Pengaruh Media Pembelajaran Dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 1 Kereng Bangkirai Palangka Raya

The Effect Of Learning Media And Early Ability On Indonesian Learning Outcomes Of Students Class V Sdn 1 Kereng Bangkirai Palangka Raya

Authors

  • Ovi Monita Universitas Negeri Jakarta
  • Muchlas Suseno Universitas Negeri Jakarta
  • Robinson Situmorang Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3684

Keywords:

Media Pembelajaran, Kemampuan Awal, Hasil Belajar, Multimedia, Gambar Fotografi, Menyimak, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur apakah ada pengauh penggunaan media pembelajaran dan kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Kereng Bangkirai Palangka Raya. Pengambilan sampel dari penelitian menggunakan teknik simple random sampling yaitu sebanyak 36 siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen design by level 2x2 dengan perhitungan menggunakan anava dua jalur dan uji lanjutan tukey. Hasil penelitian adalah bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pengunaan media pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Kereng Bangkirai Paalangka Raya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ovi Monita, Universitas Negeri Jakarta

Muchlas Suseno, Universitas Negeri Jakarta

Robinson Situmorang, Universitas Negeri Jakarta

References

Arikunto, S. (2014). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT. Bumi Aksara. Jakarta
Arsyad, Azhar. (2011) Media Pembelajaran. Rajawali Press: Jakarta Daryanto, (2010). Media Pembelajaran. IKAPI: Yogyakarta.
Daryanto, (2016). Media Pembelajaran. Gava Media: Yogyakarta
Lisa, dkk. (2018). Analisis Interaksi Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, Volume II, Nomor III, Desember 2018.
Nopriyanti dan Sudira. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Pemasangan Sistem Penerangan dan Wiring Kelistrikan di SMK.Volume 1, Nomor 1, Juni 2017
Reyna, Jorge., Hanham, Jose & Meler,Peter. 2018.A taxonomy of digital media types for Learner- Generated Digital Mediaassignments. Journal of Educational Technology Systems. Sage Journals ,(14),6. 75-83.
Supriyadi, A., & Kurniawati, N. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesiamenggunakan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Wayang Pada Peserta Didik Kelas V/A di SDN-2 Bukit Tunggal Palangka Raya Tahun Pelajaran 2017/2018. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 13(1), 39-47. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v13i1.725

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Monita, O., Suseno, M., & Situmorang, R. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 1 Kereng Bangkirai Palangka Raya: The Effect Of Learning Media And Early Ability On Indonesian Learning Outcomes Of Students Class V Sdn 1 Kereng Bangkirai Palangka Raya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 30–38. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3684