Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Daring Pada Siswa Sekolah Dasar
Improving Mathematical Critical Thinking Ability Through Online-Based Problem Learning (PBL) Model In Elementary School Students
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3685Keywords:
Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran DaringAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning berbasis daring untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas V SD Negeri Kalumpang 2 Kec. Serang. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas V SD Negri Kalumpang 2 tahun pelajaran 2021/2022. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan 2 kelas dipilih menjadi sampel, yakni kelas VA sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas VB sebagai kelas kontrol. Desain penelitian ini menggunakan nonequivalent control group design. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa data tes kemampuan berpikir kritis berupa soal uraian dan data non tes berupa angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, statistik inferensial dan data gain. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka kesimpulan yang didapat yakni kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menerapkan model Problem Based Learning berbasis daring lebih baik daripada menerapkan model ekspositori, serta terdapat peningkatan kemampuan antara model Problem Based Learning berbasis daring dengan model ekspositori.
Downloads
References
Barret, T & Cashman, D. 2010. A practitioners Guide to Enquiry and Problem-Based Learning. Dublin: UCD Teaching and Learning.
Berliana, M. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Jawa Tengah.
Ennis, Robert. 1985. A Logical Basis for Measuring Critical Thinking Skills. Education Leadership.
Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Miyati, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX B Smp Negeri 13 Banjarmasin. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 17(1), 1-9. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i1.3343
Pusdiklat Kemdikbud. (2020). Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19)-Pusdiklat Pegawai Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali pers.
Setyawan Dedy & Anugrah Chandra Putra. 2020. Pengaruh Logic-Mathematic Intelligence Dan Cognitive Load Theory Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Holistika. 4:2(96-100).
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunendar, Dadang, et al. 2020. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Syarifudin, A.S. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Sosial Distancing. Skripsi. Universitas Trunojono. Madura.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License