Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Metode Make A Match Pada Materi Ciri Khusus Makhluk Hidup Di Kelas VI
Improving Students Learning Outcomes By Using Make A Match Method On The Special Characteristics Of Living Things In Class VI
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v7i1.3048Keywords:
Hasil Belajar, Ciri Khusus Makhluk Hidup, Metode Make a MatchAbstract
Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Penggunaan metode “Make A Match” diharapkan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar sehingga dalam proses belajar mengajar itu aktivitasnya tidak hanya didominasi oleh guru, dengan demikian siswa akan terlibat secara fisik, emosional dan intelektual yang pada gilirannya diharapkan konsep tentang ciri khusus makhluk hidup yang diajarkan oleh guru dapat dipahami oleh siswa.
Penulisan ini bertujuan untuk membuktikan adanya peningkatan pemahaman siswa kelas VI SD Negeri 4 Menteng, setelah menerapkan metode make a match pada pelajaran IPA tentang ciri khusus makhluk hidup.Pada tahap awal, ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 42% saja atau hanya 9 anak yang dinyatakan tuntas dalam belajar. Pada siklus I setelah menerapkan metode make a match, maka diperoleh data yang menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa. Data yang diperoleh menyebutkan dari 21 siswa, 16 anak atau 76% dinyatakan tuntas dalam belajar dan 5 anak atau 24% belum tuntas dalam belajar. Dari hasil tersebut maka dilanjutkan pada siklus II dan hasilnya menyebutkan peningkatan pemahaman siswa yang signifikan, yaitu siswa tuntas 100 %.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka disarankan kepada guru hendaknya dalam pelaksanaan pembelajaran selalu menerapkan metode yang dapat merangsang keterlibatan siswa serta menerapkan metode yang disesuaikan dengan karakteristik materi yang disampaikan.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.
Budiasih Zuhdi dan Darmiyati, (1996) Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Kelas Rendah Jakarta, Dirjen Dikti Depdikbud.
Dwi Siswoyo, dkk. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta. UNY Press.
Fatchurahman Mohammad, Setiawan Muhammad Andi, Karyanti. 2021. The development of group healing storytelling model in multicultural counselling services in Indonesian schools: Examination of disciplinary cases. Образование и наука. 23:4(157-180).
Kasbolah, K.E.S (1998), Penelitian Tindakan Kelas, Malang, Dirjen Dikti,Depdikbud
Riadin Agung dan Ade Salahuddin Permadi. 2019. Implementasi Pembelajaran PKn untuk Membentuk Pribadi yang Berkarakter di SD Muhammadiyah Sampit. Pedagogik: Jurnal Pendidikan. 14:1(18-28).
Sugiharto,Kartika N.F.Farida Harahap. dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta UNY Press.
Sumaji, Soehakso, Mangun Wijaya, dkk. (1998). Pendidikan Sains yang Humanistis. Yogyakarta: Kanisus
Suyoso, Suharto dan Sujoko. (1998). Ilmu Alamiah Dasar. Yogyakarta: IKIP
Thohari Mustamar. (1978). Program Pengajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Yogyakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License