Faktor Kendala Pelaksanaan Profesional dan Peningkatan Kualitas Mengajar bagi Guru di desa di Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah

Obstacles to Professional Implementation and Teaching Quality Improvement for teachers in villages in East Barito Regency Central Kalimantan

Authors

  • Listin Nganung Tamiyang Layang, Barito Timur

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v6i2.2465

Keywords:

Guru di Desa, Profesional, Kualitas Mengajar

Abstract

Pelaksanaan Pendidikan untuk mencapai Kualitas yang sesuai dengan harapan dari program Pendidkan Nasional dengan Guru sebagai pelaksana dituntut untuk mampu melaksanakan proses belajar mengajar secara Profesional terkait dengan hal tersebut proses belajar mengajar tentunya menghadapi beberapa factor yang dapat menjadi kendala bagi Guru di Desa dan yang menjadi obyek adalah Sekolah SMP Negeri di Desa di Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah. Kurangnya Sarana media, bahan pembelajaran yang dimiliki Sekolah di Desa dapat menghambat Guru dalam  pelaksanaan pendidikan secara profesioanal dan berkualitas, Pelaksanaan sistem pendidikan standar tidak sepenuhnya dapat dilaksanakan.Tidak ada jaringan internet/ lemahnya jaringan membuat keterlambatan informasi yang di terima. Anggapan masyarakat bahwa pengajaran  merupakan kewajiban dan sifat   pengabdian   guru kepada    masyarakat. Lemahnya dukungan dan dorongan orangtua kepada anak dalam mengikuti pelajaran .

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Listin Nganung, Tamiyang Layang, Barito Timur

References

Arsyad Azhar.2014. Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada Jakarta.
Bahri Djamarah Syaiful. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Penerbit PT. Rineka Cipta Jakarta.
Danim .2002 Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan. Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Penerbit CV Pustaka. Setia Bandung.
Daryanto .2016. Media Pembelajaran. Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang.
Fatchurahman M., Setiawan M.A., Karyanti K. 2021.The Development Of Group Healing Storytelling Model In Multicultural Counselling Services In Indonesian Schools: Examination Of Disciplinary Cases. The Education and science journal. 23(4):157-180.
Hamalik Oemar .2004Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Penerbit Bumi Akasara Jakarta.
Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. PT Bumi Aksara Jakarta.
Kunandar.2011.Guru Profesional. Penerbit PT
Majid Abdul .2013. Penilaian autentik: proses dan hasil belajar. Penerbit PT. Rineka Cipta Jakarta.
Nurcholis .2011 Pertumbuhan & Penyelenggaraan Pemerintahan Desa” . Penerbit Erlangga Jakarta.
Permadi, Ade Salahudin dan F Mentari. 2020. Penerapan Media Pembelajaran Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Amat Pelajaran IPA Di SMP Negeri 1 Kahayan Kuala. Bitnet : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi.5(1):55-62.
Pupuh Fathurrohman.2012.Guru Profesional, Penerbit PT Refika Aditama Bandung.
Putra, Chandra Anugrah dan M Andi Setiawan. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Circiut Learning Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar. 3(1):1-6.
Rajawali Jakarta.
Sardiman.2009. Psikologi Pendidikan. Penerbit PT. Rineka Cipta Jakarta.
Slameto ( Jurnal Scholaria, Vol. 4, No. 3, September 2014: 1-12) judul : Permasalahan – permasalahan Terkait dengan Profesi Guru SD
Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Guru Profesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi dan Kompetensi Guru. Penerbit Ar Ruzz Media Yogyakarta.
Supriyono, M. Pd.I .2011.Guru Profesional Pembina Moral".Penerbit Erlangga Jakarta.
Syaiful Sagala.2009 Kemampuan Professional Guru Dan Tenaga Kependidikan.: Penerbit Alfabeta Bandung.
Widjaja H.A.W. 2012. Otonomi Desa.Penerbit BPFE Yogyakarta. Fahrudi Ahwan Ikhsan (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial o ISSN 1907-9990 Volume 11 Nomor 2 Tahun 2017)Judul : Upaya Kompetensi Profesionalisme Guru IPS di Kabupaten Jember.
Yuni Mariani Manik (Jurnal Akuntansi dan Pembelajaran, Vol. 8 No. 3, Desember 2019 ISSN Online: 2620-8733; ISSN Cetak:2301-7384) Judul : Meningkatkan belajaran Melalui Kompetensi Profesional Guru Profesionalisme guru berkorelasi dengan kualitas produk pendidikan.

Downloads

Published

2021-03-13

How to Cite

Nganung, L. (2021). Faktor Kendala Pelaksanaan Profesional dan Peningkatan Kualitas Mengajar bagi Guru di desa di Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah: Obstacles to Professional Implementation and Teaching Quality Improvement for teachers in villages in East Barito Regency Central Kalimantan. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 29–38. https://doi.org/10.33084/suluh.v6i2.2465