Kualitas Pelayanan Publik Pada Bidang Kesehatan Di Puskesmas Pauh Kota Padang The Quality of Public Services in the Health Sector at Pauh Community Health Center, Padang City
Main Article Content
Abstract
Pelayanan merupakan usaha pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. salah satu pelayanan tersebut adalah pelayanan kesehatan untuk menjaga dan merehabilitas kesehatan masyarakat. Pemerintah mengadakan pelayanan kesehatan yang tempatnya terjangkau oleh masyarakat di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang berada di setiap Kecamatan. Pusat kesehatan Masyarakat (Puskesmas) merupakan lembaga layanan publik bidang kesehatan yang diselenggarakan oleh Negara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelayanan yang diberikan Puskesmas Pauh Kota Padang. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan koesioner. Secara hasil, bahwa pelayanan yang diberikan Puskesmas Pauh masih belum mencapai standar pelayanan maksimal. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa indicator, yaitu : kurangnya sumber daya, sarana dan prasarana di Puskesmas Pauh.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Dwiyanto, Agus. 2005. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Hal. 141
Erlianti, Dila. 2019. Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Administrasi Publik & Bisnis, Vol. 1, No. 1.
Mujiraharjo, Febri Nugroho, Mahmud Basuki. 2019. Analisis Indeks Kepuasaan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Bidang Kesehatan. Jurnal Desiminasi Teknologi, Vol. 7, No. 2.
Pundenswari, Pupung. 2017. Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Bidang Kesehatan Terhadap Kepuasan Masyarakat. Jurnal Publik, Vol. 11, No. 1.
Putra, Arjuna, dkk. 2017. Inovasi Pelayanan Publik Bidang Kesehatan Berbasis Home care di Kota Makassar. Jurnal Administrasi Publik, Vol. 3, No. 3.
Thoha, Miftah. 1991. Perspektif perilaku birokrasi, Jakarta: LP3ES. Hal. 41
Yanuar, Reza Mochammad. 2019. Inovasi Pelayanan Publik (Studi Kasus : Public Safety Center (PSC) 119 Kabupaten Bantul Sebagai Layanan Kesehatan dan Kegawatdaruratan). Jurnal Ilmu Pemerintahan, Vol. 4, No. 1.
Yati, Rahmi. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Bidang Kesehatan Terhadap Kepuasaan Pasien di Puskesmas Kecamatan Sape Kabupaten Bima. Skripsi Program Studi Administrasi Publik, Fisip, Universitas Muhammadiyah Mataram.