Studi Pengelolaan Tenaga Pendidik Dalam Rangka Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Pada Sekolah Lanjutan Tingkat Atas Di Kota Palangka Raya
Main Article Content
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Studi Pengelolaan Tenaga Pendidik Dalam Rangka Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Pada Sekolah Lanjutan Tingkat Atas Di Kota Palangka Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data primer yaitu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, Ketua Yayasan, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan, Ketua Komite Sekolah. Sumber sekunder berupa buku-buku, jurnal ilmiah, arsip dan dokumen.
Hasil penelitian Rekrutmen dan Penempatan Pendidik dimana Proses rekrutmen tenaga pendidik diawali dengan perencanaan yang matang. bahwa rekrutmen guru disesuaikan dengan kebutuhan mata pelajaran yang dilakukan pada tiap-tiap awal tahun ajaran. Perekrutan guru sebagai tenaga pendidik tidak dilakukan setiap saat, karena komposisi guru sebagai tenaga pendidik yang tetap sudah ada dan cenderung tidak berubah. Pemberian Kompensasi Sistem pemberian kompensasi yang digunakan menggunakan sistem kompensasi secara finansial/langsung dan kompensasi non finansial/tidak langsung. Sistem kompensasi secara finansial/langsung diberikan berupa gaji pokok. Sedangkan kompensasi non finansial/kompensasi tidak langsung diberikan berupa tunjangan. Pola pembinaan dan pengembangan yang terstruktur belum Nampak dilakukan oleh sekolah yang menjadi lokasi penelitian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tidak terdapat aturan baku terkait pelepasan dan pemberhentian tenaga pendidik.
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
David, R. Fred. 2004. Konsep Manajemen Strategis, Edisi VII (terjemahan). Jakarta, PT Indeks.
Fattah, Nanang. 2004. Konsep Manajemen Berbasis Sekolah dan Dewan Sekolah. Bandung: CV Pustaka Bani Quraisy.
Ibnu Hajar A, Aan Komariah, dan Dedy Achmad K. “Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Mutu Sekolah (Studi Analisis Deskriptif Implementasi manajemen Berbasis Sekolah di SMAN 2 Indramayu”. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol. 1 Nomor 1. 2014. Hlm : 3.
Ismail, M. Yusanto. 2003. Pengantar Manajemen Syariat, Cetakan II. Jakarta. Khairul Bayan.
Murniati. 2008. Manajemen Stratejik. Peran Kepala Sekolah Dalam Pemberdayaan. Bandung: Citapustaka Media Perintis.
Rosmalah. “Hakikat Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah”. Jurnal Publikasi Pendidikan. Vol. VI Nomor 1. 2016. Hlm : 66.
Sagala, Syaiful. 2006. Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat: Strategi Memenangkan Persaingan Mutu. Jakarta. PT Nimas Multima.
Suparlan. 2013. Manajemen Berbasis Sekolah dari Teori sampai dengan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Syafaruddin. 2005. Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, Cetakan I. Jakarta: Ciputat Press.
Wirio, Soebagio. 2000. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT. Ardazya Jaya.