Efektivitas Media Baru dalam Sosialisasi Program KB saat Pandemi COVID-19 di Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kota Palangka Raya

The Effectiveness of New Media in Socializing Family Planning Programs during the COVID-19 Pandemic at the National Population and Family Planning Agency (BKKBN) Palangka Raya City

Authors

  • Srie Rosmilawati Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Sirajul Rahman Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Annisa Rizki Ananda Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pencerah.v10i2.6704

Keywords:

BKKBN, COVID-19, Efektivitas, Media Baru

Abstract

Masyarakat dapat mengakses informasi dan dapat berkomunikasi melalui media yang terkoneksi dengan jaringan internet (Puspita, 2015). Melalui teknologi komunikasi seperti smarthphone, laptop dan komputer yang terkoneksi oleh jaringan internet, maka membuat masyarakat dengan mudah dapat mencari informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan berkomunikasi tanpa hambatan. Menurut Puspita (2015) Teknologi komunikasi inilah yang hampir setiap masyarakat saat ini menggunakannya dan populer dengan istilah new media. New Media yang lebih dikenal masyarakat berkaitan pula dengan efektifitas program Kelurga Berencana (KB) saat masa Pandemi COVID-19. Program KB tidak diwajibkan bagi masyarakat, namun BKKBN sebagai pelaksana program tetap terus mengkampanyekan dan mensosialisasikan program KB secara konsisten seperti sosialisasi melalui media baru. Berdasarkan fenomena tersebut , hal inilah yang menjadi latar belakang di lakukannya penelitian, untuk mengetahui apakah sosialisasi melalui media baru menjadi pilihan yang efektif di masa pandemi ini. Efektivitas BKKBN sebagai pelaksana program tetap terus mengkampanyekan dan  mensosialisasikan program KB secara konsisten dari sebelum masa pandemi COVID-19 dan saat masa pandemi COVID-19. Sosialisasi dilakukan dengan berbagai cara salah satunya melalui media baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah sosialisasi melalui media baru menjadi pilihan yang efektif di masa pandemi ini. Metode yang digunakan dalam peneiitian ini adalah kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan indikator epic model adalah cukup efektif. Hal tersebut dinilai dari aspek empati, persuasi, dampak dan komunikasi. Empat indikator menunjukkan bahwa aspek empati dan komunikasi dinilai lebih dominan dan efektif daripada aspek persuasi dan dampak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Anwar. (1984). Strategi Komunikasi: Sebuah Pengantar Ringkas. Bandung: Armico.

Cangara, Hafied (2013). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Dokumen BKKBN Strategi Komunikasi dan Advokasi Program Kependudukan, Keluarga

Berencana dan Pembangunan Keluarga. Tahun 2017

Dokumen BKKBN Strategi Kreatif Isi Pesan dan Media KIE. Tahun 2017

Effendy Onong Uchjana, (1998). Humas suatu studi komunikologis cetakan keempat.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Effendy, Onong Uchjana (2003). Ilmu, Teori & Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Kriyantono, Rachmat. (2012). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset

Media, Public Relation, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran.

Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Puspita, Yesi (2015). Pemanfaatan New Media dalam Memudahkan Komunikasi dan

Transaksi Pelacur Gay. Jurnal Pekommas,18 (3), 203 – 2012. doi :

http://dx.doi.org/10.30818/jpkm.2015.1180306

Morissan, M.A. (2008). Manjemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & TV.

Jakarta:Kencana Prenada Media Group

Moleong, M.A. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Ruslan,Rosady (2007). Manajemen Public Relations dan media Komunikasi: Konsepsi dan

Aplikasi,Edisi Revisi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Severin, Werner J. & James W. Tankard, Jr. (2005). Teori Komunikasi : Sejarah, metoda, dan

terapan di dalam media massa, ed. Kelima, terjemahan. Jakarta : Kencana.

Sari Purnama Melizza. FISIP UI (2012). Efektivitas Iklan Layanan Masyarakat di Televisi

Dalam Mempengaruhi Sikap Khalayak. Jakarta: Universitas Indonesia

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. : Untuk Penelitian yang Bersifat eksploratif,

enterpretatif, interaktif dan konstruktif. Yogyakarta : Alfabeta

Umar, husein, 2002. Metode Riset komunikasi Organisasi. Jakarta : PT Gramedia Pustaka

Utama.

Downloads

Published

2024-02-19

How to Cite

Rosmilawati, S., Rahman, S., & Ananda, A. R. (2024). Efektivitas Media Baru dalam Sosialisasi Program KB saat Pandemi COVID-19 di Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kota Palangka Raya: The Effectiveness of New Media in Socializing Family Planning Programs during the COVID-19 Pandemic at the National Population and Family Planning Agency (BKKBN) Palangka Raya City. Pencerah Publik, 10(2), 107–113. https://doi.org/10.33084/pencerah.v10i2.6704

Most read articles by the same author(s)