Efektivitas Media Baru dalam Sosialisasi Program KB saat Pandemi COVID-19 di Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kota Palangka Raya
The Effectiveness of New Media in Socializing Family Planning Programs during the COVID-19 Pandemic at the National Population and Family Planning Agency (BKKBN) Palangka Raya City
DOI:
https://doi.org/10.33084/pencerah.v10i2.6704Keywords:
BKKBN, COVID-19, Efektivitas, Media BaruAbstract
Masyarakat dapat mengakses informasi dan dapat berkomunikasi melalui media yang terkoneksi dengan jaringan internet (Puspita, 2015). Melalui teknologi komunikasi seperti smarthphone, laptop dan komputer yang terkoneksi oleh jaringan internet, maka membuat masyarakat dengan mudah dapat mencari informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan berkomunikasi tanpa hambatan. Menurut Puspita (2015) Teknologi komunikasi inilah yang hampir setiap masyarakat saat ini menggunakannya dan populer dengan istilah new media. New Media yang lebih dikenal masyarakat berkaitan pula dengan efektifitas program Kelurga Berencana (KB) saat masa Pandemi COVID-19. Program KB tidak diwajibkan bagi masyarakat, namun BKKBN sebagai pelaksana program tetap terus mengkampanyekan dan mensosialisasikan program KB secara konsisten seperti sosialisasi melalui media baru. Berdasarkan fenomena tersebut , hal inilah yang menjadi latar belakang di lakukannya penelitian, untuk mengetahui apakah sosialisasi melalui media baru menjadi pilihan yang efektif di masa pandemi ini. Efektivitas BKKBN sebagai pelaksana program tetap terus mengkampanyekan dan mensosialisasikan program KB secara konsisten dari sebelum masa pandemi COVID-19 dan saat masa pandemi COVID-19. Sosialisasi dilakukan dengan berbagai cara salah satunya melalui media baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah sosialisasi melalui media baru menjadi pilihan yang efektif di masa pandemi ini. Metode yang digunakan dalam peneiitian ini adalah kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan indikator epic model adalah cukup efektif. Hal tersebut dinilai dari aspek empati, persuasi, dampak dan komunikasi. Empat indikator menunjukkan bahwa aspek empati dan komunikasi dinilai lebih dominan dan efektif daripada aspek persuasi dan dampak.
Downloads
References
Arifin, Anwar. (1984). Strategi Komunikasi: Sebuah Pengantar Ringkas. Bandung: Armico.
Cangara, Hafied (2013). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Dokumen BKKBN Strategi Komunikasi dan Advokasi Program Kependudukan, Keluarga
Berencana dan Pembangunan Keluarga. Tahun 2017
Dokumen BKKBN Strategi Kreatif Isi Pesan dan Media KIE. Tahun 2017
Effendy Onong Uchjana, (1998). Humas suatu studi komunikologis cetakan keempat.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Effendy, Onong Uchjana (2003). Ilmu, Teori & Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Kriyantono, Rachmat. (2012). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset
Media, Public Relation, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran.
Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Puspita, Yesi (2015). Pemanfaatan New Media dalam Memudahkan Komunikasi dan
Transaksi Pelacur Gay. Jurnal Pekommas,18 (3), 203 – 2012. doi :
http://dx.doi.org/10.30818/jpkm.2015.1180306
Morissan, M.A. (2008). Manjemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & TV.
Jakarta:Kencana Prenada Media Group
Moleong, M.A. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Ruslan,Rosady (2007). Manajemen Public Relations dan media Komunikasi: Konsepsi dan
Aplikasi,Edisi Revisi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Jakarta
Severin, Werner J. & James W. Tankard, Jr. (2005). Teori Komunikasi : Sejarah, metoda, dan
terapan di dalam media massa, ed. Kelima, terjemahan. Jakarta : Kencana.
Sari Purnama Melizza. FISIP UI (2012). Efektivitas Iklan Layanan Masyarakat di Televisi
Dalam Mempengaruhi Sikap Khalayak. Jakarta: Universitas Indonesia
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. : Untuk Penelitian yang Bersifat eksploratif,
enterpretatif, interaktif dan konstruktif. Yogyakarta : Alfabeta
Umar, husein, 2002. Metode Riset komunikasi Organisasi. Jakarta : PT Gramedia Pustaka
Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Srie Rosmilawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.