Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tradisi Robo-Robo Di Sekolah Dasar
Internalization Of The Local Wisdom Values Of Robo-Robo Tradition In Elementary School
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v7i1.2874Keywords:
Kearifan Lokal, Mempawah, Robo-Robo, SekolahAbstract
Menanamkan nilai budaya lokal kepada generasi penerus melalui pendidikan sekolah sangat diperlukan agar mereka tahu dan sadar bahwa budaya sebagai identitas jati diri suku bangsa harus terus dilestarikan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai tradisi robo-robo di SDN 17 Mempawah Hilir di Kabupaten Mempawah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif-kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut: Robo-robo merupakan tradisi budaya yang dilaksanakan pada hari Rabu pekan terakhir dibulan Safar dalam rangka menolak bala dan memperingati tapak tilas kedatangan Opu Daeng Manambon beserta rombongan ketika memasuki negeri Mempawah. Semua masyarakat dan instansi turut memeriahkannya termasuk sekolah. Banyak nilai-nilai yang patut kita junjung tinggi dalam budaya robo-robo untuk diinternalisasikan kepada anak diantaranya, nilai religi, nilai hormat kepada leluhur, nilai sosial budaya dan nilai keberagaman. Proses internalisasi dipraktekkan langsung dalam proses rangkaian acara robo-robo dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Downloads
References
Mumpuniarti (2012) ‘Pembelajaran Nilai Keberagaman Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Inklusi’, Jurnal Pendidikan Karakter, II(3), pp. 248–257. doi: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.1231.
Natsir dkk (2017) Ritual Ziarah Makam Opu Daeng Manambon Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat. Yogyakarta: Kepel Press.
Priyatna, M. (2016) ‘Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal’, Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), pp. 1311–1336. doi: http://dx.doi.org/10.30868/ei.v5i10.6.
Rukin (2019) . Metodologi Penelitian Kualitatif. Sulawesi: Yayasan Ahmar Cendikia Indonesia.
Salman, B. and Natsir (2007) Upacara Adat Suku Melayu Kabupaten Pontianak Mempawah Kalimantan Barat. Jakarta: Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.
Solikin, A. (2015) ‘Bimbingan Spiritual Berbasis Nilai-Nilai Budaya’, Al-Tahrir, 15(1), pp. 219–235. doi: 10.21154/al-tahrir.v15i1.166.
Sugiyono (2010) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyitno, I. (2012)‘the Development of Education on the Character and Culture of’, Jurnal Pendidikan Karakter, 2(February 2012), pp. 1–13.
Widyaningsih, T. S., Zamroni and Zuchdi, D. (2014) ‘Internalisasi dan aktualisasi nilai-nilai karakter pada siswa SMP dalam perspektif fenomenologis’, Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(2), pp. 181–194. doi: https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i2.2658
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License