Pengaruh Percobaan Sederhana Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 2 Subtema 2 Di Kelas IV SEKOLAH DASAR

The Effect Of A Simple Experiment On Students' Learning Outcomes On Theme 2 Subthema 2 In Class IV Elementary School

Authors

  • Ila Firdausi Nuzula STKIP PGRI SIDOARJO
  • B. R. Sri Wulan STKIP PGRI SIDOARJO
  • Eni Nurhayati STIKIP PGRI SIDOARJO

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3146

Keywords:

Metode Percobaan Sederhana, Pengaruh, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh percoban sederhana terhadap hasil belajar siswa pada tema 2 subtema 2 di kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kepunten dengan memberikan lembar observasi, pretest, posttest, dan respon siswa dengan jumlah subjek sebanyak 20 siswa dikarenakan keterbatasan peneliti dalam melaksanakan penelitian di era pandemi covid-19. Teknik dan pengumpulan data menggunakan observasi, validasi ahli, lembar angket respon siswa, dan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi regresi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan percobaan sederhana termasuk dalam kategori sangat baik, hal ini diperoleh berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa yang menunjukkan persentase sebesar 88,5%. Respon siswa diperoleh berdasarkan penilaian siswa terhadap proses pembelajaran yang menggunakan percobaan sederhana dengan menunjukkan persentase sebesar 91% dengan kriteria sangat baik.  Hasil perhitungan menggunakan uji asumsi regresi menunjukkan pengaruh percobaan sederhana terhadap hasil belajar siswa sebesar 74,6% dan memiliki hubungan yang sangat kuat yakni sebesar 0,864.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ila Firdausi Nuzula, STKIP PGRI SIDOARJO

B. R. Sri Wulan, STKIP PGRI SIDOARJO

Eni Nurhayati, STIKIP PGRI SIDOARJO

References

Andjariani, Endang Wahju. (2020). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Soal Cerita Bangun Datar Kelas IV SD Dengan Pembelajaran Kooperatif Model Ajataka
Andi Setiawan M, Agung Riadin. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Dengan Bimbingan Teman Sebaya Berbasis Nilai-Nilai Huma Betang. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia. 6:1(27-31).
Anitah. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka
Apsari, Ni Luh Sri (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Melalui Percobaan Sederhana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Astawan, I. G., & Agustina, I. G. A. T. (2020). Pendidikan IPA sekolah dasar di era revolusi industri 4.0. Denpasar: Nila Cakra.
Efendi, Mohammad. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran: Pengantar Ke Arah Pemahaman KBK, KTSP dan SBI. Malang: FIP Universitas Negeri Malang
Hamalik. Oemar. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hisbullah, dkk. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Makassar. Aksara Timur
Natasya Ayu, Adella. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Sistem Persamaan LinearDua Variabel (SPLDV) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematisdan Hasil Belajar Siswa.
Sandra Dewi, Anggralita. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Menulis Karangan Sederhana Melalui Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar TA 2019/2020. Jurnal Primary, Volume no. 1 April 2019
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri
Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Bumi Aksara
Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Widoyoko, E. P. (2013). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Nuzula, I. F., Sri Wulan, B. R., & Nurhayati, E. (2022). Pengaruh Percobaan Sederhana Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 2 Subtema 2 Di Kelas IV SEKOLAH DASAR: The Effect Of A Simple Experiment On Students’ Learning Outcomes On Theme 2 Subthema 2 In Class IV Elementary School. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 39–47. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3146