Model Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Dalam Rangka Pengembangan Karir Pada Siswa Di Smpn 2 Sepang

Model Of Improving Student's Confidence In The Framework Of Career Development In Students At Smpn 2 Sepang

Authors

  • Nopi Nopi SMPN 2 SEPANG GUNUNG MAS
  • Oktamia Karuniaty S SMPN 2 SEPANG GUNUNG MAS
  • Mimi Suriatie Suriatie SMPN 2 SEPANG GUNUNG MAS
  • Sunaryo A.I SMPN 2 SEPANG GUNUNG MAS

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v7i1.2740

Keywords:

Kepercayaan Diri, Penguat Perencanaan Karir, Siswa Sekolah Menengah Pertama, Bimbingan dan Konseling Individu

Abstract

Penelitian ini berjudul “Model Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa dalam Rangka Pengembangan Karir Pada Siswa Di SMPN 2 Sepang”. Variabel dalam penelitian ini adalah model peningkatan kepercayaan diri siswa dalam rangka pengembangan karir pada siswa di SMPN 2 Sepang,

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, dengan bentuk penelitian survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh seluruh siswa kelas VII SMPN 2 SEPANG, yang berjumlah 100 siswa dengan penarikan sampel sebanyak 25% sehingga jumlah sampel 47 orang siswa. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpul data inventori. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase.

Dari kesimpulan di atas, dapat direkomendasikan: 1) bagi siswa diharapkan lebih meningkatkan rasa percaya dirinya agar mampu berkembang secara oprimal dan mampu mengatasi masalah yang dihadapi serta menjadi pribadi yang mandiri, 2) bagi guru pembimbing penyusunan program hendaknya dilakukan analisis kebutuhan terlebih dahulu supaya menghasilkan program sesuai dengan kebutuhan siswa, dirumuskan secara khusus dalam suatu program yang komprehensif, serta pemberian strategi layanan sesuai dengan keadaan siswa serta kondisi sekolah, 3) bagi sekolah hasil rancangan program kepercayaan diri ini dapat pergunakan kepada siswa kelas VII SMPN 2 SEPANG.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nopi Nopi, SMPN 2 SEPANG GUNUNG MAS

Oktamia Karuniaty S, SMPN 2 SEPANG GUNUNG MAS

Mimi Suriatie Suriatie, SMPN 2 SEPANG GUNUNG MAS

Sunaryo A.I, SMPN 2 SEPANG GUNUNG MAS

References

Angelis, B. D. 2005. Confidence (Percaya Diri) Sumber Sukses dan Kemandirian. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Abdul Jabar, C.S. 2004. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Anthony, R. 1992. Rahasia Membangun Kepercayaan Diri (Terjemahan Rita Wiryadi). Jakarta: Bina Rupa Aksara.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.
Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Asrori, 2009. Pengembangan Diri. Jakarta: Sosialisasi KTSP
Boeree, G. 2009. Personality Theory: A Biosocial Appoarch. USA: Psychology Departement Shippensburg University
BPS Gunung Mas. 2015. Gunung Mas dalam Angka 2015. Gunung Mas: Badan Pusat Statistik Kabupaten Gunung Mas.
BSNP. 2006. Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Depdikbud. 1993. Keputusan Bersama Mendikbud RI dan Kepala BAKN Nomor 0433/P/1993 dan Nomor 25 tahun 1993, tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta: Debdikbud
Depdiknas. 2004. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Jakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum.
Fauzi, A. 1997. Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia Akyas
Fuad, A dan Kandung S. N. 2014. Panduan Praktis Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu
Hadi, S. 2004. Metodologi Research jilid 4. Yogyakarta: ANDI
Hakim, T. 2002. Mengatasi Rasas Rendah Diri, Jakarta: Puspa Swara.
Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Media Abadi
Huberman, A.M & Miles, M.B (1984). Innovation Up Close: A Field Study in 12 School Setting. Andover, MA: The New York, Inc.
James, P and Kennett, A. Understanding Statistics in Education. Illinois: F.E. Peacock
Lauster, P. 1978. The Personality Test (2nd.Ed). London: Bantam Books, Ltd.
Lauster, P. 2002. Test Kepribadian. Terjemahan Sumekto. Yogyakarta: Kanisius
Lindenfield, G. 1997. Mendidik Anak Agar Percaya Diri. Jakarta: Arcan
Mappiare, A. 1998. Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.
Masbow. 2011. Percaya Diri dalam Psikologi. http:///www.masbow.com.
Mastuti, I. 2008. 50 Kiat Percaya Diri. Jakarta: Hi-FestPublishing
Natawidjaja, R. 1986. Pendekatan-pendekatan dalam Penyuluhan Kelompok. Bandung: Diponegoro
Nurihsan, A. J. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai LatarKehidupan, Bandung: Refika Aditama
Nurihsan, A., 2010. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling, Bandung: Refika Aditama
Putra Chandra A, M Andi Setiawan, M Jailani, dan Ade S Permadi. 2019. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Model Explicit Instruction Berbasis Teknologi Multimedia. Jurnal Seminar Internasional Riksa Bahasa.
Riduwan. 2007. Metode dan Teknik Menyusan Tesis. Bandung: Alfabeta.
Ridwan. 2008. Penanganan Efektif Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rumini dan Sundari. 2004. Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Santrock, J. W. 2003. Adolesence (Perkembangan Remaja). Jakarta: Erlangga
Siswoyo. 2000. Persepsi Guru Pembimbing Mengenai Pertanggung Jawaban Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling. Tesis. Tidak Diterbitkan. Malang: UNM
Sudikan, S. Y. 2002. Metode Penelitian Kebudayaan. Surabaya: Citra Wacana
Sudjana. 1996. Metode Statistik, Bandung: Tarsito.
Sudrajat. 2011. Program Bimbingan dan Konseling. http: www.akhmadsudrajad.wordpress.com.
Sugiyono. 2008. Pendekatan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suherman, U. 2007. Manajemen Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Madani Production
Sukardi, D.K. 2008. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung Alfabeta.
Suryabrata, S. 2005. Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Andi.
Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional 2003.Jakarta: Diundangkan oleh Sekretaris Negara Republik Indonesia.
Walpole, R. E. 1995. Pengantar Statistika. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Weiss, N and Hassent, M. 2015. Introductory Statistics. USA: Pearson
Wibowo, M. E. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UPT UNNES Press
Willis, S. S. 2004. Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.
Winkel. 2004. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah Menengah. Jakarta: PT. Gramedia Utama
Wiranegara, C. 2010. Total Self – Confidence. Yogyakarta: NewDiglossia
Yusuf, S. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Bandung: Rizqi.

Downloads

Published

2021-09-16

How to Cite

Nopi, N., Karuniaty S, O., Suriatie, M. S., & A.I, S. (2021). Model Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Dalam Rangka Pengembangan Karir Pada Siswa Di Smpn 2 Sepang: Model Of Improving Student’s Confidence In The Framework Of Career Development In Students At Smpn 2 Sepang. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 48–55. https://doi.org/10.33084/suluh.v7i1.2740