Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kelas 9 Smp Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif

Efforts to Improve Learning Outcomes for Grade 9 Junior High Schools Through the Application of Cooperative Learning Models

Authors

  • Sampang Sampang SMPN 5 PALANGKARAYA

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v7i1.2737

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar, PTK

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif pada siswa kelas 9.1 SMP Negeri 5 Palangka Raya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas dengan mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu: 1) Perencanaan; 2) pelaksanaan tindakan; 3) observasi; dan 4) refleksi. Penelitian ini melibatkan siswa kelas 9.1 SMP Negeri 5 Palangka Raya dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang sebagai subjek penelitian. Data diperoleh dari hasil tes belajar siswa, terhadap pembelajaran kooperatif. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk hasil belajar mengalami peningkatan nilai rata-rata kelas dari 45,10 menjadi 71,64 dengan persentase ketuntasan mencapai 83,33%.. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 9.1 SMP Negeri 5 Palangka Raya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sampang Sampang, SMPN 5 PALANGKARAYA

References

Dimyati, 2002, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Djamarah S.B, 2002a. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Ibrahim M, Rachmadiarti, F. Nur M & Ismono, 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.
Indrawati dan Poppy, K.D. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Departemen Pendidikan Nasional PPPPTK Ilmu Pengetahuan Alam
Kasbollah K, 1998. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Proyek Pendidikan Guru SD. Malang : Depdikbud
Koentjaraningrat. (2007). Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Ilmu.
Margono. S, 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Nur, M., 1996. Pembelajaran Kooperatif dalam Kelas IPA. Surabaya : IKIP Surabaya
Putra Chandra A, M Andi Setiawan, M Jailani dan Ade S Permadi. 2019. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Model Explicit Instruction Berbasis Teknologi Multimedia. Seminar Internasional Riksa Bahasa.
Riadin, Agung dan Cici Liani Fitriani. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Berbantuan Media Alat Peraga Konkret Pada Peserta Didik Kelas V SDN-4 Kasongan. Pedagogik: Jurnal Pendidikan. 13:2(1-5).
Setiawan, M Andi dan Agung Riadin. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Dengan Bimbingan Teman Sebaya Berbasis Nilai-Nilai Huma Betang. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia). 6:1(27-31).
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Slavin, Robert E. 1995. Cooperative Learning Theory, Research, and Practice. USA: The Jhons Hopkins University.
Sudjana, N. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Depdiknas
Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Usman, U. (1995). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wardhani, Wihardit, Nasoetion. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2021-09-16

How to Cite

Sampang, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kelas 9 Smp Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif: Efforts to Improve Learning Outcomes for Grade 9 Junior High Schools Through the Application of Cooperative Learning Models. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 37–40. https://doi.org/10.33084/suluh.v7i1.2737