Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Metode Problem Solving Berkolaborasi Dengan Metode Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas III Di SD Islam Nurul Ihsan Palangkaraya
Efforts To Improve Ipa Learning Outcomes Using Collaboration Problem Solving Method With Experimental Methods In Grade III Students In Islamic Elementary School Nurul Ihsan Palangkaraya
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v5i1.1182Keywords:
IPA, Metode Problem Solving berkolaborasi dengan Metode EksperimenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Aktivitas peserta didik kelas III SD Islam Nurul Ihsan Palangka Raya pada saat Pembelajaran IPA dengan menggunakan Metode Problem Solving berkaloborasi dengan Metode Eksperimen dan (2) Meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan Metode Problem Solving berkaloborasi dengan Metode Eksperimen pada peserta didik kelas III SD Islam Nurul Ihsan Plangka Raya. Metode yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian 28 peserta didik yang terdiri dari 13 laki-laki dan 15 perempuan kelas III SD Islam Nurul Ihsan Palangka Raya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Aktivitas peserta didik kelas III SD Islam Nurul Ihsan Palangka Raya pada saat pembelajaran berlangsung dengan menggunakan metode Problem Solving berkaloborasi dengan metode Eksperimen pada mata pelajaran IPA materi Energi sudah dalam kategori sangat baik. (2) Ada peningkatan hasil belajaran IPA dengan menggunakan metode Problem Solving berkaloborasi dengan metode Eksperimen pada peserta didik kelas III SD Islam Nurul Ihsan Palangka Raya. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik, pada pre test dengan rat-rata 48,4 dengan ketuntasan klasikal 17%, sedangkan hasil post test siklus I rata-rata 76,7 dengan ketuntasan klasikal yaitu 100%.
Downloads
References
Basonggo Isna, dkk, (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA di Kelas V SDN Meselesek . Palu: Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 2 No. 2 ISSN 2354-614X.
Depdiknas, (2003). Undang-Undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekaeriat Negara.
Hartini Nara dan Eveline Siregar, (2014).Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor : Ghalia Indonesia.
Harmalik Oemar, (2010).Teori Pembelajaran, Jakarta: Indonesia
Ibrahim dan Syaodih ,(2013). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Kurt Lewin ,(2014). Peneltian PTK Model Kurt Lewin. Jakarta: Rineka Cipta
Majid Abdul, (2014). Strategi Pemebelajaran, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, (2014). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana, (2010). Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar, Bandung :
PT Remaja Rosdakarya.
Santi Dewiki & Sri Yuniati, (2013).Ilmu Alamiah Dasar, Jakarta: Universitas Terbuka.
Sardiman. (2012).Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Sri Anitah, dkk, (2012).Strategi Pembelajaran di SD, Jakarta: UT.
Sri Sumarmi, 2011. Perbedaan Hasil Belajar IPA DiTinjau Dari Penggunaan Metode Eksperimen dengan Ceramah Pada kelas IV di SDN Pahandut Tahun Ajaran 2010/2011, Palangkaraya : UMP.
Sugiyono, (2014). Statistik Untuk Penelitian, Bandung: CV. Alfabeta
________, (2016).Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabet.
Sardiman,Arief S(dkk). 2012. Media Pendidikan,pengembangan dan Pemanfaatanya. Depok .Rajawali Pers
Sanjaya Wina. 2013. Media Pendidikan,Jenis,metode dan Prosedur. Jakarta .Predana Media Group.
Patmonodewo. 2013. Teori Pendidikan,Jenis,metode dan Prosedur Belajar . Jakarta .Media Group.
Tim Penyusun, (2014).Buku Pedoman Penulisan Skripsi, Palangka Raya: Universitas Muhammadiyah Palangka Raya.
Wartini Runtuh, 2010. Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Sains Peserta Didik SDN-7Bukit Tunggal Tahun Pembelajaran 2010/2011. Palangka Raya: Universitas Muhammadiyah Palangka Raya.
Zainal, Arifin. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosadakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License