Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kelas 9 Smp Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif
Efforts to Improve Learning Outcomes for Grade 9 Junior High Schools Through the Application of Cooperative Learning Models
DOI:
https://doi.org/10.33084/suluh.v7i1.2737Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar, PTKAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif pada siswa kelas 9.1 SMP Negeri 5 Palangka Raya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas dengan mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu: 1) Perencanaan; 2) pelaksanaan tindakan; 3) observasi; dan 4) refleksi. Penelitian ini melibatkan siswa kelas 9.1 SMP Negeri 5 Palangka Raya dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang sebagai subjek penelitian. Data diperoleh dari hasil tes belajar siswa, terhadap pembelajaran kooperatif. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk hasil belajar mengalami peningkatan nilai rata-rata kelas dari 45,10 menjadi 71,64 dengan persentase ketuntasan mencapai 83,33%.. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 9.1 SMP Negeri 5 Palangka Raya.
Downloads
References
Djamarah S.B, 2002a. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Ibrahim M, Rachmadiarti, F. Nur M & Ismono, 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.
Indrawati dan Poppy, K.D. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Departemen Pendidikan Nasional PPPPTK Ilmu Pengetahuan Alam
Kasbollah K, 1998. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Proyek Pendidikan Guru SD. Malang : Depdikbud
Koentjaraningrat. (2007). Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Ilmu.
Margono. S, 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Nur, M., 1996. Pembelajaran Kooperatif dalam Kelas IPA. Surabaya : IKIP Surabaya
Putra Chandra A, M Andi Setiawan, M Jailani dan Ade S Permadi. 2019. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Model Explicit Instruction Berbasis Teknologi Multimedia. Seminar Internasional Riksa Bahasa.
Riadin, Agung dan Cici Liani Fitriani. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Berbantuan Media Alat Peraga Konkret Pada Peserta Didik Kelas V SDN-4 Kasongan. Pedagogik: Jurnal Pendidikan. 13:2(1-5).
Setiawan, M Andi dan Agung Riadin. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Dengan Bimbingan Teman Sebaya Berbasis Nilai-Nilai Huma Betang. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia). 6:1(27-31).
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Slavin, Robert E. 1995. Cooperative Learning Theory, Research, and Practice. USA: The Jhons Hopkins University.
Sudjana, N. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Depdiknas
Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Usman, U. (1995). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wardhani, Wihardit, Nasoetion. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.