Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa SD Kelas Rendah di SDN 7 Langkai Palangkaraya

Analysis Of Beginning Difficulties of Reading in Low Grade Elementary Students at SDN 7 Langkai Palangkaraya

Authors

  • Siti Arnisyah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Husni Dwi Syafutri Universitas Adiwangsa Jambi
  • Lastaria Lastaria Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v8i1.4491

Keywords:

Membaca Permulaan, Kesulitan Membaca

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan dalam membaca permulaan pada peserta didik di SD 7 Langkai, Kota Palangkaraya. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah banyaknya peserta didik di kelas rendah yang mengalami kesulitan dalam membaca. Tentu saja ini menjadi perhatian dalam dunia Pendidikan. Kemampuan membaca merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Jika kemampuan ini tidak diperoleh secara utuh di kelas rendah, tentu akan berdampak pada pemerolehan ilmu pengetahuan pada jenjang kelas selanjutnya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang berfokus pada studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi.  Pengumpulan data wawancara dan observasi dihimpun dalam bentuk catatan deskripsi yaitu data alami yang diperoleh tanpa melakukan interpretasi terhadap data tersebut. Reduksi data dilakukan dengan melakukan seleksi, membuat catatan singkat, menggolongkan data untuk mempertegas agar dapat ditarik simpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) di kelas 1 ditemukan 15 siswa yang memiliki kesulitan dalam membaca. Dari 15 siswa tersebut, 10 siswa kesulitan dalam menghafa abjad dari A-Z. Sedangkan 5 siswa yang lain adalah siswa yang mengalami kesulitan dalam membedakan huruf yang memiliki bentuk yang hampir sama seperti huruf b dan d, huruf p dan q, huruf I kapital dan huruf l kecil.  (2) Di kelas 2 hampir semua belum bisa membaca, dengan kriteria 10 siswa mengalami kesulitan dalam mengeja huruf yang memiliki lebih dari tiga suku kata, contohnya seperti pada kata ‘pelangi [pe-la-ngi]’. Sedangkan tiga siswa yang lainnya adalah siswa yang memiliki kesulitan dalam mengenal huruf A-Z. (3) 12 orang siswa belum bisa membaca lancar. Ke-12 siswa tersebut memiliki kesulitan dalam mengeja huruf dalam satu kalimat sederhana.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Siti Arnisyah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Husni Dwi Syafutri, Universitas Adiwangsa Jambi

Lastaria Lastaria, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2020. Fokus Pembelajaran SD, SMP, SMA. Jakarta: BSNP.

Chaer, Abdul (2007). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Krissandi, Apri Damai Sagita, dkk. 2018. Pembelajaran Bahasa indonesia untuk SD. Bekasi: Media maxima.

Markhamah. 2009. Ragam dan Analisis Kalimat. Surakarta: MUP.

Oktadiana, Bella. 2019. Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas II Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), Volume 5 No. 2, Desember 2019.

Rohana dan Syamsudin. 2021. Keterampilan Barbahasa Indonesia Sekolah Dasar. Makassar: ResearchGate

Slamet, St.Y. 2017. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: UNS Press.

Soedarso. 2010. Speed Reading. Jakarta: Kompas Gramedia.

Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarya: Graha Ilmu.

Tarigan, Hendry Guntur. 1986. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Herawati, N., Faizah, D. U., Nuraini, B., Anggraeni, A., & Yusuf, S. (2018). Panduan Pelaksanaan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (GERNAS BAKU). Kemdikbud.

Widyaningrum, H. K., & Hasanudin, C. (2019). Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) di Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(2), 189–199. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2219

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Arnisyah, S., Syafutri, H. D., & Lastaria, L. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa SD Kelas Rendah di SDN 7 Langkai Palangkaraya: Analysis Of Beginning Difficulties of Reading in Low Grade Elementary Students at SDN 7 Langkai Palangkaraya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 60–66. https://doi.org/10.33084/tunas.v8i1.4491