Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak Melalui Metode Bercerita Pada Kemampuan Berbahasa
Efforts To Increase Children's Interest In Learning Through Storying Method On Language Ability
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v7i1.3005Keywords:
Minat Belajar, Metode Bercerita, Kemampuan BerbahasaAbstract
Menumbuhkan minat belajar dalam diri peserta didik sangat perlu karena akan sangat membantunya guna pencapaian tujuan pembelajaran yang diharapkan oleh guru ketika Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM ). Minat berkembang sesuai taraf kesadaran seseorang akan tujuan yang hendak dicapai. Hasil belajar akan menjadi optimal apabila ada minat belajar. Tugas seorang guru disekolah adalah menumbuhkan minat belajar bagi peserta didk guna menciptakan iklim belajar yang menyenangkan. Guru adalah seorang pendidik yang professional
Metode bercerita merupakan salah satu metode yang banyak dipergunakan di Taman Kanak-Kanak. Metode bercerita merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman belajar bagi anak Taman Kanak-Kanak. Cerita yang dibawakan guru secara lisan harus menarik, dan mengundang perhatian anak dan tidak lepas dari tujuan pendidikan bagi anak Taman Kanak-Kanak
Dari hasil kegiatan penelitian yang telah dilaksanakan di kelompok B, TK Negeri Pembina Jekan Raya, minat belajar anak secara kualitas melalui metode berceritera pada kemampuan berbahasa, Secara kuantitatif berdasarkan dari hasil pencapaian akhir siklus II, telah terjadi peningkatan minat belajar pada anak sebesar 25 %, dari Skor anak 1 = 6/20 x 100 % = 30 %, Skor anak 2 = 7/20 x 100 % = 35%, Skor anak 3 = 7/20 x 100 % = 35 %, menjadi Skor anak 1 = 3/20 x 100 % = 15 %, Skor 2 = 5/20 x 100 % = 25%, Skor anak 3 = 12/20 x 100 % = 60 %.
Downloads
References
Ade S Permadi, Arna Purtina, Muhammad Jailani. 2020. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6:1(16-21).
Depdikbud, 1997, Methodik Khusus Pengembangan Kemampuan Berbahasa di Taman Kanak-Kanak, Jakarta : Depdikbud
Depdikbud, 1997, Petunjuk Teknis Proses Belajar Mengajar di Taman Kanak-Kanak, Jakarta : Depdikbud
Dheinni, Nurdiana, dkk 2005. Metode Pengembangan Bahasa, Jakarta Universitas Terbuka.
Masitoh, dkk, 2007 Strategi Pembelajaran TK. Jakarta : Universitas Terbuka.
Resmini, Novi, dkk. 2006. Membaca dan Menulis di Sekolah Dasar.Upi Press. Bandung.
Setiawan, M Andi dan Agung Riadin. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Dengan Bimbingan Teman Sebaya Berbasis Nilai-Nilai Huma Betang. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia). 6:1(27:31).
Solehuddin. 2000. Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License