Meningkatkan Hasil Belajar Pelajaran IPS Melalui Model Picture And Picture Dengan Menggunakan Media Gambar

Improving Learning Outcomes Of Social Science Lessons Through The Picture And Picture Model Using Image Media

Authors

  • Yulius Yulius SMPN 5 SERUYAN TENGAH

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3689

Keywords:

Media Gambar, Ilmu Oengetahuan Sosial, Modal Picture and Picture

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dalam pelajaran IPS yang diajarkan dengan Model Picture and Picture dan mengetahui hasil belajar siswa untuk tercapainya Kriteria Ketuntasan Minimal. Penelitian yang dipakai dalam penlitian ini yaitu penelitian Tindakan kelas dengan model kurt Lewin. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Seruyan, kabupaten kotawaringin timur, Kalimantan Tengah yang berjumlah 20 orang siswa. Instrument penelitian yang dipakai yaitu lembar observasi dan Tes. Analisis data penelitian dilakukan dengan analissis kualitatif dan kuantitatif. Kualitatif digunakan untuk menganalisis hasil observasi dan kuantitatif digunakan untuk menganalisis hasil tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa Aktivitas belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran melalui Model Picture and Picture dengan menggunakan media gambar menunjukkan Aktivitas siswa yang lebih bersemangat dan lebih aktif dalam mengikuti pelajaran serta adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran melalui Model Picture and Picture dengan menggunakan media gambar dalam pelajaran IPS. Hasil analisis pada siklus II rata- rata mendapatkan nilai 80 dengan persentase 100 % peserta didik mencapai ketuntasan minimal dan dengan klasifikasi tercapai.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yulius Yulius, SMPN 5 SERUYAN TENGAH

References

Al-Fraihat, D., Joy, M., Masa’deh, R., & Sinclair, J. (2020). Evaluating E-learning systems success: An empirical study. Computers in Human Behavior, 102(August 2019), 67–86. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.08.004
Fatchurahman, M., Setiawan, M. A., & Karyanti, K. (2022). Evaluation of the CSE-UCLA model on the performance of school counselor in Indonesia. Perspektivy Nauki i Obrazovania – Perspectives of Science and Education, 56(2), 561–572. https://doi.org/10.32744/pse.2022.2.33
Firman, F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 14–20. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/bioma/article/view/743
Hakim, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 59–72. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6
Ichsan, R. N., Surianta, E., & Nasution, L. (2020). The Effect of Work Discipline on the Performance of Civil Servants (Pns) in the Adjutant General of the Military Region (Ajendam) - I Bukitbarisan Medan. Jurnal Darma Agung, 28(2), 187. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v28i2.625
Nurdin. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Persepsi Atas Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(1), 98–105. https://doi.org/10.21831/cp.v35i1.28269
Sutijono, S., & Farid, D. A. M. (2018). Cyber Counseling di Era Generasi Milenial. Sosiohumanika, 11(1), 19–32.
Wolfe, D. T., Hermanson, D. R., Ii, B. A. B., Diri, A. K., Diri, P. K., Chotimah, C., Rohayati, S., Мурашко М.А., کاپلان, سادوک, غلامحسین, ث., Akademik, K., Reza Yuka Satria Pratama, 加藤真也, 小林千秋中西優子, Rusno, Ips, B., Kelas, S., Sdn, I. V, Tahun, T., … Noviyani, D. I. (2017). No Titleخلاصه روانپزشکی. Educational Psychology Journal, 2(2), 65–72. https://doi.org/DOI:
Rina, R., & Hendri, H. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Shareuntuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada SDN 6 Panarung Palangka Raya Kelas IVB Tahun Pelajaran 2014/2015. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 21-25. https://doi.org/10.33084/tunas.v2i1.558
Ningsih, S., & Jailani, M. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Peserta Didik Melalui Penerapan Metode Kerja Kelompok Kelas VII pada SMP PGRI Tumbang Mirah Kecamatan Katingan Tengah. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 1-5. https://doi.org/10.33084/neraca.v4i2.698

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Yulius, Y. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Pelajaran IPS Melalui Model Picture And Picture Dengan Menggunakan Media Gambar: Improving Learning Outcomes Of Social Science Lessons Through The Picture And Picture Model Using Image Media. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 103–107. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3689