Penyelenggaraan Layanan Bimbingan Klasikal Secara Daring di SMP Swasta Se-Kabupaten Wonogiri

Implementation Of Online Clasical Guidance Services At Private Junior High Schools In Wonogiri Regency

Authors

  • Aldila Fitri Radite Nur Maynawati Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v8i2.4218

Keywords:

Layanan, Bimbingan dan Konseling, Daring

Abstract

Layanan bimbingan konseling selama pandemi luwes untuk dilakukan secara daring maupun luring. Namun selama pandemic sekolah full melaksanakan layanan bimbingan dan konsleing secara daring. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan klasikal secara daring di Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey dengan analisis deskriptif. Analisis deskriptif melalui analisis peneliti dan dideskripsikan sesuai hasil penelitian. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket dan wawancara. Hasil penelitian ini didapat layanan bimbingan klasikal secara daring masih kurang efektif untuk dilakukan tersebab berbagai hambatan salah satunya siswa yang kurang fokus Ketika pemberian layanan secara daring.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Aldila Fitri Radite Nur Maynawati, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

References

Athiyah, I. (2021). Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal dengan E-Learning melalui Pembelajaran Berbasis Project untuk Meningkatkkan Resiliensi Kepala Sekolah di Masa Covid-19. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 9(1), 59–70. https://doi.org/10.36052/andragogi.v9i1.218

Edi Drajat Kurniawan. (2018). Bahan Ajaran Matakuliah Bimbingan & Konseling Kelompok. Universitas PGRI.

Fatimah, D. N. (2017). Layanan Bimbingan Klasikal Dalam Meningkatkan Self Control Siswa Smp Negeri 5 Yogyakarta. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14(1), 25–37. https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.141-03

Gede Sedanayasa dan Kadek Surayanata. (2010). Dasar-Dasar Bimbingan Konseling. Refika Aditama.

Masri Singarimbun. (2006). Metode penelitian survei. LP3ES.

Muh Fahrozin. (2012). Pengembangan Model Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP. Cakrawala Pendidikan, 31(1), 143–156.

Nurihsan, A. J. (2005). Stategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Refika Aditama.

Nopi, Oktamia Karuniaty S, Mimi Suriatie, S. A..(2021). Model Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Dalam Rangka Pengembangan Karir Pada Siswa Di SMPN 2 Sepang. Suluh : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 48–55.

Rismawati. (2015). Pelaksanaan Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 3 Kandangan. Jurnal Mahasiswa BK An-NUr, 1(1), 64–74.

Tama Bina, T., Handaka Budhi, I., & Mahrgianti, W. (2020). Penerapan Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Mengurangi Penggunaan Media Sosial Pada Siswa Kelas Xi Mipa 1 Sman Boyolangu Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 1031–1037.

Winkel. (2017). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. PT Gramedia.

Zulkarnain, A., & Uzlifah, T. (2020). Bimbingan Klasikal Dalam Membangun Kepercayaan Diri Siswa Kelas X IBB MAN 3 Bantul Yogyakarta. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 8–15. https://doi.org/10.33084/suluh.v6i1.1704

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Maynawati, A. F. R. N. (2023). Penyelenggaraan Layanan Bimbingan Klasikal Secara Daring di SMP Swasta Se-Kabupaten Wonogiri : Implementation Of Online Clasical Guidance Services At Private Junior High Schools In Wonogiri Regency. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 61–66. https://doi.org/10.33084/suluh.v8i2.4218