Kelayakan Pengembangan Materi Ajar Pokok Bahasan Hak Asasi Manusia Berbasis Multimedia Interaktif Di SMP
Feasibility Of Development Of Teaching Materials Human Rights Based On Interactive Multimedia Based On Junior High School
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v5i2.1489Keywords:
Multimedia Interaktif, Hak Asasi ManusiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif yang layak digunakan sebagai media pembelajaran, serta secara khusus menjadi media yang efektif untuk pembelajaran mandiri dalam memahami materi hak asasi manusia di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi. Kegiatan penelitian ini dilakukan untuk melihat kelayakan dari pengembangan materi ajar pada pokok bahasan hak asasi manusia berbasis multimedia interaktif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Angket digunakan untuk mengumpulkan data kelayakan multimedia interaktif melalui kegiatan validasi ahli di bidang materi dan media, kemudian uji coba produk kepada perorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar. Sedangkan tes yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar dengan menggunakan bahan ajar multimedia interaktif yang dikembangkan melalui tahap uji coba lapangan terhadap 44 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jabiren Raya. Rancangan penelitian ini menggunakan model one group pretest – postest design. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan memahami materi hak asasi manusia dengan menggunakan bahan ajar berbasis multimedia interaktif di peroleh hasil thitung > ttabel (29.792 > 2.029) dan nilai signifikasi 0.000 < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis multimedia interaktif dapat membantu meningkatkan kemampuan memahami materi hak asasi manusia pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Pada penelitian ini tahap penyebaran (desiminasi) belum dapat dilaksanakan karena keterbatasan waktu.
Downloads
References
Compasia, 2016. 28 Januari 2016. Permasalahan dan Penegakkan Hak Asasi Manusia Di Indonesia.https://www.kompasiana.com/alfiandy/56aa38d163afbdbe0af7501f/permasalahan-dan-penegakkan-hak-asasi-manusia-di-indonesia?page=all. akses pada hari minggu, 28 April 2019 pukul : 20.37 wib
Gino.2006.Pengetahuan Kewarganegaraan. Jakarta:Yudhistira.
M. Muchlas Roziqin, 2018, 09 Mei 2018. Angka Pengganguran di Kalteng Naik. https://www.borneonews.co.id/berita/93503-angka-pengangguran-di-kalteng-naik. di akses pada hari minggu, 28 April 2019 pukul : 20.37 wib
Permadi, Ade Salahudin & Muchlis Saini. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Peserta Didik. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):20-26.
Riadin, Agung & Cici Liani Fitriani. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Berbantuan Media Alat Peraga Konkret Pada Peserta Didik Kelas V SDN-4 Kasongan Baru Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan 13(2):1-5.
Seels, B. B. dan Carey. R (1994). Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya. Diterjemahkan oleh Dra. Dewi S. Prawiradilaga, M.Sc. dkk. Dari buku aslinya Instructional Technology: The Definition and domain of the field. Jakarta: Unit Percetakan Universitas Negeri Jakarta.
Setiawan, M. Andi. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Setyawan, Dedy. 2014. Pembelajaran Matematika yang Mengacu Multiple Inteligences pada Materi Statistik di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Batu. Anterior Jurnal, 14(2):51-58.
Shintaloka Pradita Sicca, 2018. - 7 Mei 2018. BPS: Pengangguran Lulusan Universitas Naik 1,13 Persen", https://tirto.id/bps-pengangguran-lulusan-universitas-naik-113-persen-cJ3h. akses pada hari minggu, 28 April 2019 pukul : 20.37 wib
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Surti, Wayan & Muhammad Jailani. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas Dan Media Kartu Tebak Kata Pada Peserta Didik di SDN 1 Pulau Telo Kuala Kapuas Tahun Ajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 12(2):14-28.
Suteng, Bambang, dkk. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta : Erlangga.
Zanuszewski (2008). Educational technology : A definition with commentary. The state university of new York as postdam.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License