Pengembangan Media Komik Pada Kelas IV Sekolah Dasar
COMIC MEDIA DEVELOPMENT IN GRADE IV ELEMENTARY SCHOOL
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3147Keywords:
Pengembangan, Komik, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media berupa komik pada kelas IV sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran komik dikelas IV sekolah dasar, (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media komik pada kelas IV sekolah dasar, (3) Untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran komik dikelas IV sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan melalui model ADDIE. Subjek penelitian yang diambil yaitu 11 siswa dalam dua kelas yang berbeda. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data-data yaitu lembar validasi yang digunakan untuk menilai kelayakan media dan materi, lembar tes hasil belajar digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan diberikan soal pretest dan posttest. Lembar angket respon yang diberikan kepada siswa setelah pembelajaran menggunakan media komik. Hasil validasi ahli materi mencapai presentase 96,87% dan ahli media mencapai 93,75% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji normalitas mengetahui bahwa hasil kedua kelas berdistribusi normal. Berdasarkan perhitungan yang diperoleh thitung ˃ ttabel yaitu 5,103 ˃ 2,085, sehingga hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan tersebut memiliki perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada pretest dan posttest siswa.
Downloads
References
Alkatiri, D., Purwaka, A., & Cuedeyeni, P. (2021). Tindak Tutur Direktif Dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 1-8. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i1.2683
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pres.
Chandra A. Putra, M. Andi Setiawan, M. Jailani, & Ade S. Permadi. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Model Explicit Instruction Berbasis Teknologi Multimedia. Seminar Internasional Riksa Bahasa. Retrieved fromhttp://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/887
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Mulyatiningsih, E. and A. Nuryanto (2014). "Metode penelitian terapan bidang pendidikan."
Nana, Sudjana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Saputro, H. B. and S. Soeharto (2015). "Pengembangan media komik berbasis pendidikan karakter pada pembelajaran tematik-integratif kelas IV SD." Jurnal Prima Edukasia 3(1): 61-72.
Sudjana, N. & Ahmad Rivai, A. 2010. Media Pengajaran. Bndung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, N. & Rivai, A. 2011. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License