Pengembangan Media Komik Pada Kelas IV Sekolah Dasar

COMIC MEDIA DEVELOPMENT IN GRADE IV ELEMENTARY SCHOOL

Authors

  • Ery Amaliyyah Thoyyibah STKIP PGRI SIDOARJO
  • Anggralita Sandra Dewi STIKIP PGRI SIDOARJO
  • Endang Wahyu Andjariani STKIP PGRI SIDOARJO

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3147

Keywords:

Pengembangan, Komik, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media berupa komik pada kelas IV sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran komik dikelas IV sekolah dasar, (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media komik pada kelas IV sekolah dasar, (3) Untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran komik dikelas IV sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan melalui model ADDIE. Subjek penelitian yang diambil yaitu 11 siswa dalam dua kelas yang berbeda. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data-data yaitu lembar validasi yang digunakan untuk menilai kelayakan media dan materi, lembar tes hasil belajar digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan diberikan soal pretest dan posttest. Lembar angket respon yang diberikan kepada siswa setelah pembelajaran menggunakan media komik. Hasil validasi ahli materi mencapai presentase 96,87% dan ahli media mencapai 93,75% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji normalitas mengetahui bahwa hasil kedua kelas berdistribusi normal. Berdasarkan perhitungan yang diperoleh thitung ˃ ttabel yaitu 5,103 ˃ 2,085, sehingga hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan tersebut memiliki perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada pretest dan posttest siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Anggralita Sandra Dewi, STIKIP PGRI SIDOARJO

Endang Wahyu Andjariani, STKIP PGRI SIDOARJO

References

Anggralita, S. (2020). "Peningkatan Hasil Belajar Menulis Karangan Sederhana Melalui Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar." Jurnal Primary (Kajian Ilmu Pendidikan Dasar dan Humaniora) 1(1): 40-52.
Alkatiri, D., Purwaka, A., & Cuedeyeni, P. (2021). Tindak Tutur Direktif Dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 1-8. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i1.2683
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pres.
Chandra A. Putra, M. Andi Setiawan, M. Jailani, & Ade S. Permadi. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Model Explicit Instruction Berbasis Teknologi Multimedia. Seminar Internasional Riksa Bahasa. Retrieved fromhttp://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/887
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Mulyatiningsih, E. and A. Nuryanto (2014). "Metode penelitian terapan bidang pendidikan."
Nana, Sudjana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Saputro, H. B. and S. Soeharto (2015). "Pengembangan media komik berbasis pendidikan karakter pada pembelajaran tematik-integratif kelas IV SD." Jurnal Prima Edukasia 3(1): 61-72.
Sudjana, N. & Ahmad Rivai, A. 2010. Media Pengajaran. Bndung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, N. & Rivai, A. 2011. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Thoyyibah, E. A., Sandra Dewi, A., & Wahyu Andjariani, E. (2022). Pengembangan Media Komik Pada Kelas IV Sekolah Dasar: COMIC MEDIA DEVELOPMENT IN GRADE IV ELEMENTARY SCHOOL. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 66–74. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3147