Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Mengunakan Media Audio Visual Pada Pembelajaran PPKN

Improving Learning Outcomes With Cooperative Learning Model Type Teams Games Tournament Using Audio Visual Media In Civics Learning

Authors

  • Erwin Nara SMPN 1 SERUYAN HILIR TIMUR

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3688

Keywords:

model kooperatif, Teams Games Tournament, Audio Visual, Pendidikan Kewarganegaraan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik dengan Model Pembelajara Kooperatif mengunakan media Audio Visual pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. (2) Meningkatkan hasil belajar PPKN peserta didik dengan menggunakan Model Pembelajara Kooperatif mengunakan Media audio visual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 seruyan hilir timur tengah yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes serta untuk menganalisis data dalam penelitian ini digunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Aktivitas belajar peserta didik pada saat pembelajaran PPKN dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif mengunakan media audio visual dengan kriteria baik. Hal ini dapat dilihat semakin aktif peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Pada siklus I aktivitas belajar peserta didik memperoleh skor rata-rata 3,3 dengan kriteria baik dan pada siklus II aktivitas belajar peserta didik memperoleh skor rata-rata 3,58 dengan kriteria baik. (2) Ada peningkatan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan menggunakan model pembelajaran kooperatif mengunakan media audio visual. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes awal yang diperoleh peserta didik dengan nilai rata-rata 56,25 dengan ketuntasan klasikal 50%, mengalami peningkatan pada siklus I yakni memperoleh nilai rata-rata 65 dengan ketuntasan klasikal 75% dan lebih meningkat pada siklus II yakni memperoleh nilai rata-rata 73,3 dengan ketuntasan klasikal 91,7%

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Erwin Nara, SMPN 1 SERUYAN HILIR TIMUR

References

Bhakti, C. putra, & Safitri, N. E. (2017). Peran Bimbingan Dan Konseling Untuk Menghadapi Generasi Z Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling Perkembangan. Jurnal Konseling, 3(1), 104–113.
Fatchurahman, M., Setiawan, M. A., & Karyanti, K. (2022). Evaluation of the CSE-UCLA model on the performance of school counselor in Indonesia. Perspektivy Nauki i Obrazovania – Perspectives of Science and Education, 56(2), 561–572. https://doi.org/10.32744/pse.2022.2.33
Fuja, Siti, F., & Fujiawati, F. S. (2016). Pemahaman Konsep Kurikulum dan Pembelajaran dengan Peta Konsep bagi Mahasiswa Pendidikan Seni. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 1(1), 16–28.
Hanif, M. (2020). The development and effectiveness of motion graphic animation videos to improve primary school students’ sciences learning outcomes. International Journal of Instruction, 13(4), 247–266. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13416a
Harimurti, Y. W., Fauzan, E. M., Purbasari, I., & Yulianingsih, I. (2020). Consensus as democratic education on the village consultative body election in Bangkalan. Journal of Social Studies Education Research, 11(2), 84–110.
Muspawi, M. (2017). Menata Pengembangan Karier Sumber Daya Manusia Organisasi. Jurnal Ilmiah Universitas Btanghari Jambi, 17(1).
Nurjanah, E. (2021). Kesiapan Calon Guru SD dalam Implementasi Asesmen Nasional. In Jurnal Papeda (Vol. 3, Issue 2).
Putra, C. A., Setiawan, M. A., Jailani, M., Permadi, A. S., & Palangkaraya, U. M. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Model Explicit Instruction Berbasis Teknologi Multimedia. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIII, 311–320.
Rindrayani, S. R. (2020). The implementation of character education in Indonesia high school curriculum program. Universal Journal of Educational Research, 8(1), 304–312. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080137
Setiawan, A. R. (2020). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 28–37. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.80
Suprapto, -. (2012). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Media Pembelajaran Menggunakan Teknologi Informasi di Sekolah. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 3(1), 34–41. https://doi.org/10.21831/jep.v3i1.632
Riadin, A., & Permadi, A. S. (2019). Implementasi Pembelajaran PKn untuk Membentuk Pribadi yang Berkarakter di SD Muhammadiyah Sampit. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1), 18-28. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i1.828
Jailani, Muhammad; Qudsiyah, Ummi. Integrasi Problem Based Learning Dengan Model Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Di SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya. Soedirman Economics Education Journal, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 55 - 71, apr. 2020. ISSN 2686-6277

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Nara, E. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Mengunakan Media Audio Visual Pada Pembelajaran PPKN: Improving Learning Outcomes With Cooperative Learning Model Type Teams Games Tournament Using Audio Visual Media In Civics Learning. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 97–102. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3688