Model Pembelajaran Berbasis Proyek Mata Pelajaran IPA Kelas III Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa

Learning Model Based On Ipa Class III Subject In Improving Students' Creative Thinking Ability

Authors

  • Angela Marietya Puspita Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta
  • Erry Utomo Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta
  • Agung Purwanto Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3194

Keywords:

Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kemampuan Berpikir Kreatif, Pembelajaran IPA SD

Abstract

Studi literatur ini membahas tentang penerapan model pembelajaran berbasis proyek  untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas III Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa model pembelajaran berbasis proyek dapat diterapkan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas III Sekolah Dasar. Desain penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan jurnal nasional maupun internasional yang berkaitan dengan penggunaan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Kemudian dipilih, disajikan dan dianalisis serta diolah supaya ringkas dan sistematis. Setelah data terkumpul, dilakukan pengujian dan pembandingan data yang ditemukan. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dengan pengutipan pendapat-pendapat yang sesuai. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang berisi pemetaan literatur 30 artikel ilmiah yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan berpikir kreatif melalui model pembelajaran berbasis proyek dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Implikasi pada studi literatur ini sebagai salah satu bahan masukan dalam rangka meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa dalam proses pembelajaran IPA dan meningkatkan produktivitas sekolah melalui peningkatan kualitas pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Erry Utomo, Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Agung Purwanto, Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

References

Abdullah, Sani (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Abidin, Yunus. (2014). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
Ahmad Susanto. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Al-Hassawi et al., (2020). The Effect Of A Project- Based Program To Develop The Of Critical And Creative Thinking Skills. International Journal of Social Sciences. Volume 6 Issue 1, pp. 306-323.
Aprianai et al. (2019). Concept Understanding of Science in The Project Based Learning Model Using Recycling Activities. Journal of Primary Education 10 (2) (2021) : 199 – 206.
Arisanti, et al., (2016). Analisis Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SD Melalui Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 8. No.1 Januari 2016. Hal 82-95.
Astuti, st al., (2019). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek Daur Ulang Minyak Jelantah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, Vol. 8, No. 2, Tahun 2019.
Indriawati et al., (2019). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Sikap Ilmiah Dan Kreativitas Siswa. EDUBIOLOGICA Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi. Vol. 7, No. 2, Desember 2019, pp. 89-95.
Kemdikbud. (2014). Permendikbud No. 103 Tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun 2014. Jakarta: Kemdikbud
Moerdiyanto dan Sunarta. (2011). Penguasaan Kepribadian dan Keterampilan Bisnis Melalui Model Project Based Learning Bagi Remaja Putus Sekolah Korban Gempa Sebagi Usaha Pengentasan Kemiskinan Di Kabupaten Bantul. Artikel Jurnal RPS 2, (Online), (http://staff.uny.ac.id/sites /default/files/penelitian/Dr.%20Moerdiyanto,%20M.Pd./ARTIKEL%20JURNAL%20RPS%202%20MURDISUNARTA%2011.pdf), diakses 1 Mei 2021.
Muharromah, et al., (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek Daur Ulang Minyak Jelantah dalam Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, Vol. 8, No. 2, Tahun 2019.
Munandar, Utami. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Paramitha, et al., (2016). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing, Gaya Kognitif, dan Motivasi Berprestasi terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i2.9012
Pasaribu, et al., (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas X Mia Sman 6 Binjai Tp 2018-2019. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), Vol. 6, No. 1 (2020). Hal : 10 – 17.
Purwianingsih, et al., ( 2019). Peningkatan Life Skills Siswa SMA Melalui Pembelajaran Project Based Learning Daur Ulang Limbah. Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek (SNPBS) ke-IV 2019.
Rais. M. (2010). Project based learning: Inovasi pembelajaran yang berorientasi soft skills. Makalan disajikan sebagai Makalah Pendamping dalam Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya tahun 2010. Surabaya: Unesa.
Rohmah, et al., (2016). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Kreativitas Dan Preatasi Belajar Siswa Kelas X Pada Konsep Limbah Dan Daur Ulang Limbah Di Sma Negeri 1 Ciawigebang. Quagga Volume 8 No.2 Juli 2016
Sananta, L. M., Rahmaniati, R., & Zannah, F. (2022). Faktor Penghambat Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di Sd Muhammadiyah Pahandut Palangka Raya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 17(1), 32-37. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i1.3347
Setiawan, A. M., Riadin A. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Dengan Bimbingan Teman Sebaya Berbasis Nilai-Nilai Huma Betang. JBKI (Jurnal BImbingan Kosneling Indonesia), 6(1), 27-31.
Sudarma, Momon. (2013). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suryandari, et al., (2018). Project-Based Science Learning And Pre-Service Teachers’ Scienceliteracy Skill And Creative Thinking. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Oktober 2018, Th. XXXVII, No. 3. Hal. 345-355.
Tama, et al., (2019). Pengaruh Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Sains dan Berpikir Kreatif. Jurnal Bioterdidik, Vol.7 No.2, Maret 2019.
Warapsari dan Saptorini. (2015). Pengembangan Contextual Puzzle Dalam Pembelajaran Ipa Berbasis Proyek Tema Pencemaran Dan Dampaknya Bagi Makhluk Hidup. Unnes Science Education Journal. Vol 4(1) (2015).
Wardhani dan Hutama. (2018). Pelaksanaan Model Project Based Learning Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Va Di Sdn Karangrejo 01. Prosiding FKIP Universitas Jember Halaman 1-9, Desember 2018.
Wulandari, et al., (2019). Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Volum 4 Nomor 1 bulan Maret tahun 2019 Page 19 – 23.

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Puspita, A. M., Utomo, E., & Purwanto, A. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Mata Pelajaran IPA Kelas III Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa: Learning Model Based On Ipa Class III Subject In Improving Students’ Creative Thinking Ability. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 55–65. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3194