Meningkatkan Hasil Belajar Pelajaran IPS Melalui Model Picture And Picture Dengan Menggunakan Media Gambar
Improving Learning Outcomes Of Social Science Lessons Through The Picture And Picture Model Using Image Media
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3689Keywords:
Media Gambar, Ilmu Oengetahuan Sosial, Modal Picture and PictureAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dalam pelajaran IPS yang diajarkan dengan Model Picture and Picture dan mengetahui hasil belajar siswa untuk tercapainya Kriteria Ketuntasan Minimal. Penelitian yang dipakai dalam penlitian ini yaitu penelitian Tindakan kelas dengan model kurt Lewin. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Seruyan, kabupaten kotawaringin timur, Kalimantan Tengah yang berjumlah 20 orang siswa. Instrument penelitian yang dipakai yaitu lembar observasi dan Tes. Analisis data penelitian dilakukan dengan analissis kualitatif dan kuantitatif. Kualitatif digunakan untuk menganalisis hasil observasi dan kuantitatif digunakan untuk menganalisis hasil tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa Aktivitas belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran melalui Model Picture and Picture dengan menggunakan media gambar menunjukkan Aktivitas siswa yang lebih bersemangat dan lebih aktif dalam mengikuti pelajaran serta adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran melalui Model Picture and Picture dengan menggunakan media gambar dalam pelajaran IPS. Hasil analisis pada siklus II rata- rata mendapatkan nilai 80 dengan persentase 100 % peserta didik mencapai ketuntasan minimal dan dengan klasifikasi tercapai.
Downloads
References
Fatchurahman, M., Setiawan, M. A., & Karyanti, K. (2022). Evaluation of the CSE-UCLA model on the performance of school counselor in Indonesia. Perspektivy Nauki i Obrazovania – Perspectives of Science and Education, 56(2), 561–572. https://doi.org/10.32744/pse.2022.2.33
Firman, F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 14–20. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/bioma/article/view/743
Hakim, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 59–72. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6
Ichsan, R. N., Surianta, E., & Nasution, L. (2020). The Effect of Work Discipline on the Performance of Civil Servants (Pns) in the Adjutant General of the Military Region (Ajendam) - I Bukitbarisan Medan. Jurnal Darma Agung, 28(2), 187. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v28i2.625
Nurdin. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Persepsi Atas Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(1), 98–105. https://doi.org/10.21831/cp.v35i1.28269
Sutijono, S., & Farid, D. A. M. (2018). Cyber Counseling di Era Generasi Milenial. Sosiohumanika, 11(1), 19–32.
Wolfe, D. T., Hermanson, D. R., Ii, B. A. B., Diri, A. K., Diri, P. K., Chotimah, C., Rohayati, S., Мурашко М.А., کاپلان, سادوک, غلامحسین, ث., Akademik, K., Reza Yuka Satria Pratama, 加藤真也, 小林千秋中西優子, Rusno, Ips, B., Kelas, S., Sdn, I. V, Tahun, T., … Noviyani, D. I. (2017). No Titleخلاصه روانپزشکی. Educational Psychology Journal, 2(2), 65–72. https://doi.org/DOI:
Rina, R., & Hendri, H. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Shareuntuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada SDN 6 Panarung Palangka Raya Kelas IVB Tahun Pelajaran 2014/2015. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 21-25. https://doi.org/10.33084/tunas.v2i1.558
Ningsih, S., & Jailani, M. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Peserta Didik Melalui Penerapan Metode Kerja Kelompok Kelas VII pada SMP PGRI Tumbang Mirah Kecamatan Katingan Tengah. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 1-5. https://doi.org/10.33084/neraca.v4i2.698
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License