Penggunaan Media Sosial Terhadap Kepercayaan Diri Remaja
The Use Of Social Media On Adolescent Self Confidience
DOI:
https://doi.org/10.33084/suluh.v8i2.4499Keywords:
remaja, percaya diri, dampak media sosialAbstract
Media sosial bagi remaja sudah menjadi candu yang membuat penggunanya tiada hari tana. Media sosial ini hadir sejalan dengan perkembangan teknologi informasi. Dengan menggunakan media sosial, seseorang bebas berkomentar dan membagikan pendapat dengan pengguna lain. Walaupun media sosial itu sering dipakai untuk menciptakan perasaan baik, tanpa sadar media sosial juga dapat menjadi boomerang bagi mereka sendiri sehingga dapat menimbulkan hal buruk. Dalam penelitian ini memakai metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu dengan menyebarkan angket kepada 10 responden remaja berusia sekitar 15-20 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan dari media sosial terhadap kepercayaan diri pada remaja dan mengetahui dampak dari media sosial. Hasil dari penelitian ini ialah bahwasannya media sosial berdampak positif dan negatif tergantung penggunanya.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Akbar, R. S. (2019). Peran Media Sosial Dalam Perubahan Gaya Hidup Remaja. Universitas Airlangga, 1(1), 1–20. http://repository.unair.ac.id/87338/5/JURNAL RAHMANDIKA S A.pdf
Amin, A. (2018). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Penyesuaian Diri Pada Remaja. Psikologi, 5(2), 79–85.
Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156–168.
Diananda, A. (2019). Psikologi Remaja Dan Permasalahannya. Journal ISTIGHNA, 1(1), 116–133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20
Fronika, W. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Sikap Remaja. Fak. Ilmu Pendidik. Univ. Negeri Padang., 1–15. https://osf.io/g8cv2/download
Harahap, M. A., & Adeni, S. (2020). Tren penggunaan media sosial selama pandemi di indonesia. Jurnal Professional FIS UNIVED, 7(2), 13–23.
Istiani, N., & Islamy, A. (2020). Fikih Media Sosial Di Indonesia. Asy Syar’Iyyah: Jurnal Ilmu Syari’Ah Dan Perbankan Islam, 5(2), 202–225. https://doi.org/10.32923/asy.v5i2.1586
Putri, W. S. R., Nurwati, N., & S., M. B. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.24198/jppm.v3i1.13625
Rais, M. R. (2022). Kepercayaan Diri (Self Confidence) Dan Perkembangannya Pada Remaja. Al-Irsyad, 12(1), 40. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.11935
Ramadhani. (2014). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Citra Diri Pad. Jurnal Psikologi Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, 4, 22–32.
Riyanti, C., & Darwis, R. S. (2021). Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Remaja Dengan Metode Cognitive Restructuring. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 569. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i3.32150
Rosmalina, A., & Khaerunnisa, T. (2021). Penggunaan Media Sosial dalam Kesehatan Mental Remaja. Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 4(1), 49. https://doi.org/10.24235/prophetic.v4i1.8755
Setiadi, A. (2014). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Jurnal Ilmiah Matrik, 16(1).
Siregar, H. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Sosialisasi Pancasila. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 1, 71–82. https://doi.org/10.52738/pjk.v2i1.102
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Imam Sahroni, Annisa Arumaisyah Daulay Arumaisyah Daulay, Indah Suci Fajariah , Illisa Alvi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.