Pengaruh Percobaan Sederhana Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 2 Subtema 2 Di Kelas IV SEKOLAH DASAR
The Effect Of A Simple Experiment On Students' Learning Outcomes On Theme 2 Subthema 2 In Class IV Elementary School
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3146Keywords:
Metode Percobaan Sederhana, Pengaruh, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh percoban sederhana terhadap hasil belajar siswa pada tema 2 subtema 2 di kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kepunten dengan memberikan lembar observasi, pretest, posttest, dan respon siswa dengan jumlah subjek sebanyak 20 siswa dikarenakan keterbatasan peneliti dalam melaksanakan penelitian di era pandemi covid-19. Teknik dan pengumpulan data menggunakan observasi, validasi ahli, lembar angket respon siswa, dan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi regresi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan percobaan sederhana termasuk dalam kategori sangat baik, hal ini diperoleh berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa yang menunjukkan persentase sebesar 88,5%. Respon siswa diperoleh berdasarkan penilaian siswa terhadap proses pembelajaran yang menggunakan percobaan sederhana dengan menunjukkan persentase sebesar 91% dengan kriteria sangat baik. Hasil perhitungan menggunakan uji asumsi regresi menunjukkan pengaruh percobaan sederhana terhadap hasil belajar siswa sebesar 74,6% dan memiliki hubungan yang sangat kuat yakni sebesar 0,864.
Downloads
References
Andi Setiawan M, Agung Riadin. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Dengan Bimbingan Teman Sebaya Berbasis Nilai-Nilai Huma Betang. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia. 6:1(27-31).
Anitah. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka
Apsari, Ni Luh Sri (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Melalui Percobaan Sederhana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Astawan, I. G., & Agustina, I. G. A. T. (2020). Pendidikan IPA sekolah dasar di era revolusi industri 4.0. Denpasar: Nila Cakra.
Efendi, Mohammad. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran: Pengantar Ke Arah Pemahaman KBK, KTSP dan SBI. Malang: FIP Universitas Negeri Malang
Hamalik. Oemar. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hisbullah, dkk. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Makassar. Aksara Timur
Natasya Ayu, Adella. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Sistem Persamaan LinearDua Variabel (SPLDV) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematisdan Hasil Belajar Siswa.
Sandra Dewi, Anggralita. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Menulis Karangan Sederhana Melalui Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar TA 2019/2020. Jurnal Primary, Volume no. 1 April 2019
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri
Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Bumi Aksara
Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Widoyoko, E. P. (2013). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License