Analisis Pengaruh Persepsi Hidup Sehat Terhadap Perilaku Hidup Sehat Siswa Sekolah Dasar
Analysis Of The Effect Of Healthy Perception Of Life On Healthy Behavior Of Basic School Students
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v5i2.1439Keywords:
Healthy life perception Healthy behavior Elementary School StudentAbstract
Penerapan perilaku hidup sehat di sekolah oleh peserta didik, guru dan masyarakat lingkungan sekolah, akan membentuk warga sekolah memiliki kemampuan dan kemandirian dalam mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sekolah sehat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi hidup sehat terhadap perilaku hidup sehat siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di dua sekolah yaitu SDN Waru 03 Bogor, Jawa Barat dan SDIT Nurhanifa Bogor, Jawa Barat. Waktu pelaksanaan pada bulan Juli – Desember 2019. Jumlah populasi 241 siswa dan sampel penelitian yang digunakan menggunakan Teknik random sampling sebanyak 150 siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif survei. Pengambilan data pada penelitian ini dengan menggunakan kuesioner. Kemudia data tersebut diolah dengan bantuan SPSS versi 20. Hasil penelitian ini didapatkan nilai R square sebesar 0,673 atau KD= 0,673X100%= 67,3%. Hal ini dapat diartikan bahwa Persepsi hidup sehat berpengaruh sebesar 67,3% terrhadap perrilaku hidup sehat.
Downloads
References
Aprialini, Yanuar Dwi. 2016. “Perbandingan Perilaku Hidup Sehat Antara Siswa Smp Negeri 2 Wonoayu Dengan Smp Ulul Albab.” Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan 04(02):384–89.
Arikunto, Suharsimi. 2006. “Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik.” Jakarta: Rineka Cipta.
Diana, Fivi Melva, Fatrina Susanti, and Asep Irfan. 2014. “Pelaksanaan Program Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Di SD Negeri 001 Tanjung Balai Karimun.” Jurnal Kesehatan Masyarakat 8(1):46–51.
Hendri. 2016. The Use Of Prepositions In The Business Column Of The Jakarta Post. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 11(2):146-152.
Ir. Syofian Siregar, M. .. 2017. Statistika Terapan Untuk Perguruan Tinggi.
Irwin, Claire W., and Erin T. Stafford. 2016. “Survey Methods for Educators: Collaborative Survey Development (Part 1 of 3).” Applied Resarch Methods.
Jailani, Muhammad. 2019. Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Anak Untuk Berwirausaha. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1):35-42.
Karyanti, Muhammad Andi Setiawan. 2018. Model Konseling Kelompok Teknik Expresif Writing Berlandaskan Falsafah Dandang Tingang Untuk Meningkatkan Perilaku Respect. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 2(2):129-136.
Mailoa, Aprillia Vanessha, Maria Dyah Kurniasari, Tesabela Sanfia Messakh, Fakultas Kedokteran, Universitas Kristen, Satya Wacana, Jalan Kartini, and N. O. A. Salatiga. 2017. “Persepsi Warga Mengenai Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Dusun Kebonan , Semarang The Society Perception about Clean and Healthy Behavior in Kebonan Village , Semarang Pendahuluan.” Jurnal Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik Univeritas Airlangga 30(3):229–36.
Putra, Chandra Anugrah. 2017. Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):1-10.
Riadin, Agung & Cici Liani Fitriani. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Berbantuan Media Alat Peraga Konkret Pada Peserta Didik Kelas V SDN-4 Kasongan Baru Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan 13(2):1-5.
Sari, N., B. Widjanarko, and A. Kusumawati. 2016. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Sebagai Upaya Untuk Pencegahan Penyakit Diare Pada Siswa Di Sd N Karangtowo Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak.” Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal) 4(3):1051–58.
Tanır, Halil. 2019. “Determination of Healthy Life Style Behaviours of the Students in Middle-Adolescence.” World Journal of Education 9(1):70.
Wijayanti, Rossalina Adi, Novita Nuraini, and Atma Deharja. 2016. “Pengaruh Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat ( PHBS ) Terhadap Pengetahuan Siswa Di SMP Islam Mahfilud Duror Jelbuk.” Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Jember 52–56.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License