Penerapan Model Somatis Auditori Visual Intelektual (Savi) Pada Materi Bangun Ruang Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
Application Of The Auditory Visual Intellectual Somatic Model (Savi) On The Solid Figure Materials On Student Mathematics Learning Outcomes
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v6i2.2526Keywords:
Model Pembelajaran SAVI, Model Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika dari penerapan model pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) dan model pembelajaran langsung pada materi bangun ruang kubus dan balok siswa di kelas VIII SMP.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMPN 1 Astambul dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIIID sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIA sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya tes, angket, dokumentasi, observasi dan wawancara. Pengolahan data menggunakan teknik analisis deskriptif untuk mengetahui gambaran data yang diperoleh serta analisis inferensial dengan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran SAVI dan siswa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung.
Downloads
References
Margono, S. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Meier, D. 2003. The Accelerated Learning Handbook: Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan. Diterjemahkan oleh Rahmani Astuti. Bandung: Kaifa.
Nasution S. 2006. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Permadi, Ade Salahudin. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Dengan Media Konkret Pada Peserta Didik Kelas IV SDN-3 Telangkah Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik : Jurnal Pendidikan. 13:2(23-28).
Putra, Chandra Anugrah. 2015. The Effect Of Problem Based Learning Learning On Mathematics Student Learning Outcomes Discussion On The Cost Of Sequence And Series. Jurnal : INTERNATIONAL SEMINAR ON QUALITY AND AFFORDABLE EDUCATION 2015. 4:58(582).
Rahmat, A. 2010. Pengantar Pendidikan. Bandung: MQS Publishing.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Setyawan,Dedy dan Chandra Anugrah Putra. 2020. Pengaruh Logic-Mathematic Intelligence Dan Cognitive Load Theory Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Holistika. 4:2(96-100).
Sidjabat, B.S. 2008. Teori Pembelajaran Aktif dalam PAK (online, http//titarus.not), diakses 10 Juni 2021
Syaodih, N. S. 2009. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License