Analisis Motivasi Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Analysis Of Motivation And Learning Students Participate In Online Learning During Pandemic Covid-19

Main Article Content

Dony Apriatama
Indah Nur Aisyah
Rika Prayudya A.P
Selvi Widiati
Eka Safitri
Bobby Muhammad A

Abstract

Motivasi adalah suatu perubahan energi didalam pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya efektif (perasaan) dan reaksi untuk mencapai tujuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan library research (kajian kepustakaan). Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan penelitian dokumentasi. Hasil penelitian siswa kurang termotivasi dapat dilihat dari data yang disampaikan yakni seperti siswa tersebut tidak tekun dalam menghadapi tugas terlihat dari ketika kelas onlinenya baru dimulai ia hanya masuk untuk absen mengisi, setelah itu melanjutkan tidur. Siswa tersebut juga mudah putus asa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran jarak jauh atau online dilihat dari ia yang bermalas - malasan untuk mengikuti kegiatan pembelajaran jarak jauh atau online. Peneliti menyimpulkan dari hasil fenomena dan teori yang ada bahwa sistem pembelajaran jarak jauh atau online ini berdampak pada penurunan motivasi belajar siswa karena banyaknya hambatan dan kendala pada sistem pembelajaran ini. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Apriatama, D., Nur Aisyah, I., Prayudya A.P, R., Widiati, S., Safitri, E., & Muhammad A, B. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19: Analysis Of Motivation And Learning Students Participate In Online Learning During Pandemic Covid-19. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 11–16. https://doi.org/10.33084/suluh.v6i2.2462
Section
Articles
Author Biographies

Dony Apriatama, Universitas Palangka Raya

Universitas Palangka Raya

Indah Nur Aisyah, Universitas Palangka Raya

Universitas Palangka Raya

Selvi Widiati, Universitas Palangka Raya

Universitas Palangka Raya

Eka Safitri, Universitas Palangka Raya

Universitas Palangka Raya

Bobby Muhammad A, Universitas Palangka Raya

Universitas Palangka Raya

References

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar, cet. Jakarta: Rineka Cipta.
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838.
Fatchurahman M., Setiawan M.A., Karyanti K. 2021.The development of group healing storytelling model in multicultural counselling services in Indonesian schools: Examination of disciplinary cases. The Education and science journal. 23(4):157-180.
Jannah, S. M. (2020). Segudang Masalah Belajar dari Rumah karena Corona COVID-19. Tirto.Id. https://tirto.id/segudang-masalah-belajar-dari-rumah-karena-corona-covid-19-eGqQ
Maliana, I. (2020). Viral Pelajar Kritisi Belajar Online, Berharap Kemendikbud Beri Jam Kuota Gratis di Masa Pandemi. Tribunnews. https://www.tribunnews.com/nasional/2020/08/10/viral-pelajar-kritisi-belajar-online-berharap-kemendikbud-beri-jam-kuota-gratis-di-masa-pandemi?page=3
Permadi, Ade Salahudin dkk. 2020. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.6(1):16-21
Putra, Chandra Anugrah. 2017. Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai media Pembelajaran. Bitnet : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. 2(2):1-10.
Setiawan,M Andi. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Artikel Scholar. 1:184
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. In ke-26.