puskesmas Pauh Kota Padang: The Quality of Public Services in the Health Sector at Pauh Community Health Center, Padang City. Pencerah Publik, 11(1), 7–16. https://doi.org/10.33084/pencerah.v11i1.5312