Efektivitas Kebijakan Daring Bagi Pendidikan Konseling Dalam Meningkatkan Mutu Peserta Didik Di SMAN 1 Mejayan
Effectiveness Of Line Policies For Counseling Education In Improving The Quality Of Students In SMAN 1 Mejayan
DOI:
https://doi.org/10.33084/suluh.v6i2.2461Keywords:
Pembelajaran Daring, Pendidikan Konseling, Bimbingan KonselingAbstract
Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kesehatan Nomor 3 Tahun 2020 tentang pencegahan Covid pada Satuan Pendidikan pada 9 Maret 2020, Surat Edaran Menteri kesehatan No HK.02.01/MENKES/199/2020 Pada 12 Maret 2020, dan Surat Edaran Sekjen Kemendikbud No.36603/A. A5/OT/2020 pada 15 Maret 2020, telah disepakati jika metode pembelajaran dilakukan secara daring. Namun, selama pembelajaran daring banyak terjadi permasalahan sosial pada peserta didik, baik dalam kebutuhan pendidikan maupun kebutuhan sosialnya. Untuk itu, lembaga pendidikan memiliki pendidikan konseling dalam membantu permasalahan sosial peserta didik. Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana efektivitas kebijakan daring bagi Pendidikan konseling dalam meningkatkan mutu peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMA 1 Mejayan Kabupaten Madiun dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data dianalisis menggunakan teori fungsionalisme Emile Durkheim mengenai pentingnya instansi Pendidikan dalam membimbing dan mensosialisasikan nilai, norma, etika, moral dan kepatuhan dalam diri peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pembaruan pada kurikulumnya, khususnya terkait pelaksanaan pendidikan konseling dalam membentuk kemandirian selama pembelajaran daring, (2) Terdapat dua metode pembelajaran dengan materi berbeda antara Pendidikan konseling dan bimbingan konseling dalam rangka memperluas kesempatan bimbingan dalam mengatasi permasalahan sosial siswanya selama pembelajaran daring.
Downloads
References
Baidlowi, M. R. (2019). Peranan Konselor Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Informasi Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lampung Tengah. Tesis, 27(9). http://dx.doi.org/10.1016/j.cej.2014.10.020%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.apcatb.2013.08.019%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.tsf.2016.12.015
Fatchurahman M., Setiawan M.A., Karyanti K. 2021.The development of group healing storytelling model in multicultural counselling services in Indonesian schools: Examination of disciplinary cases. The Education and science journal. 23(4):157-180.
Fauzi, Z., Heiriyah, A., & Matarif, J. (2020). Upaya Pelayanan Guru Bimbingan Dan Konseling Selama Pandemi Covid-19 Pada Siswa Di Smp Negeri 23 Banjarmasin. Urnal Mahasiswa BK An-Nur, 1(1), 1–12. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR
Kemendikbud. (2010). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. 1–10.
Kemendikbud. (2020). Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020.
Megawanti, P., Megawati, E., & Nurkhafifah, S. (2020). Persepsi Peserta Didik terhadap PJJ pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 75–82.
Peraturan Undang - Undang RI, No.20, P. . (2003). Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1, 147–173.
Putri, V. D. (2020). Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Coution : Journal of Counseling and Education Layanan Bimbingan Dan Konseling Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. 1(2020), 7 – 16.
Rasyid, M. R. (2015). Pendidikan Dalam Perspektif Teori Sosiologi. Auladuna, 2(2), 274–286. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/882/852
RI, K. (2020). Edaran Tentang Pencegahan Wabah COVID-19 di Lingkungan Satuan Pendidikan Seluruh Indonesia. Infect Dis Clin North Am, 33, 1–5.
Riadin, Agung dan Ade Salahudin Permadi. 2019. Implementasi Pembelajaran PKn untuk Membentuk Pribadi yang Berkarakter di SD Muhammadiyah Sampit. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1):18-28.
Riadin, Agung dkk. 2017. Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Negeri (Inklusi) Di Kota Palangka Raya. Anterior Jurnal, 17(1):22-27.
Rosali, E. S., Pendidikan, J., & Universitas, G. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Geography Science Education Journal (GEOSEE, 1(1), 21–30.
Rozzaqyah, F. (2020). Urgensi Konseling Krisis dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/snbk/article/view/1146
Sadewo, F. S. (2016). Petunjuk Praktis Untuk Peneliti Pemula.
Setiawan, M Andi dan Karyanti. 2018. Model Konseling Kelompok Teknik Expresif Writing Berlandaskan Falsafah Dandang Tingang Untuk Meningkatkan Perilaku Respect. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 2(2):129-136.
Solihah, F. (2013). Konsep Bimbingan Konseling ( Bk ) Sekolah Menengah Atas ( Sma ) Dalam Memberikan Keterampilan Manajemen Diri Dan Pencegahan Korupsi. 4(2), 239–262.
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/view/12462
Yekti Endah P, S. (2016). Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling: Studi Kasus di SMAN 1 Kota Semarang. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 37–46.Utami, A. Titi. 2014. Pelaksanaan Nilai Religius Dalam Pendidikan Karakter di SD Negeri 1 Kutowinangun Kebumen. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.