Pengaruh Media Flashcard Terhadap Perbendaharaan Kata Peserta Didik Kelas I Sdn 8 Menteng
The Influence Of Flashcard Media On The Vocabulary Of Class I Students Of Sdn 8 Menteng
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v7i1.3057Keywords:
Pengaruh Media Flashcard, Perbendaharaan KataAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan keefektifan media flashcard dalam meningkatkan kosakata peserta didik kelas I mengetahui seberapa besar tingkat partisipasi siswa saat pengaplikasian media flashcard dalam meningkatkan kosakata peserta didik kelas I di SDN 8 Menteng.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah classroom action research. Penelitian ini adalah penelitian tindakan yang dilakukan di kelas dengan tujuan memperbaiki atau meningkatkan mutu praktik pembelajaran. Penelitian rindakan kelas ini memiliki 3 siklus, melibatkan kolaborator dalam hal ini yaitu kepala Sekolah sebagai observer dan berefleksi yang dijadikan sebagai acuan untuk siklus selanjutnya.
Media flashcard sangat efektif untuk peningkatan perbendaharaan kosakata peserta didik kelas I di SDN 8 Menteng, Kel.Menteng, Kec.Jekan Raya, Kota Palangka Raya.Hal ini dibuktikan oleh tingkat ketercapaian KKM peserta didik. Saat sebelum teknik ini diterapkan, jumlah siswa yang mencapai KKM (=70) hanya 15%. Namun, setelah teknik ini diterapkan hingga 3 siklus, jumlah siswa yang mencapai KKM mencapai 100%. Bukan hanya itu, jika dilihat dari interval nilai yang didapatkan siswa, terjadi perubahan signifikan pula pada aspek ini. Sebelum kedua teknik ini diterapkan, interval nilai siswa hanya berkisar pada kategori cukup (C = 75 – 83). Namun, setelah media flashcard diterapkan, interval nilai siswa yang mencapai KKM berkisar pada kategori baik (B) dan sangat baik (A). Lebih lanjut, siswa yang mendapat predikat B sebanyak 38% dan siswa yang mendapat predikat A sebanyak 47% dan pada siklus III mencapai 100%.
Downloads
References
Akhadiah, Sabarti, dkk. 1993a. Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
California: Addison Wesley Publishing Company.
Goouch, Kathy dan Andrew Lambirt. 2013. Teaching Early Reading and Phonics: Creative Approaches to Early Literacy. Los Angeles, London, New Delhi, Singapore, Wahington DC: SAGE Publication.
Ina. 2019. “Metode Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)”.
Indrayani, Avivtin Oktavi. 2016. “Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Flash Card Siswa Kelas I SDN Surokarsan 2 Yogyakarta” Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta. Diva Press.
Istanto, Budi. 2014. “Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Kartu Kata pada Siswa Kelas I SDN 1 Pandeyan Jatinom Klaten”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2(III).
Khoiriyah, Siti Ainun. 2018. “Pemanfaatan Media Flashcard untuk Meningkatkan
Muchlisoh. 1992. Pendidikan Bahasa Indonesia 3. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Penguasaan Mufdarat Siswa Kelas VII A MtsN Ngemplak Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013” Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Depok: Universitas Islam Negeri Sunankalijaga.
Reutzel, D. Ray dan Robert B. Cooter. 2012. Teaching Children to Read: The Teacher Makes the Difference, Sixth Edition. California: Pearson Education Limited.
Satriana, Ade. 2013. “Meningkatkan Kemampuan Lambang Bilangan 1 sampai 5 melalui Media Flash Card bagi Siswa Tunagrahita Sedang”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus 1(II). Hlm. 15 http://ejournal.unp.ac.id/index.php/ jupekhu (diakses 7 Oktober 2019).
Sekarini, Wining. 2013. “Penggunaan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Muhammadiyah 01 Sukarame” Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Depok: Universitas Islam Negeri Sunankalijaga
Setiyadi, Bambang Ag., 2006. Metode Penelitian untuk Pengajaran Bahasa Asing Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.
Smith, Richard J. dan Dale D. Johnson. 1980. Teaching Children to Read.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License