Layanan Home Visit Dalam Mengatasi Permasalahan Motivasi Belajar Pada Siswa : Literature Review

Home Visit Services In Overcoming Learning Motivation Problems In Students: Literature Review

Authors

  • Rosyana Amelia Sabela Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Pretty Sefrinta Anggraeni SMP Al-Falah Darussalam Sidoarjo
  • Abdul Muhid Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v6i2.2463

Keywords:

Home Visit, Motivasi Belajar, Layanan Bimbingan & Konseling

Abstract

Permasalahan motivasi belajar siswa yang rendah membuat guru BK sebagai pembimbing siswa ikut turun tangan dalam menanganinya salah satunya dengan melaksanakan layanan home visit. Pada layanan ini konselor mengajak orangtua siswa untuk bisa bekerjasama menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh siswa. Sehingga dalam hal ini keberhasilan dari layanan home visit sangat ditentukan dari peran konselor serta keluarga yang menjadi pendukung bagi siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kajian literatur. Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui keefektifan layanan home visit dalam mengatasi permasalahan motivasi belajar siswa. Kesimpulan yang didapat yaitu layanan home visit dinilai  dapat mengatasi permasalahan motivasi belajar siswa secara perlahan-lahan. Namun, hal ini harus disertai dengan adanya dukungan dari orangtua terhadap siswa yang memiliki masalah motivasi belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rosyana Amelia Sabela, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pretty Sefrinta Anggraeni, SMP Al-Falah Darussalam Sidoarjo

Abdul Muhid, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

References

Abdullah, E. (2019). Home Visit Oleh Guru atau Wali Kelas dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 3(2):142–149
Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1):77–89
Al-Farizi, S. (2020). Strategi Belajar SIEQ Melalui Home Visit Di Masa Pandemi Covid-19 (Corona Virus Deases). Tsaqafatuna, 4(2)
Amalia, H. (2016). Implementasi Home Visit dalam Upaya Meningkatkan Pembelajaran PAI di SDIT al-Azhar Kediri. Didaktika Religia, 4(1):77–106. https://doi.org/10.30762/didaktika.v4.i1.p77-106.2016
Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 5(2):168–181
Dwita, K. D., Anggraeni, A. I., & Haryadi. (2018). Pengaruh Home Visit dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di SDIT Harapan Bunda Purwokerto. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 20(01):1–15
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2).
Fatchurahman M., Setiawan M.A., Karyanti K. 2021.The Development Of Group Healing Storytelling Model In Multicultural Counselling Services In Indonesian Schools: Examination Of Disciplinary Cases. The Education and science journal. 23(4):157-180.
Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2):90. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.56
Handayani, P. G., & Hidayat, H. (2017). Pentingnya Pelaksanaan Home Visit oleh Guru Bimbingan dan Konseling. Jambore Konselor, 3:168–177
Hangesty Anurraga, H. (2018). Peran Orangtua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Usia 6-12 Tahun (Studi Kasus Pada Program Home Visit Di Homeschooling Sekolah Dolan Malang). J+Plus Unesa, 7(3):1–8
Jannah, N., & Nirwana, H. (2015). Hubungan Kecanduan Game dengan Motivasi Belajar Siswa dan Implikasinya Terhadap Bimbingan dan Konseling. Konselor, 4(December)
Khofifah, A., Sano, A., & Syukur, Y. (2017). Permasalahan Yang Disampaikan Siswa Kepada Guru Bk/Konselor. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1):45. https://doi.org/10.29210/12017271
Makoginta, L., & Nurdiyani, N. (2020). Program Home Visit di POS-PAUD Bintang Kecil, Semarang: Solusi Menaati Aturan Physical Distancing. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Nonformal UNG, 3:43–48
Mas’odi, Syaifuddina, M., & Amirullah. (2020). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Home visit ( Studi Kasus Tingkat Sekolah Dasar di Kabupaten Sumenep ). P2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 8(2):107–117
Moslem, M. C., Komaro, M., & Yayat. (2019). Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Aircraft Drawing Di Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2):258–265. https://doi.org/10.17509/jmee.v6i2.21803
Musyarrof, A. F., Nugroho, S. E., & Masturi, M. (2018). Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas. 3:17–32. https://doi.org/10.2991/iset-18.2018.8
Narti, S. (2019). Kumpulan Contoh Laporan Hasil Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK). Yogyakarta: Penerbit Deepublish
Nurdyansyah, N., & Nyong, E. (2020). Implementation of Home Visite Program in Overcoming Student Learning Problems in SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo. Proceeding of The ICECRS, 6:1–11. https://doi.org/10.21070/icecrs2020385
Permadi, Ade Salahudin dkk. 2020. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar. Tunas : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6(1):16-21.
Putra, Chandra Anugrah. 2017. Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran, BITNET : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. 2(2)1-10.
Putro, P. A., & Suharso. (2015). Studi Deskriptif Operasionalisasi dan Hasil Home Visit di SMK Negeri Se-Kota Semarang. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, 5(1):39–44
Rahmawati, R. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Piyungan pada Mata Pelajaran EKonomi Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 5(4):326–336
Refi. (2019). Hubungan antara emotion focused coping dan dukungan sosial dengan stres akademik siswa SMA “X” Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan:263–272
Rohman, A. (2017). Konseling Pancawaskita: Masidu Untuk Menangani Motivasi Belajar Rendah Siswa MTS Sabilul Huda Cangkring Karanganyar Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2016/2017. Sosio Dialektika-Jurnal Ilmu Sosial-Humaniora, 2(1): 1–15
Rumhadi, T. (2017). Urgensi Motivasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1):33–41
Sinaga, J. D., & Subagyo, F. S. (2016). Perubahan Perilaku Belajar Siswa dengan Penguatan Sistem Dukungan Orang Tua Melalui Layanan Home Visit. International Conference and Workshop on School Counseling:23–25
Sukarmiasih, N. W. (2018). Penerapan Layanan Home Visit untuk Meminimalisasi Prilaku Menyimpang pada Siswa Kelas VIII Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Daiwi Widya Jurnal Pendidikan, 5(2):44–56
Suprihatin, S. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1):73–82. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.89
Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video pada Pembelajaran PKn di Sekolah Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1):187–200
Yusrizal, Lubis, B. S., Fatmawati, & Muzdalifah, D. (2020). Pengaruh Metode Visit Home dan Pola Bimbingan Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Era Pandemi COVID-19. Jurnal Tematik, 10(3):113–119
Ziah, R. B. H., & Roesminingsih, E. (2019). Implementasi Program Home Visit dalam Optimalisasi Hasil Belajar di MINU Trate Putri Gresik. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 7(1):1–12.

Downloads

Published

2021-03-12

How to Cite

Amelia Sabela, R., Sefrinta Anggraeni, P., & Muhid, A. (2021). Layanan Home Visit Dalam Mengatasi Permasalahan Motivasi Belajar Pada Siswa : Literature Review: Home Visit Services In Overcoming Learning Motivation Problems In Students: Literature Review. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 17–23. https://doi.org/10.33084/suluh.v6i2.2463