Manajemen Pembinaan Budaya Religius Siswa di SMA Muhammadiyah Katingan Tengah Kabupaten Katingan
Management of Student Religious Culture Development at SMA Muhammadiyah Katingan Tengah, Katingan Regency
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v6i2.2523Keywords:
Manajemen, Pembinaan, Budaya ReligiusAbstract
Manajemen pembinaan budaya religius siswa di SMA Muhammadiyah Katingan Tengah Kabupaten Katingan merupakan pengelolaan pembinaan kepada siswa dalam meningkatkan budaya religius di sekolah. Budaya religius merupakan pembiasaan nilai-nilai religiusitas siswa dalam aktivitas sehari-hari yang dapat memperbaiki sikap dan moralitas siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Manajemen pembinaan budaya religius siswa di SMA Muhammadiyah Katingan Tengah Kabupaten Katingan meliputi perencanaan budaya religius, pengorganisasian budaya religius, pelaksanaan budaya religius dan pengawasan budaya religius. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah 5 orang guru pembina dengan informan pendukung Kepala Sekolah, Orang tua Siswa dan Siswa Siswi SMA Muhammadiyah Katingan Tengah.Hasil penelitian menunjukan manajemen pembinaan budaya religius telsh berjalan secara efektif. Perencanaan dilakukan melibatkan seluruh komponen dari komite sekolah, yayasan, guru dan orang tua siswa. Perencanaan meliputi materi, ketenagaan(pembina) dan metode pembinaan budaya religius siswa. Pengorganisasian dilakukan dengan menetapkan sumber daya manusia seperti penanggung jawab (kepala sekolah, dan ketua tim), sedangkan sebagai pelaksana adalah pembina/guru yang telah ditetapkan oleh kepala sekolah. Pelaksanaan pembinaan budaya religius selama 1 tahun dengan materi sholat wajib dan sunnah, membaca Alquran, infaq, berbusana muslim, pesantren Ramadhan dan kultum (ceramah). Pengawas dilakukan dalam 2 (dua) kegiatan yaitu monitoring dan evaluasi, dengan melakukan pengawasan dari awal kegiatan hingga akhir. Pengawasan dilakukan oleh kepala sekolah dan ketua tim sesuai dengan surat tugas yang diberikan.
Downloads
References
Ancok, Djamaluddin, Psikologi Islam: Solusi Islam atas Problem-problem Psikologi. Yogyakarta: PustakaPelajar. 1995.
Dadang Kahmad, Sosiologi Agama. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, KamusBesar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Balai Pustaka. 1991.
Hasbullah, Otonomi Pendidikan, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2006
Jailani, Muhammad dan Elly Warnisyah. 2018. Persepsi Dan Ekspetasi Pemangku Kepentingan Pada Peran Lulusan Studi Agama-Agama Dalam Membangun Kerukunan Antar Umat Beragama Di Kota Medan. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UINSU Medan.
Kholqillah, Ali Mas’ud, Serial Khutbah Jum‟at Pembangunan Berwawasan Kesalehan. Surabaya: Alpha, 2007
Mukhtar dan dan Iskandar, Orientasi Baru Supervisi Pendidikan, Jakarta: Referensi,
Riaidin, Agung dan Ade Sallahudin Permadi. 2019. Implementasi Pembelajaran PKN untuk Membentuk Pribadi yang Berkarakter di SD Muhammadiyah Sampit. Pedagogik: Jurnal Pendidikan. 14:1(18-28).
Surjanto, Teknik Pengumpulan Data, dalam Metodologi Penelitian Agama, pendekatan multidisipliner. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UIN Sunan Kalijaga, 2006.
Syar’I, Ahmad, Aspirasi Pendidikan Anak suatu keharusan, Palangkaraya, K-Media, 2020.
Umi Kulsum, Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Paikem: Sebuah Paradigma Baru Pendidikan di Indonesia. Surabaya: Gena Pratama Pustaka, 2011.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License