Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Daring Pada Siswa Sekolah Dasar

Improving Mathematical Critical Thinking Ability Through Online-Based Problem Learning (PBL) Model In Elementary School Students

Authors

  • Rida Tanfiziah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Indhira Asih Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sukirwan Sukirwan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Yuyu Yuhana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3685

Keywords:

Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning berbasis daring untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas V SD Negeri Kalumpang 2 Kec. Serang. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas V SD Negri Kalumpang 2 tahun pelajaran 2021/2022. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan 2 kelas dipilih menjadi sampel, yakni kelas VA sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas VB sebagai kelas kontrol. Desain penelitian ini menggunakan nonequivalent control group design. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa data tes kemampuan berpikir kritis berupa soal uraian dan data non tes berupa angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, statistik inferensial dan data gain. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka kesimpulan yang didapat yakni kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menerapkan model Problem Based Learning berbasis daring lebih baik daripada menerapkan model ekspositori, serta terdapat peningkatan kemampuan antara model Problem Based Learning berbasis daring dengan model ekspositori.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rida Tanfiziah, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Indhira Asih, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Sukirwan Sukirwan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Yuyu Yuhana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

References

Arif., Istiyadji, M., & Maya. 2018. Implementasi Problem Based Learning Berbantuan Diskusi Daring Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa. Journal of Chemistry and Education, 1(3): 237-244. [Online]. Diakses dari http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jcae/article/view/105.
Barret, T & Cashman, D. 2010. A practitioners Guide to Enquiry and Problem-Based Learning. Dublin: UCD Teaching and Learning.
Berliana, M. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Jawa Tengah.
Ennis, Robert. 1985. A Logical Basis for Measuring Critical Thinking Skills. Education Leadership.
Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Miyati, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX B Smp Negeri 13 Banjarmasin. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 17(1), 1-9. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i1.3343
Pusdiklat Kemdikbud. (2020). Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19)-Pusdiklat Pegawai Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali pers.
Setyawan Dedy & Anugrah Chandra Putra. 2020. Pengaruh Logic-Mathematic Intelligence Dan Cognitive Load Theory Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Holistika. 4:2(96-100).
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunendar, Dadang, et al. 2020. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Syarifudin, A.S. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Sosial Distancing. Skripsi. Universitas Trunojono. Madura.

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Tanfiziah, R., Asih, I., Sukirwan, S., & Yuhana, Y. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Daring Pada Siswa Sekolah Dasar: Improving Mathematical Critical Thinking Ability Through Online-Based Problem Learning (PBL) Model In Elementary School Students. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 48–54. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3685