Meningkatkan Kompetensi Guru SDN 1 Landasan Ulin Utara Dalam Penggunaan Media TIK Berbasis Android Melalui Tutor Sebaya
Improving SDN 1 Landasan Ulin Utara Teachers Competency In The Use Of Android Based ICT Media Through a Tutor
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v6i1.1517Keywords:
TIK, Media Pembelajaran Berbasis AndroidAbstract
Era Revolusi Industri 4.0 menuntut dunia pendidikan untuk meningkatkan budaya literasi data, teknologi, dan manusia bagi pengembangan segala jenis pekerjaan di era ini. Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru terdapat 4 kompetensi yang harus dikuasai guru salah satunya adalah kompetensi pedagogik, seorang guru harus mampu menggunakan serta memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk kepentingan pembelajaran. Oleh karenanya, guru dituntut harus bisa menggunakan dan memanfaatkan TIK sebagai media dalam proses pembelajaran. Penulisan Best Practise ini bertujuan untuk Meningkatkan Kompetensi guru SDN 1 Landasan Ulin Utara dalam penggunaan media TIK berbasis android melalui tutor sebaya Tahun 2019. Subjek yang digunakan dalam best practise ini adalah guru di SDN 1 Landasan Ulin Utara yang berjumlah 31 orang, dari jumlah tersebut hanya 6 orang yang memanfaatkan media pembelajaran berbasis android dalam pembelajaran, setelah pelaksanaan evaluasi dilakukan dengan mengamati peningkatan kompetensi guru setelah mengajar menggunakan IT. Hasil yang dicapai, ada 20 guru yang mampu menggunakan android dalam pembelajaran
Downloads
References
Kusnandi, C. & Sutjipto, B. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital, Bogor: Galia Indonesia.
Djamarah, S. B. & Zain, A. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rieneka Cipta.
Gonzalez, M.A., Martin, M.E.,Liamas, C., 2015. Teaching and learning physicswith smartphones. Journal of Cases on InformationTechnology, 17, 31-50.
Kitchenham, A. 2011. Models for interdisciplinary mobile learning: delivering information to students. Hersey PA: IGI Global.
Kustandi, C., & Sutjipto, B. 2011. Media pembelajaran manual dan digital. Bogor: Ghalia Indonesia, 173.
Laurillard, D. 2007. edagogical forms for mobile learning in: Pachler, N. (ed) (2007) Mobile learning:towards a research agenda. London: WLE Centre, IoE.
McEwan, T. & Cairncross, S. 2004. “Evaluation and multimedia learning objects: towards a humancentred approach”. Jurnal Interactive Technology & Smart Education. 2. pp 101–111
Mulyasa, E. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nomor, P. P. R. I. (32). tahun 2013 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Dokumen Negara.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan kompetensi Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Permadi, Ade S & Rahmani. 2020. Analisis Penerapan Media Pembelajaran Google Apps For Education. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2):48-52.
Putra, Chandra Anugrah. 2017. Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Bitnet : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):1-10.
Rahmawati. 2015. Jurnal Pendidikan. Diakses melalui http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/article/view/727. diakses pada 16 novermber 2019
Rusyan, H.A. T. 2014. Membangun Pendidik Berkualitas. Jakarta: PT. Pustaka Dinamika.
Rogozin. 2012. Physics Learning Instruments of XXI Century. Proceedings of The World Conference on Physics Education 2012.
Rosida. 2017. Pengembangan Bahan Ajar E-Book Interaktif Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Dampak Pencemaran Bagi Kehidupan. Tesis Unila. Bandar Lampung: Universitas Lampung
Semi, A.M, 2008. Trampil Berdiskusi dan Berdebat. Bandung. Titian Ilmu.
Scott B. & Cong, C. 2010. “Evaluating course designprinciples for multimedia learning materials”. Jurnal Campus-Wide Information Systems 27 (5). pp 280-292
Suryo, M. dan Amin, M. 1982. Pengajaran Remedial.Jakarta: DepdikbudP2BSPG.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License