Kemampuan Anak Usia 3 Tahun Memperoleh Bunyi Vokal Dan Konsonan Dalam Bahasa Dayak Ngaju

The Ability Of Children Aged 3 Years In Obtaining Vowel And Consonants Sound In The Language Of Dayak Ngaju

Authors

  • Lastaria Lastaria Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Dwi Sari Usop Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v5i1.1185

Keywords:

Pemerolehan Bahasa, vokal, konsonan, Bahasa Dayak Ngaju

Abstract

Bahasa Dayak Ngaju pada umumnya memiliki ciri khas tersendiri yang mana dalam pelafalan vokal dan konsonan juga terdapat perbedaan khusunya pada vokal (e dan o). Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun yang menjadi objek penelitian ialah anak berusia 3 tahun yang kesehariannya menggunakan bahasa Dayak Ngaju. Pada tataran vokal dalam bahasa Dayak Ngaju dapat dillafalkan anak dengan jelas, sedangkan pada pemerolehan konsonan ada beberapa konsonan yang tidak dapat dilafalkan sesuai degan posisinya masing-masing. Hambatan pemerolehan konsonan pada anak usia 3 tahun terdapat pada konsonan yang terletak pada: konsonan pada posisi awal [d, g, j, l, n, r, dan s], posisi tengah [j, l, r, s], dan hambatan konsonan pada posisi akhir, hanya ada huruf [r]. Dalam hal ini tampak bahwa bentuk vokal dan konsonan dalam bahasa Dayak Ngaju cenderung lebih mudah untuk dikuasai anak usia 3 tahun dibandingkan penggunaan vokal dan konsonan dalam bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Lastaria Lastaria, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Dwi Sari Usop, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Dardjowidjojo, Soenjono. (2000). Echa Kisah Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia. Jakarta: PT Grasindo.
Iper, Dunis. (2007). Moluk Aku Sinta Basa Dayak Ngaju. Palangkaraya: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Kridalaksana, Harimurti. (2008). Kamus Linguistik. Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Marsono. (2013). Fonetik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Suhartono. (2005). Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Tarigan, Henry Guntur. (1984). Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Tim Pengembang Pedoman Bahasa Indonesia. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2019-12-27

How to Cite

Lastaria, L., & Sari Usop, D. (2019). Kemampuan Anak Usia 3 Tahun Memperoleh Bunyi Vokal Dan Konsonan Dalam Bahasa Dayak Ngaju: The Ability Of Children Aged 3 Years In Obtaining Vowel And Consonants Sound In The Language Of Dayak Ngaju. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 14–21. https://doi.org/10.33084/tunas.v5i1.1185