Kecerdasan Naturalis Dan Intention To Act Terhadap Responsible Environmental Behavior Siswa Sekolah Dasar
Natural Intelligence And Intention To Act On Responsible Environmental Behavior Of Elementary School Students
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v7i1.3017Keywords:
Kecerdasan Naturalis, Intensi untuk bertindak, Perilaku Tanggung JawabAbstract
Degradasi lingkungan yang terjadi harus segera diselesaikan oleh semua pihak, terutama siswa sekolah dasar yang menjadi agen pelestarian lingkungan dimasa depan. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk memahami seberapa besar pengaruh kecerdasan naturalis dan intensi untuk bertindak terhadap perilaku tanggung jawab lingkungan siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN Jurang Mangu Timur 02 Tahun Ajaran 2020/2021.
Metode yang digunakan adalalah metode survey dengan analisis jalur. Sampel yang digunakan berjumlah 146 siswa kelas IV, V, dan VI. Hasil pengujian hipotesis diperoleh koefisien jalur X1 terhadap X2 sebesar 0,795, koefisien jalur X2 terhadap Y sebesar 0,673, dan koefisien jalur X1 dan X2 terhadap Y sebesar 0,853. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kecerdasan naturalis dan semakin tinggi intensi untuk bertindak seorang siswa, maka akan semakin tinggi pula perilaku lingkungan yang bertanggung jawab.
Downloads
References
Fibula Purnama, I Made Putrawan, & Diana Vivanti Sigit. (2020). Pengaruh Pengetahuan Mengenai Isu-Isu Lingkungan (Knowledge About Environmental Issues) dan Intensi Untuk Bertindak (Intention to Act) terhadap Perilaku Bertanggung Jawab Lingkungan (Responsible Environmental Behavior) Siswa. IJEEM - Indonesian Journal of Environmental Education and Management, 5(1), 20–33. https://doi.org/10.21009/ijeem.051.02
Imbiri, R. R. (2018). Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta. Psikologi.Unj.Ac.Id, 1–10. http://psikologi.unj.ac.id/
Ismail, A. (2018). Pengembangan Instrumen Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini Di Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 9(1), 16–29.
Pratiwi, R. D., Rusdi, R., & Komala, R. (2019). The effects of personality and intention to act toward responsible environmental behavior. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 5(1), 169–176. https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i1.7120
Wirdianti, N., Komala, R., & Miarsyah, M. (2019). Naturalist intelligence and personality: An understanding students’ responsible enviromental behavior. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 5(2), 229–236. https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i2.7193
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License