Pemilihan Layanan Penempatan Dan Penyaluran Dalam Pemilihan Jurusan Peserta Didik Kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya

Authors

  • Normalasari Normalasari Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Muhammad Andi Setiawan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v2i2.544

Keywords:

Layanan Penempatan, Pemilihan Jurusan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus survey deskriptif yang diartikan sebagai penelitian yang dilakukan dengan tujuan semata – mata memberikan gambaran tentang sesuatu. Selain itu juga dapat  diartikan sebagai proses pemecahan masalah yang diselidiki dengan melukiskan keadaan subjek dan objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta – fakta yang tampak atau sebagaimana adanya, di sekolah SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya guru bimbingan konseling memberikan informasi yang yang cukup baik kepada peserta didiknya, dalam memberikan layanan bimbingan konseling terutama layanan penempatan dan penyaluran dalam pemilihan jurusan. Kendalanya guru BK tersebut jarng masuk kelas apalagi kalau ada mahasiswa jurusan bimingan konseling yang PPL. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan survey langsung di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya dan wawancara dengan 3 orang peserta didik, 2 orang guru bimbingan konseling dan 1 orang kepala sekolah yang dilaksanakan oleh peneliti untuk mengungkap hasil secara benar dan nyata peneliti menggunakan dokumentasi lapangan sebagai pendukung data yang diperlukan seperti dokumentasi tertulis, catatan lapangan, catatan harian yang berhubungan dengan subjek penelitian serta lampiran daftar gambar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Normalasari Normalasari, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Dimyati, Johni. 2013. Metodologi Penelitian pendidikan & Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Iskandar. 2008.Metodologi Penelitian dan Sosial (kuantitatif dan kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.
Naskah Akademik ABKIN. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Penyelenggaraan Bimbingan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal.
Nurul Zuriah. 2006. MetodologiPenelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta.
PrayitnodanErmanAmti. 2004. Dasar-DasarBimbingandankonseling.jakarta : Rinekacipta.
Prayitno. 2004. Dasar – dasarBimbinganKonseling. Jakarta: RinekaCipta.
Prayitno. 2004. Layanan Penempatan dan Penyaluran. Padang: FKIP Universitas Negeri Padang.
Rozhalina Ayu. 2015. Peran Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Belajar Siswa dalam Mengikuti Pelajaran. Jurnal Bimbingan Konseling. Volume 1. No 1. ISSN 2460. 9722
Sangadji & Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian. Malang: CV Andi Offset.
Suharsimi, Arikunto. 2008. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutrisna. 2013. Bimbingan dan Konseling Pendidikan Formal, Nonformal dan Informal. Yogyakarta : CV. Andi Offset
Susanti. 2013. Pelaksanaan Layanan Penempatan Dan Penyaluran Oleh Guru Pembimbing Dalam Kegiatan Pegembangan Diri Ekstrakurikuler DI SMA Negeri 12 Padang. Jurnal Bimbingan dan konseling. Vol 2, No 1 2013.
Sukardi, Dewa, K. 2000. Pengantar Pelaksanaan Layanan Bimbingandan Konseling di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Suryabrata. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Yusuf, Syamsu dan Juntika Nurishan. 2012. Landasan Bimbingan dan Konseling. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2017-03-30

How to Cite

Normalasari, N., & Setiawan, M. A. (2017). Pemilihan Layanan Penempatan Dan Penyaluran Dalam Pemilihan Jurusan Peserta Didik Kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 42–50. https://doi.org/10.33084/suluh.v2i2.544