Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak Melalui Metode Bercerita Pada Kemampuan Berbahasa

Efforts To Increase Children's Interest In Learning Through Storying Method On Language Ability

Authors

  • Rusmiaty Rusmiaty TKN PEMBINA JEKAN RAYA

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v7i1.3005

Keywords:

Minat Belajar, Metode Bercerita, Kemampuan Berbahasa

Abstract

Menumbuhkan minat belajar dalam diri peserta didik sangat perlu karena akan sangat membantunya guna pencapaian tujuan pembelajaran yang diharapkan oleh guru ketika  Kegiatan  Belajar  Mengajar  ( KBM ).  Minat berkembang sesuai taraf kesadaran seseorang akan tujuan yang hendak dicapai. Hasil belajar akan menjadi optimal apabila ada minat belajar. Tugas  seorang  guru disekolah adalah menumbuhkan minat belajar bagi peserta didk guna menciptakan  iklim belajar yang menyenangkan. Guru adalah seorang pendidik yang professional

Metode bercerita merupakan salah satu metode yang banyak dipergunakan di Taman Kanak-Kanak. Metode bercerita merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman belajar bagi anak Taman Kanak-Kanak. Cerita yang dibawakan guru secara lisan harus menarik, dan mengundang perhatian anak dan tidak lepas dari tujuan pendidikan bagi anak Taman Kanak-Kanak

Dari hasil kegiatan penelitian yang telah dilaksanakan di kelompok B, TK           Negeri Pembina Jekan Raya, minat belajar anak secara kualitas melalui metode berceritera pada kemampuan berbahasa, Secara kuantitatif berdasarkan dari hasil pencapaian akhir siklus II, telah terjadi peningkatan minat belajar pada anak sebesar 25 %, dari Skor anak 1 = 6/20 x 100 % = 30 %, Skor anak 2 = 7/20 x 100 % = 35%, Skor anak 3 = 7/20 x 100 % = 35 %, menjadi Skor anak 1 = 3/20 x 100 % = 15 %, Skor 2 = 5/20 x 100 % = 25%, Skor anak 3 = 12/20 x 100 % = 60 %.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rusmiaty Rusmiaty, TKN PEMBINA JEKAN RAYA

References

Depdikbud 1988, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta : Depdikbud
Ade S Permadi, Arna Purtina, Muhammad Jailani. 2020. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6:1(16-21).
Depdikbud, 1997, Methodik Khusus Pengembangan Kemampuan Berbahasa di Taman Kanak-Kanak, Jakarta : Depdikbud
Depdikbud, 1997, Petunjuk Teknis Proses Belajar Mengajar di Taman Kanak-Kanak, Jakarta : Depdikbud
Dheinni, Nurdiana, dkk 2005. Metode Pengembangan Bahasa, Jakarta Universitas Terbuka.
Masitoh, dkk, 2007 Strategi Pembelajaran TK. Jakarta : Universitas Terbuka.
Resmini, Novi, dkk. 2006. Membaca dan Menulis di Sekolah Dasar.Upi Press. Bandung.
Setiawan, M Andi dan Agung Riadin. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Dengan Bimbingan Teman Sebaya Berbasis Nilai-Nilai Huma Betang. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia). 6:1(27:31).
Solehuddin. 2000. Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

2021-12-17

How to Cite

Rusmiaty, R. (2021). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak Melalui Metode Bercerita Pada Kemampuan Berbahasa: Efforts To Increase Children’s Interest In Learning Through Storying Method On Language Ability. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 17–25. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i1.3005