EKSISTENSI BUKU CERITA ISLAMI DI MTs/SMP ISLAM KOTA PALANGKA RAYA

THE EXISTENCE OF ISLAMIC STORY BOOKS IN MTS/ISLAMIC SMP AT PALANGKA RAYA CITY

Authors

  • Syarah Veniaty Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.2977

Keywords:

Buku Cerita Islami, Eksistensi, Pendayagunaan, Strategi

Abstract

Keberadaan buku-buku cerita Islami di perpustakaan MTs/SMP Islam Kota Palangka Raya hendaknya mampu dimanfaatkan semaksimal mungkin sebagai salah satu sarana pendukung proses pembelajaran, terutama pembelajaran yang erat kaitannya dengan teks-teks cerita, yaitu Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan eksistensi buku-buku tersebut sebagai bahan ajar penunjang mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah buku cerita Islami di MTs/SMP Islam Kota Palangka Raya. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis Dari hasil penelitian ditemukan bahwa di perpustakaan MTs/SMP Islam Kota Palangka Raya terdapat banyak jenis buku-buku cerita Islami yang meliputi jenis; a) Kisah Nabi dan Rasul, b) Kisah-Kisah dari Al-Qur’an, c) Kisah Tokoh-Tokoh Islam, d) Cerita Pendek bernuansa Islami, e) Novel Bernuansa Islami. Pendayagunaan buku cerita Islami yang telah dilakukan adalah sebagai media a) baca-pinjam, dan b) bahan ajar penunjang. Guru yang menggunakan buku cerita Islami sebagai bahan ajar penunjang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, tetap memperhatikan dan menerapkan prinsip-prinsip berikut, yakni a) prinsip pemilihan bahan ajar yang terdiri dari: relevansi, konsistensi, dan kecukupan; dan b) Prinsip pengembangana bahan ajar yang terdiri dari: kesesuaian, tingkat kepentingan, kegunaan, kemungkinan untuk dipelajari, dan kemenarikan

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariska, Widya dan Uchi Amelsya, 2009, Novel dan Novelet, Guepedia.
Andriansyah, A., & Salahudin Permadi, A. (2022). Analisis Konsep Pendidikan Islam Parenting Dalam Surah Luqman Ayat 12-19 Menurut Tafsir Ibnu Katsir. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 17(1),64-76. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i1.3354
Darmono, 2004, Manajemen Dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah, Grasindo, Jakarta.
Daulay, Musnar Indra, 2020, Bahan Ajar Pelajaran Sejarah dalam Bentuk Komik Guna Mengembangkan Kreativitas Imajinatif, Pasuruan:Penerbit Qiara Media.
Fatchurahman M., Setiawan M.A., Karyanti K. The development of group healing storytelling model in multicultural counselling services in Indonesian schools: Examination of disciplinary cases. The Education and science journal. 2021;23(4):157-180. https://doi.org/10.17853/1994-5639-2021-4-157-180
Jaimur, Nizwardi dan Ambiyar, 2016, Media dan Sumber Pembelajaran, Jakarta:Penerbit Kencana,
Manurung, Oktavia, dan Penda Sudarto Hasugian, Analisa Algoritma Apriori Untuk Peminjaman Buku Pada Perpustakaan SMA 1 Silima Pungga-Pungga Parongil, Jurnal, Jurnal Remik: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, Vol.4 No.1, 1 OKtober 2019.
Mulyasa, E., 2006, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Nana, 2020, Pengembangan Bahan Ajar, Klaten:Penerbit Lakeisha.
Panggabean, Nurul Huda dan Amir Danis, 2020, Desain Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sains, Yayasan Kita Menulis.
Romansyah, Khalimi, Pedoman Pemilihan dan Penyajian Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurnal Logika Vol.XVII, No.2, Agustus 2016, h.60.
Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ketujuh, Bandung:Penerbit Alfabeta.
UU Pasal 35 Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Widodo, Chomsin S. dan Jasmadi, 2008 Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi, Jakarta:PT Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Veniaty, S. (2022). EKSISTENSI BUKU CERITA ISLAMI DI MTs/SMP ISLAM KOTA PALANGKA RAYA: THE EXISTENCE OF ISLAMIC STORY BOOKS IN MTS/ISLAMIC SMP AT PALANGKA RAYA CITY. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 7–20. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.2977