Persepsi Guru Sejarah Terhadap Keberadaan Museum Balanga Berkaitan Dengan Pembelajaran Sejarah Di Sma Negeri 4 Palangka Raya
History Teacher's Perception Of The Existence Of The Balanga Museum Related To History Learning In Sma Negeri 4 Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v6i2.2527Keywords:
Persepsi, Museum Balanga, Pembelajaran SejarahAbstract
Museum Balanga memiliki fungsi sebagai pengembangan pendidikan suku Dayak di Kalimantan Tengah, termasuk koleksi dan dokumentasi benda budaya (artefak) dan sumber daya alam, perolehan dan konversi benda budaya untuk dipamerkan, serta penyajian budaya. objek sehingga dapat ditampilkan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Persepsi Guru Sejarah tentang Keberadaan Museum Balanga Berkaitan dengan Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 4 Palangka Raya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Persepsi Guru Sejarah tentang Keberadaan Museum Balanga Berkaitan dengan Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 4 Palangka Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dimana gejala dalam penelitian ini tidak bersifat sebab-akibat (kausal), tetapi lebih bersifat reciprocal (saling mempengaruhi), sehingga penelitian ini tidak mencari pengaruh antar variable, melalui pengujian hipotesis, tetapi ingin merekonstruksikan gejala dalam satu model hubungan reciprocal. Dalam reciprocal tidak diketahui hubungan sebab dan akibat, karena semuanya berinteraksi. Penelitian ini tidak menguji hipotesis, tetapi menemukan hipotesis.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan 3 metode yaitu, (1) observasi, (2) wawancara, (3) studi dokumen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pembelajaran materi sejarah menggunakan museum Balanga telah diterapkan di SMA Negeri 4 Palangka Raya. Siswa SMA Negeri 4 Palangka Raya menjadi lebih termotivasi dalam belajar karena cara belajarnya sambil berwisata sejarah sehingga tidak membosankan. Kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap pembelajaran siswa SMA Negeri 4 Palangka Raya pada obyek pembelajaran dengan menggunakan museum Balanga terhadap perilaku siswa dalam mengikuti pembelajaran sejarah itu sendiri.
Downloads
References
Brian Garvey, Marry Krug. 2017. Model-Model Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah. Yogyakarta: Ombak
Dewanto. 2005. Metodologi Penelitian, tinjauan filosofis dan praksis. Semarang: UPT UNNES Press.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Ega Rima Wati. 2017. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena
Kartodirjdo, Sartono. 1982. Pemikiran dan Perkembangan Historiografi: Suatu Alternatif. Jakarta : Gramedia.
Hadi, Sutrisno. 2004. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi.
Margono, S. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rinika Cipta.
Miles, B Matthew & A. Michael Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif.
Moh. Ali. 2005. Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia. Yogyakarta: LkiS
Nurhajjah, N Badarudin, B & Rahmawati, B. F. 2020. Persepsi Guru Sejarah Terhadap Eksistensi Meseum Negeri NTB Sebagai Sumber Belajar Dan Media Pembelajaran. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan.4(1): 14-23.
Rahmat, Jalaluddin. 2004. Psikologi Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sutopo, H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif (Dasar Teori Dan Terapannya Dalam Penelitian). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Nurhajjah, N., Badarudin, B., & Rahmawati, B. F. (2020). Persepsi Guru Sejarah Terhadap Eksistensi Museum Negeri NTB Sebagai Sumber Belajar Dan Media Pembelajaran. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 4(1), 14–23.
Prasetyo, D. D. (2013). 3101408065.
Rahmat, Jalaluddin. 2004. Psikologi Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Permadi, Ade Salahudin, Arna Purtina dan Muhammad Jailani. 2020. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6:1(16-21).
Riadin, Agung dan Ade Salahudin Permadi. 2019. Implementasi Pembelajaran PKN Untuk Membentuk Pribadi Yang Berkarakter Di SD Muhammadiyah Sampit. Jurnal Pedagogik : Jurnal Pendidikan. 14:1(18-28).
Setiawan, M Andi dan Agung Riadin. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Dengan Bimbingan Teman Sebaya Berbasis Nilai-Nilai Huma Betang. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia). 6:1(27-31).
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susanto, H. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah. In Yogyakarta : Aswaja Presisndo. Www.Aswajapressindo.Co.Id
Susanto, H. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah. In Yogyakarta : Aswaja Presisndo. Www.Aswajapressindo.Co.Id
Sutopo, H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif (Dasar Teori Dan Terapannya Dalam Penelitian). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Suwarno, Eko Suwito. 1993. Pengajaran Sejarah ” Dari Deskriptif Menuju Kesadaran”. Dalam Paramida No 3 Tahun III September 1993
Suwarno, Eko Suwito. 1993. Pengajaran Sejarah ” Dari Deskriptif Menuju Kesadaran”. Dalam Paramida No 3 Tahun III September 1993
Teknologi, J. P., Issn, K. B., Program, S., Pendidikan, S., Pendidikan, J., Pengetahuan, I., Keguruan, F., Pendidikan, I., Palangkaraya, U. P., Putih, H., Km, T. R., Raya, P., Persepsi, A., Studi, P., & Sejarah, P. (2016). Perception Of History Education College Student About History Education Program Study (University Pgri Palangkaraya Class Of 2014 Case Persepsi Mahasiswa Pendidikan Sejarah Terhadap Program Studi Pendidikan Sejarah (Studi Kasus Di Universitas PGRI Palangkaraya Angkatan 2014). 4(2), 49–57.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License