Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Powerpoint Dalam Pembelajaran Tematik
The Development Of Interactive Multimedia Using Powerpoint In Thematic Learning
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v5i2.1437Keywords:
Multimedia Interaktif, Powerpoint, Ilmu Pengetahuan SosialAbstract
Permasalahan ialah guru belum menggunakan media pembelajaran, seperti multimedia interaktif sebagai perantara penyampaian materi kepada siswa, hal tersebutlah yang membuat masih ditemukannya siswa yang pasif selama menerima pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif menggunkan Powerpoint untuk pembelajaran tematik bermuatan ilmu pengetahuan sosial pada siswa kelas IV serta untuk mengetahui kelayakan multimedia interaktif menggunakan Powerpoint berdasarkan penilaian dari validator ahli media, ahli materi, guru kelas IV, dan respon siswa kelas IV. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode Research and Development (R&D). Hasil penelitian menunjukkan multimedia interaktif menggunakan Powerpoint memiliki skor rata-rata, diantaranya ahli media pertama mendapatkan 3,25 kriteria “sangat baik” dan ahli media kedua mendapatkan 2,94 kriteria “baik”, ahli materi mendapatkan 3,60 kriteria “sangat baik” dan guru kelas IV mendapatkan 3,88 kriteria “sangat baik”. Hasil uji coba terbatas terhadap 10 siswa kelas IV mendapatkan skor rata-rata 81.37% kriteria “sangat baik” dan hasil uji coba pemakaian terhadap 21 siswa kelas IV mendapatkan skor rata-rata 84.64% kriteria “sangat baik”. Kesimpulannya berdasarkan rata-rata skor para ahli, guru kelas IV dan respon siswa kelas IV menunjukkan bahwa multimedia interaktif menggunakan Powerpoint yang berfokus pada Tema 5 yakni “Pahlawanku”, Subtema 2 yakni “Pahlawanku Kebanggaanku” pada Pembelajaran 1 dan 5 bagi siswa kelas IV SD Negeri Wirokerten Bantul memiliki kriteria “sangat baik” dan layak digunakan dalam proses pembelajaran pada siswa kelas IV.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Evaluasi Program Pendidikan : Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hendri. 2016. Students’ Ability To Use Descriptive Adjective In Sentence. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 11(1):14-23.
Hidayah, Nurul. 2015. Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. Jurnal TERAMPIL Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. 2 (1):35.
Indriyanti, Ririn. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Materi Penyesuaian Makhluk Hidup Terhadap Lingkungan untuk Siswa Kelas V SD Negeri Depok 1," tidak diterbitkan. Yogyakarta: FKIP Universitas Sanata Dharma.
Miftahuddin. 2016. Revitalisasi IPS dalam Perspektif Global. Jurnal Tribakti. 27 (2):272.
Munir. 2012. Multimedia (Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Paseleng, Mila C. & Arfiyani, Rizki 2015. Pengimplementasian Media Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Scholaria. 5 (2):134.
Permadi, Ade Salahudin & Muchlis Saini. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Peserta Didik. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):20-26.
Putra, Chandra Anugrah. 2017. Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Bitnet : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):1-10.
Riadin, Agung, dkk. 2017. Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Negeri (Inklusi) di Kota Palangka Raya. Anterior Jurnal, 17(1):22-27.
Setyawan, Dedy. 2014. Pembelajaran Matematika yang Mengacu Multiple Inteligences pada Materi Statistik di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Batu. Anterior Jurnal, 14(2):51-58.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tim Dosen Ketamansiswaan. 2016. Materi Kuliah Ketamansiswaan. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
Widoyoko, Eko Putro. 2014. Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License