Tantangan Pembelajaran Abad-21: Mewujudkan Kompetensi Guru Kelas Dalam Mengaplikasikan Metode Pengajaran Bahasa
History Teacher's Perception Of The Existence Of The Balanga Museum Related To History Learning In Sma Negeri 4 Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v6i2.2519Keywords:
Abad 21, Bahasa Indonesia, Kompetensi Guru Kelas, Metode Pengajaran Bahasa, Tantangan PembelajaranAbstract
Pembelajaran abad-21 menyajikan banyak tantangan bagi kompetensi guru bahasa, tak terkecuali guru kelas yang juga mengajarkan bahasa untuk dapat mewujudkan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang efektif di SD/MI. Kompetensi guru kelas di era digital pembelajaran abad-21 ini tak hanya dituntut untuk mampu mengaplikasikan pengetahuan teknologinya, tetapi juga mampu mengaplikasikan pengetahuan pedagogiknya dalam kelas yang diampunya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan acuan pustaka kepada guru kelas dalam usahanya menguasai dan mengaplikasikan metode pengajaran bahasa pada pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD/MI sebagai upaya untuk memenuhi standar salah satu kompetensi pedagogik guru kelas dalam mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD/MI. Penelitian ini merupakan jenis studi pustaka (Library Research) yang dilaksanakan dengan menggunakan metode sembilan langkah dalam proses penelitian studi pustaka model Mary W. George. Hasil penelitian ini menyajikan secara deskriptif sepuluh metode utama pengajaran bahasa yang dikembangkan oleh Tarigan (2011) yang dapat dijadikan pustaka acuan bagi guru kelas untuk menguasai dan mengaplikasikan metode pengajaran bahasa dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD/MI sesuai dengan kelas yang diampunya.
Downloads
References
Dikti. (2007). Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007: Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Diterbitkan kembali tahun 2017 oleh Kemendikbud.Jakarta: Kemendiknas.
Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., Saddhono, K. (2019). The use of wondershare filmora version 7.8.9 media apps in flipped classroom teaching. Review of Computer Engineering Studies, 6(3), 51-55. https://doi.org/10.18280/rces.060301
Henderson, K. (2017). Teacher language ideologies mediating classroom-level language policy in the implementation of dual language bilingual education. Linguistics and Education Journal. Vol. 47. 21-33.
Hosoda, Y. (2014). Missing response after teacher question in primary school English as a foreign language classes. Linguistics and Education Journal. Vol. 28. 1-16.
http://kbi.kemdikbud.go.id/kbi_back/file/dokumen_makalah/dokumen_makalah_1540468786.pdf
http://staffnew.uny.ac.id/upload/132231576/pengabdian/ppm-permainan-bahasa.pdf Diunduh tanggal 24 September 2020.
https://doi.org/10.1016/j.linged.2014.08.002
https://doi.org/10.1016/j.linged.2017.08.003
https://doi.org/10.1016/j.linged.2019.06.004Get rights and content
https://id.scribd.com/document/467721831/Makalah-Prosiding-LPPM-UPR-2019
https://media.neliti.com/media/publications/79390-ID-isu-isu-kritis-dalam-pendidikan-mengenai.pdf
https://www.kompasiana.com/syarif1970/551b0499813311b37f9de2f9/pembelajaran-bahasa-indonesia-ke-mana-arahnya?page=3. Diunduh tanggal 24 September 2020.
https://www.researchgate.net/publication/326379824_Pembelajaran_Bahasa_Indonesia_dan_Sastra_BASASTRA_di_SD_dan_MI
Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. Artikel. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 2, No. 1, Hal 81-98.
Listiyorini, A. (2018). Kondisi Pembelajaran Bahasa Indonesia, Faktor-faktor Penyebab, dan Solusinya. Artikel. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogya.
Mardiana, D. (2019). Pelatihan Penggunaan Metode Pengajaran Bahasa dalam Perangkat RPP Tematik Terpadu Bagi Guru Kelas di SD Muhammadiyah Pahandut. Prosiding Seminar Nasional Hasil-hasil Penelitian dan Pengabdian “Pengelolaan Daerah Alairan Sungai dan Lahan Gambut Secara Berkelanjutan”. Palangkaraya. 18-19 Desember 2019.
Mendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016: Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta:
Mendikbud. (2018). Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018: Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Misyanto. Agung Riadin dan Dwi Sari Usop. 2019. Pelatihan Teknik Permainan Konsentrasi pada Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Pahandut Palangka Raya. PengabdianMu : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 4:2(130-134).
Riadin, Agung, Muhammad Jailani dan Ummi Qudsiyah. 2020. Optimalisasi Kompetensi Dan Kinerja Guru Ekonomi Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemic Covid-19 Berbasis ICT. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri). 4:6(1250-1261).
Ritonga, D.I. (2019). Isu-isu Kritis dalam Pendidikan Mengenai Kompetensi Dosen/ Guru pada Abad-21. Jurnal FBS Universitas Negeri Medan.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suwandi, S. (2018). The Challenges to Realize the Effective Learning Of Indonesian Language and Literature In the Industrial Revolution Era 4.0. Makalah Ilmiah disampaikan dalam “Kongres Bahasa Indonesia XI Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan”, Jakarta, 28-31 Oktober.
Tarigan, H.G. (2009). Strategi Pengajaran dan Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, H.G. (2011). Pengajaran dan Pemerolehan Bahasa. Bandung: Angkasa.
Tim PPG-SD Daljab. (2018). Modul 5: Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjen Belmawa Kemristekdikti.
Tim PPG-SD Daljab. (2019). Modul Kompetensi Pedagogik: Program PPG-SD Daljab. Jakarta: Dirjen Belmawa Kemristekdikti.
van Rijt, J.H.M, de Swart, P.J.F, Wijnands, A., dan Coppen, P.A. J.M. (2019). When students tackle grammatical problems: Exploring linguistic reasoning with linguistic metaconcepts in L1 grammar education. Linguistics and Education Journal. Vol. 52. 78-88.
Warren, A.N dan Lester, J.N. (2020). How teachers deliberate policy: Taking a stance on third grade reading legislation in online language teacher education. Linguistics and Education Journal. Vol. 57. https://doi.org/10.1016/j.linged.2020.100813
Yunus, S. (2012). Kemana Arah Pembelajaran Bahasa Indonesia? Artikel.
Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta, Indonesia: Yayasan Obor Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License