Implementasi Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif Pada Sekolah Adiwiyata Di Pangkalpinang
The Implementation Of Participatory Environmental-Based Activities In Adiwiyata Schools In Pangkalpinang
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v5i2.1440Keywords:
Implementasi Kegiatan Lingkungan berbasis Partisifatif, Sekolah Adiwiyata, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk implementasi dan faktor penghambat kegiatan lingkungan berbasis partisipatif yang terdapat pada sekolah adiwiyatadi Pangkalpinang. Jenis Penelitian ini deskriftif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument wawancara, dokumentasi dan observasi pada 5 (lima) sekolah dasar sebagai sekolah adiwiyata di Pangkalpinang. Hasil penelitian bentuk implementasi kegiatan lingkungan berbasis Partisipatif; 1) SDN 30 Pangkalpinang berupa pelibatan warga sekolah, orangtua dan masyarakat dalam penanaman, penjagaan dan pemberian dana untuk tanaman yang ada di Sekolah, 2) SDN 15 Pangkalpinang dengan pelibatan pihak sekolah pada penanaman pohon bibit-bibit dikebun ataupun disekeliling sekolah agar sekolah bertambah sejuk dan untuk melatih karakter anak didik, bersama pihak eksternal dengan membuat acara bertema lingkungan, 3) SDN 33 Pangkapinang implementasi denganprogram sistem satu siswa satu pohon untuk menanam dan merawat, dankegiatan daur ulang, 4) SDN 37 Pangkalpinang dengan membuat kerajinan tangan dari sampah, warga sekolah diminta untuk membawa cangkir dari rumah dan tidak menggunakan sampah plastik sekali pakai, tidak mengizinkan pedagang dari luar untuk berjualan cemilan, masyarakat berpatisipasi dalam menjaga lingkungan sekitar sekolah, dan 5) SDN 10 Pangkalpinang melibatkan orangtua melakukan kegiatan tanam bibit pohon danmembuat hidroponik melibatkan siswa untuk ikut serta merawat tanaman secara bergilir di kebun.
Downloads
References
Adam, Ahmad Fajarisma Budi. 2014. “Analisis Implementasi Kebijakan Kurikulum Berbasis Lingkungan Hidup Pada Program Adiwiyata Mandiri di SDN Dinoyo Malang”.Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan (Volume 2, Nomor 2, Juli 2014) Hlm. 166-173.
Angga Swasdita, Fridantara. 2016. Implementasi Program Adiwiyata di SMA N 2 Klaten.Tesis.Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Eka Prihatin. 2011. Teori Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Hendri. 2016. The Use Of Prepositions In The Business Column Of The Jakarta Post. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 11(2):146-152.
Hunger J, David dan Wheelen L, Thomas. 2001. "Manajemen Strategis". Yogyakarta. ANDI
Purwanto, N. 2004. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Putra, Chandra Anugrah. 2017. Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Bitnet : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):1-10.
Riadin, Agung, dkk. 2017. Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Negeri (Inklusi) di Kota Palangka Raya. Anterior Jurnal, 17(1):22-27.
Setiawan, M Andi & Diplan. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Setyawan, Dedy. 2014. Pembelajaran Matematika yang Mengacu Multiple Inteligences pada Materi Statistik di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Batu. Anterior Jurnal, 14(2):51-58.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tim Adiwiyata Tingkat Nasional. 2012. Buku Pedoman Adiwiyata Kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup dengan Kementrian Pendidikan dan Kebundayaan. Jakarta
Yanti Dwi Rahmah, Sjamsiar Sjamsuddin Indradi, Riyanto, dkk. 2014. Implementasi Program Sekolah Adiwiyata (Studi pada SDN Manukan Kulon III/540 Kota Surabaya). Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 2, No. 4, Hal. 753-757
Yasin. 2017. Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Konservasi Lingkungan Hidup Dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi di Madrasah Tsanawiyah Sudirman Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017) . Tesis IAIN Salatiga
Yuanita, Ayen A. 2017. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2017, Bangka Tengah 6 Mei 2017 ISBN: 978-979-19917-9-0
Yuanita, et al. 2019. Pendidikan Lingkungan Hidup. BangkaBelitung: STKIPMBB Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License