Kelayakan Pengembangan Materi Ajar Pokok Bahasan Hak Asasi Manusia Berbasis Multimedia Interaktif Di SMP

Feasibility Of Development Of Teaching Materials Human Rights Based On Interactive Multimedia Based On Junior High School

Authors

  • Isna Fauziah Universitas Palangka Raya
  • Suriansyah Suriansyah Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v5i2.1489

Keywords:

Multimedia Interaktif, Hak Asasi Manusia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif yang layak digunakan sebagai media pembelajaran, serta secara khusus menjadi media yang efektif untuk pembelajaran mandiri dalam memahami materi hak asasi manusia di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi. Kegiatan penelitian ini dilakukan untuk melihat kelayakan dari pengembangan materi ajar pada pokok bahasan hak asasi manusia berbasis multimedia interaktif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes.  Angket digunakan untuk mengumpulkan data kelayakan multimedia interaktif melalui kegiatan validasi ahli di bidang materi dan media, kemudian uji coba produk kepada perorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar. Sedangkan tes yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar dengan menggunakan bahan ajar multimedia interaktif yang dikembangkan melalui tahap uji coba lapangan terhadap 44 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jabiren Raya. Rancangan penelitian ini menggunakan model one group pretest – postest design. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan memahami materi hak asasi manusia dengan menggunakan bahan ajar berbasis multimedia interaktif di peroleh hasil thitung > ttabel (29.792 > 2.029) dan nilai signifikasi 0.000 < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis multimedia interaktif dapat membantu meningkatkan kemampuan memahami materi hak asasi manusia pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Pada penelitian ini tahap penyebaran (desiminasi) belum dapat dilaksanakan karena keterbatasan waktu.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Isna Fauziah, Universitas Palangka Raya

Suriansyah Suriansyah, Universitas Palangka Raya

References

Affandi, Idrus, dkk. 2007. Hak Asasi Manusia. Jakarta: Universitas Terbuka.
Compasia, 2016. 28 Januari 2016. Permasalahan dan Penegakkan Hak Asasi Manusia Di Indonesia.https://www.kompasiana.com/alfiandy/56aa38d163afbdbe0af7501f/permasalahan-dan-penegakkan-hak-asasi-manusia-di-indonesia?page=all. akses pada hari minggu, 28 April 2019 pukul : 20.37 wib
Gino.2006.Pengetahuan Kewarganegaraan. Jakarta:Yudhistira.
M. Muchlas Roziqin, 2018, 09 Mei 2018. Angka Pengganguran di Kalteng Naik. https://www.borneonews.co.id/berita/93503-angka-pengangguran-di-kalteng-naik. di akses pada hari minggu, 28 April 2019 pukul : 20.37 wib
Permadi, Ade Salahudin & Muchlis Saini. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Peserta Didik. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):20-26.
Riadin, Agung & Cici Liani Fitriani. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Berbantuan Media Alat Peraga Konkret Pada Peserta Didik Kelas V SDN-4 Kasongan Baru Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan 13(2):1-5.
Seels, B. B. dan Carey. R (1994). Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya. Diterjemahkan oleh Dra. Dewi S. Prawiradilaga, M.Sc. dkk. Dari buku aslinya Instructional Technology: The Definition and domain of the field. Jakarta: Unit Percetakan Universitas Negeri Jakarta.
Setiawan, M. Andi. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Setyawan, Dedy. 2014. Pembelajaran Matematika yang Mengacu Multiple Inteligences pada Materi Statistik di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Batu. Anterior Jurnal, 14(2):51-58.
Shintaloka Pradita Sicca, 2018. - 7 Mei 2018. BPS: Pengangguran Lulusan Universitas Naik 1,13 Persen", https://tirto.id/bps-pengangguran-lulusan-universitas-naik-113-persen-cJ3h. akses pada hari minggu, 28 April 2019 pukul : 20.37 wib
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Surti, Wayan & Muhammad Jailani. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas Dan Media Kartu Tebak Kata Pada Peserta Didik di SDN 1 Pulau Telo Kuala Kapuas Tahun Ajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 12(2):14-28.
Suteng, Bambang, dkk. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta : Erlangga.
Zanuszewski (2008). Educational technology : A definition with commentary. The state university of new York as postdam.

Downloads

Published

2020-06-25

How to Cite

Fauziah, I., & Suriansyah, S. (2020). Kelayakan Pengembangan Materi Ajar Pokok Bahasan Hak Asasi Manusia Berbasis Multimedia Interaktif Di SMP: Feasibility Of Development Of Teaching Materials Human Rights Based On Interactive Multimedia Based On Junior High School. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 60–67. https://doi.org/10.33084/tunas.v5i2.1489