KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI KOMPUTER PENGISIAN E-RAPOR DI SDN 1 SUNGAI BESAR KOTA BANJARBARU
Teacher’s Ability To Use E-Report Card Computer Applications at SDN 1 Sungai Besar In Banjarbaru City
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v6i1.1518Keywords:
E-raport, Best Practise, TIKAbstract
E-rapor merupakan program pemerintah dalam pengembangan penilaian berbasis komputer yang dilaksanakan oleh guru. Menurut beberapa peneliti, e-Rapor bermanfaat dalam membantu guru dan wali kelas dalam mengelola nilai rapor dan lebih memudahkan dalam menyiratkan kemampuan siswa yang tidak hanya dalam bentuk angka tetapi juga dalam bentuk deskripsi. Penulisan best practise ini betujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi komputer pengisian e-Rapor di SDN 1 Sungai Besar Kota Banjarbaru. Subjek yang digunakan dalam best practise ini adalah guru di SDN 1 Sungai Besar sebanyak enam belas orang. Sebelum diadakannya pelatihan program e-Rapor, hanya empat orang guru yang mampu mengaplikasikan e-Rapor. Setelah diadakannya pelatihan, jumlah guru yang kompeten dalam menggunakan aplikasi e-Rapor bertambah delapan orang sehingga total guru yang sudah mampu menguasai e-Rapor menjadi dua belas orang.
Downloads
References
Juliantri, L. A. 2017. Pengembangan e-Rapor Kurikulum 2013 Berbasis Web di SMK Negeri 1 Slawi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(1): 11-16.
Kusnandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasakan Kurikulum 2013). Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Lusiana, E. 2019. Rancang Bangun Sistem Informasi Rapor Online Berbasis Web di Sman 2 Singingi. Jurnal Perencanaan, Sains dan Teknologi (Jupersatek), 2(1), 30-39.
Marinata, Y. 2019. Persepsi Guru Terhadap Penggunaan Aplikasi E-Rapor SMP Dalam Melaporkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Se-Kecamatan Prabumulih Timur. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya, Palembang.
Nurani, D., Supriatin, S., Puspasari, M., & Rachmawati, A. 2015. Aplikasi e–Rapor Berbasis Web pada SMPN 1 Tempuran. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 3(1), 4-7.
Permadi, S Ade & Febriana Mentari. 2020. Penerapan Media Pembelajaran Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Di SMP Negeri 1 Kahayan Kuala. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(1):55-62.
Prasetijo, L. H., Syah, F., Wibowo, S. H. S., Ardanu, F., & Utami, E. 2016. Penerapan Pendekatan Model Waterfall dalam Pengembangan Sistem E-Rapor. Jurnal Teknologi Technoscientia, 39-47.
Pusparani, I. 2017. Efektifitas Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Berkesulitan Belajar Membaca. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Putra, D. M. D. U., & Ariansidi, M. 2019. Rancang Bangun Sistem Informasi Pengolahan Nilai Rapor Berbasis Web Pada SMK Negeri 1 Kotaraja. Jurnal Sistem Informasi dan Komputer Terapan Indonesia (JSIKTI), 2(2), 53-64.
Putra, Chandra Anugrah. 2017. Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Bitnet : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):1-10.
Putri, A. E. 2020. Analisis Kualitas Konten dan Akurasi Terhadap Kepuasan Guru Menggunakan Aplikasi E-Rapor di SMK Negeri 3 Pariaman. Al Murabbi, 5(2), 73-82.
Rahman, I. H., & Nurahman, N. 2020. Pembaruan Teknologi Informasi Pendidikan di Kotawaringin Timur Untuk Penilaian Dalam Pembelajaran K13 Berbasis Web. Resolusi: Rekayasa Teknik Informatika dan Informasi, 1(2), 78-84.
Sartika, 2016. Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Penjualan Komputer dan Asesoris Pada Toko Mujahidah Komputer Berbasis Web. Journal Vokasional Teknik Elektronika & Informatika, IV (1): 1-6.
Solichin, A., & Kristanto, D. 2019. Implementasi dan Pelatihan Penggunaan E-Rapor Berbasis Web untuk Penilaian Siswa pada SMP Mitra Bintaro Kota Tangerang. SENABDIKOM, 1(1), 12-17.
Susilowati, E. B, & Ashari, A. 2013. Pengembangan Sistem Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Web Studi Kasus di SMA Negeri 1 Surakarta. IJCCS 7(2): 199-208.
Yuniar, D. 2020. Penerapan Bimbingan Teman Sejawat Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru SMP 7 Toboali dalam Penilaian Berbasis E-Rapor. Jurnal Pendidikan Payan Mas, 4(3), 109-115
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License