Penggunaan Metode Montessori Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Disabilitas
Using The Montessory Method To Develop The Cognitive Ability Of Children With Disabilities
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v6i2.2520Keywords:
Metode Montessori, Kemampuan Kognitif, Anak DisabilitasAbstract
Penggunaan metode sangat diperlukan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak, khususnya anak disabilitas. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan, yakni metode Montessori, yakni metode yang mengoptimalkan stimulus indrawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbasis literatur. Mengkaji berbagai literatur guna memperdalam ilmu mengenai ketajaman metode Montessori mengembangkan kemampuan anak disabilitas. Hasil penelitian membuktikan bahwa metode Montessori efektif digunakan dalam pembelajaran bagi anak disabilitas bersama-sama dengan penggunaan terapi yang diberikan pada anak.
Downloads
References
Cipta, D.A.S; Avianty, D; Kurniawati, A. (2020). Analisis Berpikir Kritis Siswa Penyintas Pervasive Developmental Disorder-Not Otherwise Specified dalam Matematika Montessori. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 5(2), 159-164.
Departemen Pendidikan Nasional. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Edisi Keempat. Jakarta : PT. Gramedia
Fatchurahman M., Setiawan M.A., Karyanti K. 2021.The development of group healing storytelling model in multicultural counselling services in Indonesian schools: Examination of disciplinary cases. The Education and science journal. 23(4):157-180.
Gkeka, E.G. & Drigas, A.S. (2017). ICTs and Montessori for Learning Disabilities. iJES, 5(3), 77-84
Infodatin. (2019). Disabilitas dalam file:///C:/Users/Acer/Downloads/infodatin-disabilitas.pdf. Diakses 11 November 2020
Janah, Nuria Miftakul. (2020). Intervensi Kejelasan Berbicara Anak Tunagrahita melalui pemodelan berbasis Video. Inklusi : Journal of Disability Studies, 7(1), 1-20
Kirana, Alfisyhr dan Dewi Nurul Fitria Kumala. (2018). Penerapan Metode Montessori untuk Anak Down Syndrome. Ceria : Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 50-55.
Marks, Laura. (2017). Playing to Learn: an overview of the Montessori Approach with pre-school children with Autism Spectrum Condition. Support for Learning, 3(4), 313-328.
Mellawaty dan Aisah, Lusi Siti. (2019). Integrasi Model Montessori pada siswa Tuna Grahita Ringan : Eksplorasi Desain, dan Implementasi dalam Materi Perkalian. MATHLINE : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 139-147
Novita, Naomi. (2020). Manfaat Metode Montessori dalam Terapi untuk Anak Autis dan Down Syndrom dalam https://www.liputan6.com/disabilitas/read/4195338/manfaat-metode-montessori-dalam-terapi-untuk-anak-autis-dan-down-syndrome. Diakses 21 Agustus 2020
Ratner, F.L. & Efimova, V.L. (2016). Integrating the Educational Principles of Maria Montessori in the Procees of Pedagogical Support for Pupils with Learning Disabilities. International Review of Management and Marketing. 6(S3), 118-124
Reed, Stephen, K. (2011). Kognisi : Teori dan Aplikasi. Jakarta : Penerbit Salemba Humanika
Riadin Agung dkk. 2017. Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Negeri (Inklusi) Di Kota Palangka Raya. Anterior Junal. 17(1):22-27.
Rosyendra, V.H.; Yuwono, E.C; Mardiono, B. (Tanpa Tahun). Perancangan Media Interaktif Pengenalan Area Publik untuk Anak-anak Penyandang Disabilitas Tunanetra Usia 4-6 tahun dalam https://media.neliti.com/media/publications/79336-ID-perancangan-media-interaktif-pengenalan.pdf. Diakses 22 Juli 2020.
Savitri, Ivy Maya. (2019). Montesori for Multiple Intelligences : Optimalkan Kecerdasan Anak dengan Montessori. Yogyakarta : Bentang Pustaka
Syafile, Inu Kencana. (2010). Pengantar Filsafat. Bandung. PT. Refika Aditama
Wulandari, Suci & Prasetyaningrum, Susanti. (2018). Media Stamp Game untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Slow Learner di Sekolah Dasar. Psympathic : Junal Ilmiah Psikologi, 5(2), 131-148
Zahira, Zahra. (2019). Islamic Montessori : Panduan Mendidik Anak dengan Metode Montessori dan Pendekatan Nilai-Nilai Islami (Montessori Activity for 0-3 Years Old). Jakarta : Anak Kita
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License